Kementerian KKP dan Pj Bupati Salurkan Bantuan Paket Bioflok dan Excavator

RAKYAT ACEH | KUTACANE – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Pj Bupati Aceh Tenggara, Drs Syakir MSi, melakukan penyaluran bantuan paket bioflok kepada kelompok pembudidaya ikan di Aceh Tenggara, Minggu, 22 Oktober 2023.

Bantuan berupa benih ikan, kolam bioflok, pakan ikan, hingga excavator.

Bantuan disalurkan kepada lima kelompok pembudidaya ikan sistem bioplok bertempat di Desa Kute Lang-Lang Baru, Kecamatan Bambel.

“Lima kelompok penerima tersebar di empat kecamatan, terdiri satu kelompok di Bambel dan Babussalam serta dua kelompok di Lawe Alas, dan satu kelompok lainnya di Ketambe,” sebut Inspektur Jenderal Kementerian KKP RI, Tornanda Syaifullah.

Dijelaskan, masing-masing bioflok mendapat 15 ribu ekor benih lele, sebanyak 1.980 kg pakan ikan, paket obat-obatan serta enam unit kolam bioflok dan satu bangunan.

Selain itu juga disalurkan bantuan satu unit penangkaran ikan jurung pada kelompok pembudidaya Gotong Royong di Desa Natam Baru, Kecamatan Badar.

Begitu juga sebanyak 400 ribu ekor benih ikan mas masing-masing di dua kelompok di Kecamatan Deleng Pokhkisen dan Lawe Bulan.

Termasuk satu unit excavator standar 1.300 PC buatan Pindad bagi kelompok pembudidaya ikan bersama di Desa Lawe Pangkat, Kecamatan Deleng Pokhkisen.

“Sampai dengan akhir tahun ini kita akan terus menyalurkan bantuan paket bioflok berupa benih ikan, peralatan dan pakan, sarana prasarana, serta satu unit excavator,” terang Tornanda Syaifullah.

Sementara, Pj Bupati Aceh Tenggara Syakir mengungkapkan, terima kasih kepada Kementerian KKP dan berharap penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya.

“Kita berterimakasih kepada Kementerian KKP yang hari ini menyalurkan bantuan melalui Irjen Kementerian dan kita berharap budidaya dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya,” ungkap Syakir.

Senada Kepala Dinas Perikanan Aceh Tenggara, Firman Desky menyebutkan, kelompok pembudidaya ikan sistem bioplok penerima bantuan merupakan kelompok binaan Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara.

Bantuan diberikan kepada kelompok pembudidaya ikan sistem bioplok yang memenuhi syarat penerima bantuan.

“Pemberian bantuan ini dilakukan khusus kepada kelompok pembudidaya sistem bioplok yang telah memenuhi syarat, khususnya untuk melakukan budidaya bioflok,” tambah Firman Desky.

Hadir dalam penyerahan bantuan, Irjen Kementerian KKP RI, Tornanda Syaifullah didampingi Tim KKP, Ketua DPRK, Deni F Roza, Plt. Sekda, Yusrizal, ST, Kadis Perikanan, Firman Desky didampingi penyuluh perikanan, serta ketua kelompok penerima bantuan. (val/bai