Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 26 Aug 2023 19:55 WIB ·

Mayoritas Pedagang Setuju Revitalisasi Pasar PJKA Kota Kuala Simpang


 Deretan kios pedagang di Jalan Cut Nyak Dhien Kota Kuala Simpang sudah dibongkar atas inisiatif sendiri sebagai bentuk mendukung penataan kota melalui rencana revitalisasi oleh PT KAI, Sabtu (26/8/2023). DEDE/RAKYAT ACEH Perbesar

Deretan kios pedagang di Jalan Cut Nyak Dhien Kota Kuala Simpang sudah dibongkar atas inisiatif sendiri sebagai bentuk mendukung penataan kota melalui rencana revitalisasi oleh PT KAI, Sabtu (26/8/2023). DEDE/RAKYAT ACEH

RAKYAT ACEH | KUALA SIMPANG – Para pedagang kios di Jalan Cut Nyak Dhien Kota Kuala Simpang menyatakan setuju dengan rencana revitalisasi pembangunan kios baru permanen di kawasan tersebut. Sejak dua hari lalu mereka mulai membongkar kios lapak jualan masing-masing sebelum dieksekusi pihak PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di akhir bulan ini.

 

“Pengosongan kios ini sengaja kami lakukan sendiri karena mayoritas pedagang setuju. Hari ini kita sudah pada bongkar atap seng,” kata perwakilan pedagang kios berinisial MD (40) saat ditanyai Rakyat Aceh Online, Sabtu (26/8/2023).

 

Dari pemantauan di lokasi, deretan kios dari ujung persimpangan bekas stasiun KA lama sudah dibongkar secara sukarela oleh pedagang. Artinya mayoritas pedagang sudah setuju rencana revitalisasi pembangunan kios modern di lahan PT KAI tersebut.

 

“Hingga hari ini ada sekitar 15 kios sudah dibongkar atas inisiatif pedagang sendiri. Pembongkaran akan berlanjut sampai bangunan kios paling ujung Simpang Empat Rantau,” ujarnya.

 

Secara pribadi MD sangat bersyukur kios tua itu akan dibangun permanen untuk keamanan dan kenyamanan pedagang. Apalagi kalau bicara dari segi estetika kota pihaknya sangat mendukung. Pasalnya kondisi kios semi permanen yang dibangun tahun 2003 ini sudah kumuh sehingga tidak sedap dipandang mata.

 

“Kios ini sudah ber-umur 21 tahun jadi tidak layak lagi ditempati. Harus ada pemugaran total menjadi pertokoan modern sesuai letaknya di pusat kota sehingga menarik minat pengunjung datang membeli,” paparnya.

 

Berdasarkan informasi yang diterima MD, jumlah ruko baru yang akan dibangun developer lebih kurang sebanyak 100 unit dengan desain muka dan belakang. Luas bangunan bervariasi 3×6 meter dan 3×4 meter dua lantai (permanen). Ia pun menyakini pertumbuhan ekonomi di Kota Kuala Simpang semakin maju jika pembangunan ruko di jalan lintas nasional itu terealisasi.

 

“Saya sudah lihat denahnya, model ruko tetap memanjang muka belakang. Tapi di tengahnya akan dibuat gang untuk akses masuk sehingga toko di belakang pasti ramai,” katanya.

 

Menurut MD pembongkaran kios ini akan terus berlanjut dan diprediksi H-1 atau empat hari lagi sudah selesai semua dibongkar. “Tanggal 28 Agustus 2023 mungkin sudah clear. Nanti kalau sudah kosong bangunan kios lama akan diratakan menggunakan alat berat,” pungkasnya.

 

Untuk Keamanan Pedagang

 

Pedagang kios lainnya, JM (35) mengatakan, pengosongan kios secara pribadi ini sebagai persiapan sebelum alat berat masuk. 

 

Secara pribadi pedagang muda ini setuju jika kios dibangun permanen untuk kenyamanan dan keamanan pedagang seperti rawan kemalingan dan kebakaran. Dengan kondisi kios saat ini JM mengaku sering was-was dan tindak nyenyak tidur. Bahkan sejumlah pedagang terpaksa membawa pulang barang dagangannya karena takut dijarah maling.

 

“Kios saat ini sudah reot tidak aman lagi ditempati. Dari 90 unit kios yang ada saat ini hanya sekitar 51 kios yang aktif, selebihnya kosong. Kami sangat mendukung dan setuju bila dibangun baru demi keamanan kami,” ucapnya.

Artikel ini telah dibaca 36 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Jika Terpilih Bupati, Ayah Wa Siap Jalankan Program Penting Demi Aceh Utara

22 July 2024 - 17:35 WIB

PT PIM Edukasi 500 Anak SD Bersama PDGI

22 July 2024 - 16:40 WIB

LSM Garis Merah Ancam Gelar Aksi Jika Badan Kehormatan Dewan Tidak Segera Bertindak

22 July 2024 - 15:26 WIB

Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang, Beri Tumpeng Hari Bhakti Adhyaksa Ke 64,

22 July 2024 - 12:46 WIB

Aktivis Desak Oknum Dewan Main Serong Diberhentikan

22 July 2024 - 12:26 WIB

Pimpin Apel Gabungan, Pj Bupati Aceh Utara Launching Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

22 July 2024 - 10:46 WIB

Trending di DAERAH