Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 17 Mar 2023 17:30 WIB ·

Dewan Energi Nasional Akui Keberhasilan PLN Penuhi Kebutuhan Listrik Masyarakat Aceh


 Rapapat koordinasi implementasi, rencana umum energi Aceh (RUEA) dan penyediaan energi di Provinsi Aceh, yang dilaksanakan di Aula Teuku Umar PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Aceh pada Rabu, (8/3).
Perbesar

Rapapat koordinasi implementasi, rencana umum energi Aceh (RUEA) dan penyediaan energi di Provinsi Aceh, yang dilaksanakan di Aula Teuku Umar PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Aceh pada Rabu, (8/3).

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH  – Dewan Energi Nasional (DEN) mengadakan rapat koordinasi implementasi, rencana umum energi Aceh (RUEA) dan penyediaan energi di Provinsi Aceh, yang dilaksanakan di Aula Teuku Umar PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Aceh pada Rabu, (8/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pemangku kepentingan DEN, termasuk Dr. Ir. Musri, M.T., Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc., IPU., dan Dr. (HC) Yusra Khan, S.H. Selain itu, kegiatan itu juga diikuti oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Aceh Parulian Noviandri, Arwin Nugraha dari PT Pertamina (Persero), dan Dedi M. Roza dari Dinas ESDM Aceh.

Dalam rapat tersebut, Darnel menyebutkan bahwa agenda rapat kerja DEN bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penyediaan Energi di Provinsi Aceh, menetapkan Prioritas pengembangan energi, Pemanfaatan sumber daya energi Aceh dan Cadangan Energi Aceh, sebagaimana yang diatur dalam Qanun Nomor 4 tahun 2019 tentang RUEA.

Sementara itu, General Manager PLN UID Aceh Parulian Noviandri mengatakan bahwa kesiapan pasokan listrik di Provinsi Aceh sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Total daya mampu PLN di Provinsi Aceh sebesar 629,2 MW dan beban puncak sebesar 522,7 MW sehingga terdapat surplus daya sebesar 106,5 MW.

“Tahun 2024 akan ada tambahan pembangkit di Nagan sebesar 2×110 MW kemudian PLTMH Peusangan. Sehingga dengan komposisi pembangkit yang ada di Aceh saat ini sudah sangat baik. Dengan total bauran EBT 3%, untuk kedepannya apabila PLTA Peusangan masuk total bauran EBT akan meningkat cukup signifikan sehingga menjadi 14,4%” ujar Noviandri.

Danel mengapresiasi kinerja PLN yang telah menjaga pasokan serta pemerataan listrik di Provinsi Aceh dengan sangat baik. Rasio elektrifikasi di Aceh saat ini sudah mencapai 99,9%.

“Dari kedua presentasi PLN dan Pertamina tidak ada masalah besar terkait penyediaan Listrik, BBM serta Gas. Kami berharap PLN dan Pertamina terus memastikan keamanan pasokan dan dipersiapkan untuk kebutuhan di masa yang akan datang sehingga akan terus cukup untuk dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, dan harganya pun terjangkau, dan juga jika suatu saat nanti investor membutuhkan, kita sudah siap,” tutup Danel. (ra/drh)

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Berbagi Kebahagiaan Ramadan, PT Solusi Bangun Andalas Santuni Anak Yatim

28 March 2024 - 19:44 WIB

Epson Indonesia Sajikan Bukber Spektakuler, Sinergi Bersama Media dan Hikmah Ramadan

28 March 2024 - 13:45 WIB

Tips Berkendara Aman Saat Bulan Puasa

28 March 2024 - 13:15 WIB

Ramadan Penuh Makna, The Reiz Suites, Artotel Curated Medan Bagikan Sembako Ke Beberapa Rumah Tahfidz Dan Panti Asuhan

28 March 2024 - 11:38 WIB

Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan

28 March 2024 - 00:01 WIB

PLN UID Aceh Siap Mendukung PON XXI Aceh – Sumut 2024

27 March 2024 - 17:13 WIB

Trending di EKBIS