Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 31 May 2023 17:51 WIB ·

PLN Sosialisasikan Bahaya Kelistrikan Kepada Masyarakat di Aceh Timur


 Petugas PLN sedang melakukan pemeliharaan terhadap jaringan listrik. Foto istimewa Perbesar

Petugas PLN sedang melakukan pemeliharaan terhadap jaringan listrik. Foto istimewa

RAKYAT ACEH | IDI – Untuk mengurangi potensi penyebab terjadinya pemadaman akibat gangguan pohon dan binatang serta bahaya kelistrikan, PLN ULP IDI melakukan sosialisasi bahaya pohon yang sudah dekat dengan jaringan listrik PLN dan bahaya kelistrikan.

Manager ULP Idi Ali Akbar, mengatakan bahwa sosialisasi ini sebagai upaya dan bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat agar terhindar dari bahaya listrik & kecelakaan kelistrikan.

“Keberadaan pohon yang berada didekat jaringan listrik dapat mengganggu jarak aman dan bisa menjadi lintasan bagi binatang, sehingga hal ini berpotensi penyebab terjadinya gangguan, begitu juga saat cuaca ekstrim ataupun faktor alam lainnya. Maka dari itu, penebangan pohon menjadi salah satu fokus utama PLN khususnya di Idi dalam menjaga keandalan listrik,” ujarnya Rabu (31/5).

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas di dekat jaringan listrik, tidak mendirikan bangunan di dekat jaringan listrik, selain itu masyarakat juga diminta untuk tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik, membuka panel-panel umum selain petugas PLN serta masyarakat juga dihimbau untuk menjaga jarak dari kabel-kabel PLN.

“Jarak aman dari jaringan listrik adalah 3 meter. Untuk itu, jika masyarakat mengetahui atau melihat kegiatan yang dilaksanakan melebihi jarak yang aman dengan jaringan listrik diharapakan dapat segera menghubungi pihak PLN melalui aplikasi PLN Mobile,” tambahnya.

Sementara itu, Geuchik gampong Gaseh Sayang Ismail sangat berterimakasih atas sosialisasi yang dilakukan oleh PLN terkait bahaya kelistrikan kepada masyarakat di desanya.

“Saya juga mewakili masyarakat gampong Gaseh Sayang mengucapkan terimakasih kepada PLN yang terus berupaya agar listrik selalu nyala, kalaupun terjadi gangguan padam, namun penanganan respon dari tim PLN sangat cepat dan tanggap, dan kami mendukung penuh atas segala kegiatan positif yang diagendakan oleh PLN ULP Idi,” ucap Ismail.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di Kabupaten Aceh Timur, PLN mengoperasikan Jaringan Listrik Tegangan Menengah sepanjang 716.18 kms, Jaringan Listrik Tegangan Rendah sepanjang 2.13 kms dimana beban Puncak PLN ULP Idi adalah sebesar 13.2 MW dan dengan jumlah pelanggan sebanyak 71.468 pelanggan. Sementara penyebab utama gangguan pada jaringan listrik adalah dahan/ranting pohon yakni sebesar 30 persen, gangguan binatang sebesar 50 persen dan diikuti 20 persen disebabkan oleh faktor cuaca, material dan lain-lain.

PLN ULP Idi berkomitmen untuk menjaga kehandalan dan mengadakan sosialisasi secara konsisten di wilayah kerja PLN ULP Idi. Hal ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang pelayanan PLN dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat.

“Kami mengharapkan masyarakat juga mendukung dalam upaya menjaga keandalan kelistrikan dan juga keselamatan ketenagalistrikan dengan melaporkan jika ada gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile maupun Contact Center PLN 123,” tutupnya. (ra)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

GM PLN Aceh Inspeksi SPKLU, Pastikan Siap Layani Pemudik

9 April 2024 - 14:56 WIB

Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

9 April 2024 - 12:12 WIB

Tips Aman Berkendara Saat Silaturahmi Lebaran

8 April 2024 - 15:32 WIB

Tips Aman Listrik Sebelum Mudik Dari PLN Aceh

6 April 2024 - 23:20 WIB

Jelang Idul Fitri, PLN UID Aceh Siagakan Petugas 24 Jam Pastikan Pelayanan Kelistrikan

6 April 2024 - 23:17 WIB

Gelar Apel Siaga Kelistrikan Nasional, Dirut PLN Pimpin Kesiapan Keandalan Listrik Masa Lebaran 2024

6 April 2024 - 23:12 WIB

Trending di EKBIS