Pj Bupati Aceh Besar Irup Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Ars di Pesantren Al Manar

Pj. Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM memeriksa kesiapan barisan peserta apel dari atas mobil jeep sebagai tanda dimulainya Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy Pesantren Al-Manar 2023 , di Lapangan Sepak Bola Pesantren Al-Manar, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Minggu (20/08/2023). FOTO/ MC ACEH BESAR

Bantu Al Quran Musaf Madinah dan Bantuan Semen

RAKYAT ACEH | KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM, kembali bertindak sebagai Inspektur upacara apel tahunan pekan perkenalan Khutbatul Arsy. Kali ini di pesantren Modern Al-Manar tahun 2023, di Lapangan Sepak Bola Pesantren Al-Manar, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, Minggu (20/08/2023).

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dalam sambutanya mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya apel tahunan pekan perkenalan khutbatul ‘arsy tahun 2023 Pesantren Modern Al-Manar ini. Karena apel tahunan ini menjadi ajang memperkenalkan seluruh kegiatan yang ada di pondok pesantren kepada santri baru, masyarakat, dan wali santri.
“Nanti, para santriwan santriwati bisa saling mengenal satu sama lain dengan lebih dekat, baik itu antara santri dengan santri maupun santri dengan asatidz dan asatidzahnya,” tuturnya.

Kemudian, apel ini juga menjadi sarana penunjang untuk membangkitkan semangat seluruh santri dan pengurus pesantren dalam memulai awal tahun Pelajaran 2023/2024 serta dapat membentuk santri-santri yang aktif, kreatif, produktif dan kompak.
“Dimana nantinya dengan menampilkan bakat dan talentanya dari santri-santri yang sedang menimba ilmu di Pesantren Al Manar ini menjadi motivasi bagi adik adik kelas dalam berkreativitas selama menjalani rangkaian kegiatan di pondok pesantren,” lanjutnya

Seperti yang diketahui bersama, bahwa Pesantren Al-Manar ini merupakan salah satu pesantren modern yang berkualitas di Kabupaten Aceh Besar. Selain dari banyaknya penghargaan yang telah diraih oleh pesantren ini. Pesantren Modern Al Manar ini juga memiliki daya tarik tersendiri sebagai pusat pembentukan karakter dan akhlak yang mulia serta mencetak generasi qurani.

“Karena, para santri tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan umum, tetapi juga mendalami ajaran agama yang menjadikan generasi-generasi yang cinta al-quran, berakhlakul karimah, berwawasan luas serta berjiwa sosial tinggi,” sebut Muhammad Iswanto

Disamping itu, Pj Bupati Iswanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pimpinan dan seluruh jajaran Pesantren Modern Al Manar yang sudah membantu dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak bangsa khususnya generasi muda Aceh Besar.

“Oleh karena itu, kami mengharapkan agar Pesantren Modern Al-Manar menjadi Pesantren yang menjaga kualitas pendidikan, sehingga Al-Manar bisa terus melahirkan insan insan qurani yang berkompeten serta berperan sebagai garda terdepan dalam melestarikan nilai-nilai kearifan lokal dan keislaman,” demikian Iswanto.

Sementara itu Pimpinan Pesantren Modern Al Manar Tgk H Fakhruddin Lahmuddin MPd, mengapresiasi kehadiran Pj Bupati Aceh Besar menjadi inspektur upacara apel tahunan pekan perkenalan Khutbatul Arsy tahun 2023.

“Terima kasih atas kepedulian Bapak Pj Bupati terhadap keberadaan pesantren di Aceh Besar, termasuk hadir langsung ke Pesantren Kami Al Manar,” tuturnya.

Kata Tgk Fakhruddin, apel tahunan pekan perkenalan ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan setiap tahunnya, dengan tujuan memperkenalkan kepada santriwan dan santriwati baru tentang bagaimana kegiatan-kegiatan di pesantren itu.
Seperti tradisi sebelumnya, selaku Irup, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto didampingi Pimpinan Pesantren Modern Al Manar Tgk H Fakhruddin Lahmuddin MPd melakukan pemeriksaan barisan peserta apel dari atas mobil jeep.

Selain upacara bendera, kegiatan itu juga menampilkan berbagai atraksi yang dilakukan para santri, seperti aksi pencak silat, pramuka, hingga berbagai tarian dan kreasi seni lainnya.

Diakhiri kegiatan apel tahunan pekan perkenalan khutbatul Arsy Pesantren Modern Al-Manar, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyerahkan bantuan 40 buah kitab Al Quran Musaf Madinah, dan 100 sak semen untuk Pembangunan mesjid di Pesantren Al-Manar yang terima langsung oleh Pimpinan Pesantren Modern Al-Manar Ustadz H Fakhruddin Lahmuddin MPd.

Turut hadir, Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SIP MM, Pimpinan Pondok Pesantren Al Manar, Anggota DPRA, perwakilan DSI Aceh, perwakilan Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Kadis Syariat Islam Aceh Besar Rusdi SSos MSi, Kakankemenag Aceh Besar, Jajaran OPD Aceh Besar, Camat KBJ, Kapolsek KBJ, Danramil KBJ, Dewan guru Al Manar dan para wali santri. (ra)