Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 19 Mar 2023 10:20 WIB ·

Dibekali Diskop UKM Aceh, Mahasiswa Unimal Antusias Ingin Menjadi Pengusaha Muda


 Anas Zulfan Al-Manshur (kanan) dan Saiful Bahri SE MM dari Diskop UKM Aceh (kanan). For Rakyat Aceh. Perbesar

Anas Zulfan Al-Manshur (kanan) dan Saiful Bahri SE MM dari Diskop UKM Aceh (kanan). For Rakyat Aceh.

RAKYAT ACEH I LHOKSEUMAWE – Sebanyak 100 mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe mengikuti acara Sosialisasi Kewirausahaan Bagi Mahasiswa Unimal di aula kampus tersebut, Sabtu hingga Minggu (18-19/03/2023).

Pengusaha merangkap motivator dari Jakarta, Anas Zulfan Al-Manshur, yang diundang sebagai pemateri mengaku senang membahani kewirausahaan bagi mahasiswa Unimal.

“Mahasiswa Unimal antusias ingin menjadi pengusaha muda. Beberapa dari mereka secara khusus menemui saya di Kota Lhokseumawe pada Sabtu malam, usai saya menjadi pemateri di Kampus Unimal,” ujar Anas, Minggu pagi (19/03) di Kota Lhokseumawe.

“Mereka juga sudah membuat group WA dan meminta saya untuk memberi pendampingan lanjutan. Saya secara suka rela bersedia menjadi mentor bagi mereka sehingga lahir beberapa penguasa muda dari kalangan mahasiswa Unimal,” lanjut Anas.

Anas menyarakan pihak kampus agar menyesuaikan materi pembelajaran kewirausahaan kepada mahasiswa sesuai kebutuhan pasar dan potensi daerah.

“Lihatlah lingkungan sekitar, lalu buat kurikulum yang inovatif. Untuk Kawasan Aceh Utara, contohnya, adalah pisang sale layak diajarkan kepada mahasiswa untuk untuk menyajikan dan mengemas dalam wujud yang lebih menarik sesuai keinginan pasar modern,” katanya.

“Kreatifitas seperti ini tidak membutuhkan modal besar, mungkin cukup Rp 500 ribu saja dan dapat dilakukan secara berkelompok oleh mahasiswa. Barang sama tapi punya value yang berbeda,” ujar Anas.

Dalam acara yang sama, Kadiskop UKM Aceh, Azhari SAg MSi, mengatakan, Dinas Koperasi UKM Aceh siap mendukung dan mengorbit kelahiran pengusaha muda dari kalangan mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe.

“Keberadaan sektor swasta merupakan lokomotif ekonomi suatu daerah atau negara. Karenanya dibutuhkan adanya kolaborasi sektor swasta dengan pemerintah,” kata Azhari.

Dikatakannya, pemerintah tidak dapat berbuat apa-apa dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi kalau tanpa kehadiran pihak swasta. Dalam rangka inilah pemerintah mendorong lahirnya pengusaha baru, terutama dari kalangan mahasiswa dan alumni.

Azhari menambahkan, pihaknya bersedia melakukan pendampingan, pemodalan hingga pemasaran bagi mahasiswa yang terpilih, terutama yang sudah memiliki usaha awal walaupun skala micro.

Ketua panitia, Aswar Ramli Paya, dalam laporannya mengatakan, kegiatan pendampingan bagi mahasiswa menjadi pengusaha merupakan amanah undang-undang, termasuk Peraturan Gubernur Aceh Nomor 39 tahun 2020 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu.

Sosilisasi tersebut digelar selama dua hari itu menghadirkan empat nara sumber, yaitu Hadi Iskandar (dosen Unimal), Anas Zulfan Al-Mansur (motivator dari Jakarta), Yuyun Gentari (pengusaha di Lhokseumawe), Istiqamah (pengusaha di Banda Aceh) dan Dodi (pengusaha parfum minyeuk pret). (rus)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Sekda Langsa Buka Kegiatan Dialog Penguatan Strategi SBS

28 March 2024 - 15:22 WIB

Tiga Kab di Aceh Dorong Pencapaian Stop Buang Besar Sembarangan

28 March 2024 - 15:00 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Pemkab Aceh Tamiang Gelar Pasar Murah Rp150 Ribu/Paket 

28 March 2024 - 06:21 WIB

Pendaftaran Calon Pansel Panwaslih Bireuen Dibuka

25 March 2024 - 18:17 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR