Pengguna Kendaraan Listrik Terus Meningkat, PLN Akan Menambah Pembangunan SPKLU di Aceh

Saat ini telah tersedia 267 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU ) di 195 lokasi di seluruh indonesia. Foto istimewa

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – Tingginnya animo masyarakat Aceh untuk menggunakan kendaraan listrik mendorong PLN Unit Induk Distribusi Aceh untuk menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada beberapa kabupaten/kota di Aceh.

PLN juga memberikan kemudahan pemasangan baru bagi pengguna mobil listrik. Saat ini telah tersedia 267 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU ) di 195 lokasi di seluruh indonesia.

Setelah adanya SPKLU pertama di Banda Aceh, kedepannya PLN UID Aceh akan membangun SPKLU pada beberapa titik di provinsi Aceh seiring dengan tingginya minat dan antusias masyarakat Aceh menggunakan mobil listrik.

General Manager PLN UID Aceh Parulian Noviandri menjelaskan animo masyarakat beralih ke mobil listrik disebabkan faktor efisiensi pada biaya serta kesadaran untuk lebih ramah lingkungan.

“Tingginya animo masyarakat ini, maka tahun ini kita merencanakan penambahan SPKLU di Lhokseumawe dan Langsa,” ujarnya

Selain menyediakan penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), PLN UID Aceh juga memberikan fasilitas bagi masyarakat pengguna mobil listrik untuk kemudahan untuk biaya penyambungan baru.

PLN menghadirkan promo Super Everyday, yakni promo penyambungan baru (PB) untuk pengisian daya di rumah atau home charging. Promo ini dapat diikuti oleh semua golongan tarif pelanggan PLN, dengan rincian pelanggan tegangan rendah (TR) 1 Fasa sampai dengan daya 7.700 VA dan Pelanggan TR 3 Fasa sampai dengan daya 13.200 VA.

Lewat promo ini, pelanggan mendapatkan harga spesial penyambungan listrik di mana pelanggan 1 Fasa dengan pilihan daya akhir 7.700 VA hanya membayar Rp 850 ribu dari harga normal sekitar Rp 7,49 juta. Sementara, bagi pelanggan 3 Fasa dengan pilihan daya akhir 13.200 VA hanya membayar Rp 3,5 juta dari harga normal berkisar senilai Rp 14,6 juta.

Tak hanya itu, pelanggan juga akan mendapatkan diskon tarif tenaga listrik sebesar 30 persen pada pukul 22.00 WIB sampai 05.00 WIB dari pemakaian home charging.

Sementara itu, salah seorang pengguna mobil listrik di Banda Aceh Dedy Sumardi mengungkapkan berbagai manfaat selama dirinya beralih menggunakan kendaraan listrik dan memanfaatkan SPKLU PLN.

“Sangat nyaman menggunakan mobil listrik. Saya menggunakan mobil Hyundai bisa mencappai maksimal 500 Km dalam sekali pengecasan full dengan menghabiskan pulsa biaya sekitar 100 – 200 ribu. Ini jauh lebih hemat bila dibandingkan mobil yang menggunakan BBM.Jadi sudah pasti lebih hemat dari sisi bahan bakar dan juga lebih rendah emisi. Selain itu teknologi mobil listrik juga sudah sangat baik,” ujarnya. (ra)