Buka KOSN SMK 2023, Asbaruddin: Aceh Miliki Banyak Bakat Hebat di Bidang Olahraga

Pelaksana harian Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Asbaruddin, saat membuka KOSN SMK 2023 di Gayo Lues, Selasa, 1 Agustus 2023.

RAKYAT ACEH | BLANGKEJEREN – Pelaksana harian Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Asbaruddin, mengatakan Aceh memiliki banyak bibit olahraga. Mereka, kata Asbaruddin, hanya perlu disemai dengan benar untuk menjadi atlet yang hebat.

“Karena itu kami menganggap penting Kompetisi Olahraga Siswa Nasional. Ini adalah program Dinas Pendidikan Aceh untuk menjaring peserta didik unggul di bidang olah raga dan melatih mereka untuk bersaing di tingkat nasional,” kata Asbaruddin di sela-sela pembukaan KOSN SMK 2023 di Gayo Lues, Selasa (1/8).

Tahun ini, kata Asbaruddin, KOSN diberi tema “Ajang menjaring atlet pelajar berprestasi untuk bersiang di tingkat nasional. Ajang ini menjadi kawah seleksi peserta didik unggul di bidang olahraga pada jenjang SMK di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi dari seluruh Aceh.

Asbaruddin mengatakan KOSN juga menjadi ruang belajar siswa untuk menumbuhkan budaya kompetitif dan mengembangkan sportivitas. Di sisi lain, lewat olah raga, siswa diharapkan mampu mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih toleran dan dapat membangun solidaritas dengan sesama pelajar lain di Aceh.

“Kami yakin kegiatan ini juga menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab siswa-siswa kita,” kata Asbaruddin.

Karena itu Asbaruddin mengingatkan agar panitia kegiatan dan seluruh juri bersikap adil. Hanya lewat kompetisi yang fair, kata Asbaruddin, bakat-bakat terbaik muncul ke permukaan untuk dipersiapkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

“Kami juga berharap anak-anak yang berhasil mewakili daerah ke ajang ini untuk berlaga semaksimal mungkin. Serius dan peduli. Dan seperti yang selalu disampaikan oleh kepala dinas (Pendidikan Aceh), jangan lupa bersenang-senang,” kata Asbaruddin. (ra)