Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

KHAZANAH · 3 Mar 2024 16:01 WIB ·

Cara Menyambut Bulan Suci Ramadhan


 Mesjid Raya Baiturrahman/Ariful Perbesar

Mesjid Raya Baiturrahman/Ariful

HARIANRAKYATACEH.COM – Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan memasuki bulan suci Ramadhan. Di bulan tersebut, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh sebagai pelaksanaan rukun Islam ketiga.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, penuh keistimewaan, dan merupakan bulan pengampunan. Karena itu umat muslim harus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Banyak cara yang dilakukan umat Islam setiap kali menyambut bulan suci Ramadhan. Ada yang mengunjungi kedua orang tua, saling bermaafan, dan banyak pula yang melakukan ziarah ke makam orang tua, para kiai, atau kerabat yang lebih dahulu berpulang ke rahmatullah. 

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani menyarankan sejumlah hal dalam menyambut Ramadhan. Pada bulan Sya’ban, Syekh Abdul Qadir menyarankan umat Islam untuk memperbanyak shalawat Nabi. Hal itu karena Sya’ban adalah bulan Rasulullah saw. Umat Islam selayaknya bertawasul melalui Rasulullah saw agar Allah membersihkan batinnya dari berbagai penyakit, seperti riya, ujub, takabbur, dan dengki. 

Sedangkan dalam menyembut bulan suci Ramadhan, Syekh Abdul Qadir menganjurkan umat Islam untuk meninggalkan segala perbuatan dosa dan segera melakukan tobat kepada Allah sebagai keterangan berikut: 

وقد قال صلى الله عليه وسلم من صلى عليّ واحدة صلى الله عليه عشرا فينبغي لكل مؤمن لبيب أن لا يغفل في هذا الشهر بل يتأهب فيه لاستقبال شهر رمضان بالتطهر من الذنوب والتوبة عما فات وسلف فيما مضى من الأيام فيتضرع إلى الله في شهر شعبان ويتوسل إلى الله تعالى بصاحب الشهر محمد صلى الله عليه وسلم حتى يصلح فساد قلبه ويداوى مرض سره ولا يسوف ويؤخر ذلك إلى غد

Artinya: Rasulullah bersabda, siapa saja yang bershalawat sekali untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Oleh karena itu, seorang Mukmin yang pandai tidak abai pada bulan ini (Sya’ban). Bahkan ia harus mempersiapkan diri pada bulan ini untuk menyambut bulan Ramadhan dengan bersuci dari dosa dan bertobat atas kebaikan yang luput pada hari-hari yang lewat. Ia seyogyanya tunduk kepada Allah di bulan Sya’ban dan bertawasul melalui Rasulullah, pemilik bulan Sya’ban sehingga ia dapat memperbaiki kerusakan batinnya dan mengobati sakit secara rohani tanpa menunda dan menangguhkan sampai besok (Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Al-Ghuniyah, [Beirut, Daru Ihyait Turats Al-Arabi: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz I, halaman 246).

Syekh Abdul Qadir menganjurkan pertobatan dan peribadatan segera tanpa menunda-nunda. Ia menyarankan agar umat Islam segera mengisi waktunya dengan kebaikan. Pasalnya, tidak ada jaminan panjang usia sampai esok hari. 

لأن الأيام ثلاثة أمس وهو أجل واليوم وهو عمل وغدا وهو أمل فلا تدري هل تبلغه أم لا؟ فأمس موعظة واليوم غنيمة وغدا مخاطر

Artinya: Hari-hari hanya tiga. Kemarin adalah waktu yang sudah selesai. Hari ini adalah waktu beramal. Esok adalah angan-angan. Kau tidak tahu apakah kau akan mengalami esok hari atau tidak? Kemarin adalah nasihat. Hari ini adalah ghanimah (amal kebaikan). Besok adalah pertaruhan (Syekh Abdul Qadir Al-Jailani, Al-Ghuniyah, [Beirut, Daru Ihyait Turats Al-Arabi: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz I, halaman 246). 

Demikian persiapan yang dianjurkan oleh Syekh Abdul Qadir dalam menyambut bulan Ramadhan seperti dilansir dari NU Online. Semoga kita dapat bertemu kembali dengan bulan Ramadhan dan dapat meningkatkan kualitas amal ibadah di bulan mulia tersebut.
 

Editor:
 Sumber : nu.or.id
Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Walau Dijaga Ketat Pengungsi Rohingya di Aceh Barat Terus Kabur

18 April 2024 - 14:42 WIB

Sopir Lupa Tarik Rem Tangan, Truk Meluncur di Jalan Tol

18 April 2024 - 14:36 WIB

Polres Nagan Raya Gelar Patroli Gabungan untuk Tertibkan Tambang Ilegal

18 April 2024 - 10:55 WIB

Hari pertama kerja usai libur Lebaran, 34 ASN Pemkot Banda Aceh alpa

17 April 2024 - 16:02 WIB

Haji Uma Belum Putuskan Maju di Pilkada Mendatang

17 April 2024 - 15:40 WIB

Dubai Banjir Bandang Parah! Ilmuan Sebut Penyebabnya karena Ini

17 April 2024 - 14:52 WIB

Trending di INTERNASIONAL