Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 28 Jan 2023 16:43 WIB ·

Menpora Luncurkan Po Meurah Sebagai Maskot PON XXI Aceh-Sumut 2023


 Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainuddin Amali bersama Ketua KONI Pusat dan Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki launcing Maskot, Logo dan Tagline  Pon XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 di lapangan Blang Padang Banda Aceh, Sabtu (28/1/2023). Foto For Rakyat Aceh Online Perbesar

Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainuddin Amali bersama Ketua KONI Pusat dan Pj. Gubernur Aceh, Achmad Marzuki launcing Maskot, Logo dan Tagline Pon XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 di lapangan Blang Padang Banda Aceh, Sabtu (28/1/2023). Foto For Rakyat Aceh Online

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali, meluncurkan Po Meurah atau gajah putih sebagai maskot PON XXI Aceh-Sumut, di lapangan Blang Padang , Sabtu (28/1/2023).

Peluncuran secara simbolis ditandai dengan penglepasan anak panah kepada target yang telah ditentukan oleh Menpora, Ketua KONI Pusat dan Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, turut didampingi oleh Anggota DPR RI Illiza Sa’aduddin Djamal serta anggota DPRA yang mewakili Ketua DPRA Falevi Kirani.

Pemerintah Aceh memilih Gajah Putih atau Po Meurah Berkopiah Meukeutop sebagai perlambang kekuatan, kesetiaan dan persatuan.

Tak hanya maskot, Menpora juga meluncurkan Logo, dan Tagline PON XXI Aceh-Sumut. Logo PON Aceh-Sumut mengandung unsur obor PON, rencong, kain ulos Batak dan songket Melayu Ini merupakan simbol harmoni dua wilayah. Sedangkan tagline yang diluncurkan adalah ‘Bersama Kita Juara’.

Dalam sambutannya, Menpora mengajak masyarakat Aceh bersyukur, karena ditunjuk sebagai tuan rumah PON XXI bersama Sumatera utara dengan mendukung Pemerintah untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

“Rasa syukur harus dibuktikan dengan mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik. PON, selain untuk mencari dan menemukan prestasi-prestasi terbaik pada setiap cabang olahraga yang diperlombakan, juga sarana silaturrahmi yang baik. Jika masyarakat Aceh mampu mempersiapkan diri dengan keramahannya, ini tentu membuat para atlet dan tim pendamping menjadi nyaman. Dengan demikian, tentu mereka akan kembali berkunjung ke Aceh. Hal ini tentu berimbas positif bagi pertumbuhan ekonomi Aceh di masa mendatang,” ujar Menpora.

Tidak semata sukses prestasi dan ekonomi, Menpora juga mengingatkan perhelatan PON juga harus sukses administrasi.
“Jangan sampai saat semuanya sukses, justru secara administrasi tidak baik, ini tentu harus menjadi perhatian Pak Gubernur selaku Ketua Umum PB PON Aceh-Sumut Wilayah Aceh,” kata Menpora berpesan.

“Saya optimis, masyarakat Aceh sangat siap menyambut kehadiran saudara-saudara dari seluruh Indonesia dengan ramah, sehingga mereka akan senang dan merasa aman agar kembali berkunjung ke Bumi Serambi Mekah agar memberi dampak ekonomi yang besar bagi Aceh. Saya yakin, orang Aceh pasti bisa,” kata Menpora.

Sebelumnya, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Aceh Marciano Norman, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja keras Penjabat Gubernur Aceh serta seluruh unsur Forkopimda dan masyarakat Aceh yang telah secara bersama-sama mempersiapkan pelaksanaan PON di Bumi serambi Mekah.

“Apresiasi saya kepada Penjabat Gubernur Aceh, Forkopimda Aceh dan seluruh masyarakat yang telah mendukung Pemerintah dalam mempersiapkan gelaran PON XXI. Dengan dukungan masyarakat dan semua pihak, Insya Allah pelaksanaan PON akan mampu kita peraiapkan dengan matang dan berjalan sukses,” ujar Marciano Norman.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Menpora dan Ketua KONI Pusat yang telah hadir ke Aceh serta seluruh masyarakat yang hadir ke Blangpadang untuk menyaksikan peluncuran logo, tagline dan maskot PON XXI.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak Menpora dan Ketua KONI Pusat serta dukungan masyarakat, terima kasih atas kehadirannya dalam peluncuran logo, tagline dan maskot PON Aceh-Sumut, mari bersama kita dukung persiapannya dan kita sukseskan pelaksanaan PON XXI, pada September 2024 mendatang,” ujar Achmad Marzuki.

Sebelum peluncuran maskot, logo dan tagline PON XXI Aceh-Sumut, Menpora didampingj Ketua KONI Pusat, Gubernur Aceh, Kapolda Aceh, Kajati Aceh dan perwakilan Ketua DPRA dan Perwakilan Pangdam Iskandar Muda, melepas peserrta jalan santai. Jalan santai ini diselenggarakan untuk memeriahkan dan mempromosikan PON XXI Aceh-Sumut, kepada masyarakat luas. (ra)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Pj Gubernur Dampingi Menko PMK Kunjungi Warga Penerima Bantuan Pemerintah

27 March 2024 - 22:21 WIB

Upaya Stabilitasi Harga, Pemkab Aceh Besar Gelar Bazar Pangan Murah di Simpang Tiga

27 March 2024 - 17:42 WIB

Pj Bupati Aceh Besar dan Kapolresta Banda Aceh Launching Kampung Bebas Narkoba di Lheu Blang

27 March 2024 - 17:34 WIB

PLN UID Aceh Siap Mendukung PON XXI Aceh – Sumut 2024

27 March 2024 - 17:13 WIB

Polda Aceh Siapkan 3.200 Personel Amankan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

27 March 2024 - 15:37 WIB

Trending di UTAMA