Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 26 Mar 2023 16:31 WIB ·

KKB Papua Tembaki Petugas saat Mengevakuasi Jenazah Anggota TNI-Polri


 Dokumen Pesawat Susi Air dibakar oleh KKB Papua (Istimewa) Perbesar

Dokumen Pesawat Susi Air dibakar oleh KKB Papua (Istimewa)

HARIANRAKYATACEH.COM – Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara mengakui evakuasi jenazah dua anggota TNI dan Polri dari Ilu ke Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, sempat diwarnai penembakan oleh KKB. Kuswara membenarkan saat rombongan hendak mengevakuasi kedua jenazah, Minggu (26/3) pagi, KKB sempat menembaki rombongan, namun tidak ada yang terluka.

“KKB sempat menembaki rombongan di sekitar lapangan terbang Ilu,” jelas AKBP Kuswara kepada ANTARA yang menghubungi dari Jayapura.

Dikatakan, evakuasi dilakukan melalui jalan darat dari Ilu ke Mulia yang ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Setibanya di Mulia, kedua jenazah yakni Bripda Mesar Indey anggota Polsek Ilu terkena tembakan di bagian perut dan Serda Risawar, anggota Koramil Ilu terkena luka tembak di tulang belakang dan dagu bagian bawah, langsung diformalin.

“Hari ini, Minggu (26/3) kedua jenazah akan dievakuasi ke Jayapura,” ujar AKBP Kuswara.

Kuswara menuturkan bahwa jenazah Bripda Mesar Indey dijadwalkan Senin (27/3) dievakuasi ke Merauke untuk dimakamkan di kampung halamannya. Sedangkan jenazah Serda Risawar, akan diterbangkan ke Sorong.

Kapolres Puncak Jaya mengakui, kedua korban meninggal saat bertugas mengamankan Salat Tarawih di masjid Al Amaliah Ilu, Sabtu (25/3) malam, saat KKB tiba-tiba menembaki dari arah belakang masjid.

Selain kedua korban meninggal, insiden itu juga menyebabkan Brigpol M. Arif Hidayat terluka, akibat terkena rekoset (pantulan peluru di tembakan). Kondisi korban Brigpol M. Arif Hidayat baik dan saat ini masih berada di Polsek Ilu.

KKB sebelumnya pada Sabtu (25/3) malam, menyerang dan menembaki anggota TNI-Polri yang sedang melakukan pengamanan terhadap warga yang sedang melaksanakan salat tarawih di Ilu, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Pegunungan.

”Akibat serangan tersebut tiga anggota terluka, dua orang di antaranya meninggal dunia,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri seperti dilansir dari Antara, Sabtu (25/3) malam.

Dia menjelaskan, serangan KKB itu terjadi saat anggota sedang melakukan pengamanan salat tarawih di Ilu. Sempat terjadi baku tembak antara anggota TNI-Polri dari Koramil dan Polsek Ilu.

”Ya petugas saat itu sedang mengamankan warga yang melaksanakan salat tarawih di Masjid Al Amaliah Ilu,” terang Mathius Fakhiri.

Kontak tembak terjadi dari pukul 19.30 hingga pukul 21.00 WIT. Dua anggota yang meninggal yaitu Bripda Mesar Indey anggota Polsek Ilu terkena tembakan di bagian perut dan Serda Risawar (anggota Koramil Ilu) terkena luka tembak di tulang belakang dan dagu bagian bawah.

”Selain itu, seorang anggota Polsek Ilu yaitu Brigpol M. Arif Hidayat terluka tembak di bagian paha dan kini masih ditangani medis,” ucap Fakhiri.

Ketika ditanya kelompok yang melakukan penyerangan, Kapolda Papua mengaku belum bisa memastikan. ”Anggota masih mendalami pelaku penyerangan berasal dari kelompok mana,” terang Irjen Pol Fakhiri.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapolda Aceh Launching Layanan Penerbitan SIM C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya

20 July 2024 - 09:54 WIB

Said Mulyadi Terima SK Sebagai Cabup Dari NasDem

20 July 2024 - 06:08 WIB

Tiga Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi Ditangkap

19 July 2024 - 21:34 WIB

Korlantas Polri Siap Tambah Kenderaan Pengawalan PON Aceh-Sumut

19 July 2024 - 16:50 WIB

Tolak Israel Pada Olimpiade 2024, Sejumlah Ormas Islam Akan Gelar Aksi Damai

19 July 2024 - 14:58 WIB

PB HUDA Keluarkan Rekomendasi, Mengajak Masyarakat Memilih Pemimpin yang Berakhlakuk Karimah

18 July 2024 - 20:02 WIB

Trending di UTAMA