Mantan Ketua BUMK Singgersing Kembalikan Kerugian Negara Rp108 Juta Lebih

RAKYAT ACEH | SUBULUSSALAM –┬áMantan Ketua Badan Usaha Milik Kampong (BUMK) Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam periode 2018-2020 mengembalikan dana yang merugikan keuangan negara.

Pengembalian dana tersebut sebesar Rp108. 832.657 untuk tiga mata anggaran 2018-2020 yang disaksikan Kapolres Subulussalam, AKBP Yhogi Hadisetiawan, SIK MIK, di Mapolres setempat, Jumat, 18 Agustus 2023.

Kapolres Subulussalam, AKBP Yhogi Hadisetiawan, SIK MIK saat menggelar konferensi pers di Mapolres Subulussalam menjelaskan, setelah dilakukan rangkain penyelidikan bahwa ada dugaan penyelewengan dalam anggaran BUMK di Senggersing.

Dari hasil penyelidikan dirangkum adanya kerugian negara dan penyidik mengajukan ke Inspektorat untuk dilakukan audit terhadap dana BUMK Singgersing.

“Dimana hasil audit tersebut ditemukan ada kerugian negara sebesar Rp108.832.657. Menindaklanjuti hal tersebut, penyidik melakukan langkah-langkah sesuai dengan nota kesepahaman antara Polri, Kejaksaan dan Kemendagri yang dimana proses pencegahan terhadap penyelewengan penggunaan anggaran diutamakan pengembalian kerugian dari jumlah hasil audit Inspektorat tersebut,” kata Kapolres Yhogi Hadisetiawan.

Menurut Kapolres, dengan berjalannya waktu proses penyelidikan ditemukan iktikad baik dari terduga yaitu mantan Ketua BUMK tersebut untuk mengembalikan kerugian negara sehingga perkara tidak dinaikkan ke tahap Penyidikan.

“Kasus penyimpangan dana desa ini kita tutup karena pengembalian telah dilakukan oleh terduga yang nantinya akan disetorkan langsung ke rekening BUMK Singgersing, jadi tidak ada lagi kerugian negara,” ungkap Kapolres.

Ditambahkan, dari jumlah dana BUMK Singgersing yang dikembalikan tersebut adalah dana yang tidak bisa dipertanggungjawabkan oleh mantan Ketua BUMK.

Jumlah dari keseluruhan nya sebesar Rp152 juta, namun Rp108,832,657 tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan terduga. (lim)