Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 16 Mar 2023 10:10 WIB ·

PMI Diminta Fokus dengan ‘Bencana Lokal’ di RS


 Ketua PMI Aceh Tamiang Asrizal H Asnawi menyerahkan piagam penghargaan kepada sekolah terbaik yang menggelar unit PMR 2022 usai pelantikan di Aula Setdakab Kantor Bupati Aceh Tamiang, Rabu (15/3/2023). DEDE/RAKYATACEH ONLINE Perbesar

Ketua PMI Aceh Tamiang Asrizal H Asnawi menyerahkan piagam penghargaan kepada sekolah terbaik yang menggelar unit PMR 2022 usai pelantikan di Aula Setdakab Kantor Bupati Aceh Tamiang, Rabu (15/3/2023). DEDE/RAKYATACEH ONLINE

RAKYAT ACEH | KUALA SIMPANG – Pejabat (Pj) Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman mengatakan, keberadaan Palang Merah Indonesia (PMI) diharapkan mampu menjalankan tugas-tugas kemanusian. Menurutnya tugas kemanusiaan itu bukan hanya pada masa terjadi konflik, kerusuhan atau pada satu bencana saja.

“Tetapi hari-hari, ada bencana lokal (kekurangan darah) yang sering terjadi di rumah sakit (RS), di sana itu diperlukan kepedulian kita PMI. Stok darah barang kali terbatas, di tengah kebutuhan cukup tinggi, di sini dibutuhkan bakti sosial kita yang tinggi,” kata Meurah Budiman di Karang Baru, Rabu 15 Maret 2023.

Pj Bupati Meurah Budiman menyatakan hal itu usai prosesi pelantikan pengurus PMI Kabupaten Aceh Tamiang yang kini di Ketuai Asrizal H Asnawi. Pengukuhan pengurus PMI Aceh Tamiang periode 2023-2028 ini dilakukan oleh Ketua PMI Aceh Murdani di Aula Setdakab Kantor Bupati Aceh Tamiang.

Acara formal ini dihadiri unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Kepala OPD dan sejumlah pimpinan lembaga. Kemudian tampak hadir juga Pengurus PMI Kota Langsa dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman mengakui ada beberapa prioritas jenis darah yang sering langka baik di provinsi maupun di Kabupaten Aceh Tamiang. Maka dari itu PMI dituntut berbakti dengan ikhlas meskipun tanpa gaji.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan di PMI menjadi amal ibadah dan mendapat pahala dari Allah SWT,” ujarnya.

Atas nama pribadi dan kepala daerah, Meurah Budiman mengucapkan selamat kepada ketua serta pengurus PMI Aceh Tamiang yang baru dilantik. PMI diminta fokus mengabdi dan terus memberi pembinaan dan penguatan kepada para kader.

“Pemda Aceh Tamiang siap mendukung program-program PMI baik secara lokal maupun di tingkat provinsi yang intinya untuk membesarkan organisasi perhimpunan nasional (PMI) yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang ini,” tukas Meurah Budiman.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Aceh Tamiang Asrizal H Asnawi menyatakan PMI akan berkolaborasi dengan seluruh pihak dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat di bidang kemanusiaan. PMI dan pemerintah daerah akan fokus berupaya memenuhi stok darah yang sering langka di RSUD.

“Kita akan mengubah kegiatan sosial donor darah menjadi life style (gaya hidup) sehingga orang akan secara sukarela mendonorkan darahnya,” tekad Asrizal Asnawi yang juga anggota DPRA ini.

Asrizal menjelaskan, PMI Kabupaten Aceh Tamiang akan melaksanakan tugasnya dari waktu ke waktu senantiasa akan berupaya untuk meningkatkan kapasitas, kinerja dan selalu menjunjung profesionalitas dalam memberikan layanan ke masyarakat dan bekerja sama dengan seluruh lapisan.

Sejauh ini papar Asrizal, PMI Aceh Tamiang sudah memiliki ‘pahlawan kemanusiaan’ seperti relawan tenaga sukarela (TSR), korps sukarela (KSR), donor darah sukarela (DDS) dan Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah.

“Ini menjadi potensi ‘pahlawan kemanusiaan’ yang siap ditugaskan suatu waktu nanti jika dibutuhkan, seperti kegiatan kepalang merahan, pengurangan resiko bencana (PRB), bantuan saat bencana, kesehatan, pertolongan pertama berbasis masyarakat, donor darah dan kegiatan yang lain dengan memberdayakan potensi yang ada,” paparnya.

Sebelumnya Ketua PMI Aceh Murdani mengemukakan, pengurus PMI yang dilantik ini adalah relawan yang siap membantu masyarakat, bekerja secara sukarela tanpa memandang ras dan kepentingan politik.

Untuk itu PMI butuh dukungan dari semua pihak seperti pemerintah maupun lembaga non pemerintah agar kepengurusan PMI yang baru dilantik bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Pihaknya juga meminta pengurus PMI bisa aktif melakukan komunikasi dengan lembaga atau instansi pemerintah dan tokoh masyarakat sehingga PMI mampu mewujudkan visi dan misi organisasi termasuk program kerja.

“Kalau ada bantaun dalam bentuk program ya, tinggal bagaimana teman-teman pengurus menyampaikan kepada Pak Bupati, kepada DPRK dan instansi masing-masing. Semoga kita selalu solid dan terus bekerja sama untuk menjadi relawan kemanusiaan,” pesan Murdani.

Adapun pengurus PMI Aceh Tamiang yang dilantik masing-masing atas nama Asrizal H Asnawi (Ketua), Irwan Pane (Wakil Ketua), Ahmad Meyrshal Nasution (Ketua Bidang Organisasi), Kamaruddin Harahap (Ketua Bidang Penanggulangan Bencana), M Zainal Arifin Syah (Ketua Bidang Kesehatan dan Pelayanann Darah), Anjas Asma (Ketua Bidang Relawan dan Keanggotaan), Desi Amelia (Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya, Kemitraan dan Kerjasama) dan Muhammad Nur (Ketua Bidang Diklat dan Infokom).

Kemudian Sekretaris Amarullah, Wakil Sekretaris Maula Zikri, Bendahara Rudi Irawan dan empat orang anggota terdiri dari Muhammad Nasir, Hendri Jarisnum, Syafaruddin Syah Putra dan Zul Suhendri.

Acara pelantikan juga dirangkai dengan kegiatan penyerahan piagam penghargaan kepada sekolah yang menggelar unit Palang Merah Remaja terbaik tahun 2022 yakni, MAN 2 Aceh Tamiang juara 1, SMAN 1 Karang Baru juara 2 dan SMAN 1 Kejuruan Muda juara 3. (ddh)

Artikel ini telah dibaca 56 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Sekda Langsa Buka Kegiatan Dialog Penguatan Strategi SBS

28 March 2024 - 15:22 WIB

Tiga Kab di Aceh Dorong Pencapaian Stop Buang Besar Sembarangan

28 March 2024 - 15:00 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pasar Murah Rp150 Ribu/Paket 

28 March 2024 - 06:21 WIB

Pendaftaran Calon Pansel Panwaslih Bireuen Dibuka

25 March 2024 - 18:17 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR