Dua Unit Rumah Guru MUQ Dibangun Rp 500 Juta

BANGUN RUMAH: Kondisi Rumah Guru MUQ Pidie Jaya yang tengah dikerjakan sebanyak dua unit senilai Rp 500 juta.

RAKYATACEH | MEUREUDU – Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Pidie Jaya, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk pembangunan rumah dewan guru Madrasah Ulumul Quran (MUQ). Rumah tersebut berukuran 7,6 M X 6,5 M atau sedikit lebih besar dari rumah sehat sederhana.

Sedangkan rumah sehat sederhana yang dibanguan Pemkab Pidie Jaya, perunitnya berkisar antara Rp 85 juta hingga Rp 100 juta, yang sudah dilengkapi dengan keramik dan plafon.
Kepala Dinas Pendidikan Dayah, Agussalam, mengatakan, anggaran Rp 500 juta bersumber dari DOKA tahun anggaran 2023, untuk membangun dua unit rumah guru.

“Ukuran rumah lebih besar dari rumah bantuan,” katanya, Selasa (1/8).
Agussalim menjelaskan, saat ini, di MUQ Pidie Jaya terdapat sebanyak 24 orang guru. Dan di MUQ tersebut, saat ini baru hanya ada dua rumah guru. Sedangkan para guru tersebut bertempat tinggal jauh dari MUQ.

“Tahun lalu dibangun dua unit. Tahun ini dibangun dua unit lagi. Dan kalau dibilang kurang, masih sangat kurang dengan jumlah guru yang mencapai 24 orang yang betempat tinggal jauh dari MUQ,” terang Agussalim.

Rumah guru yang dikerjakan oleh rekanan kontraktor CV Lisa Leguna itu, saat ini terang Agussalim, progresnya telah mencapai 30 persen lebih. (san/rus).