Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 29 Oct 2023 08:24 WIB ·

Jelang Hari Sumpah Pemuda, Tokopedia Bagi Kisah Pemuda Pelaku UMKM Penggerak Ekonomi Indonesia


 Tokopedia bersama lebih dari 14 juta penjual, yang hampir 100%nya UMKM lokal termasuk pemuda pelaku usaha seperti Tempeman dan Gracious Project, turut mendorong pemerataan ekonomi Indonesia lewat teknolog Perbesar

Tokopedia bersama lebih dari 14 juta penjual, yang hampir 100%nya UMKM lokal termasuk pemuda pelaku usaha seperti Tempeman dan Gracious Project, turut mendorong pemerataan ekonomi Indonesia lewat teknolog

RAKYAT ACEH | JAKARTA – Menyambut Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 mendatang, Tokopedia terus memberi panggung seluas-luasnya bagi lebih dari 14 juta penjual, yang hampir 100%nya UMKM lokal termasuk di antaranya para pemuda, sebagai penggerak roda perekonomian nasional.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, berkata, “Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari Grup GoTo, terus membantu pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pemuda pelaku UMKM Indonesia, menciptakan peluang tanpa hambatan. Salah satu upayanya adalah inisiatif Hyperlocal. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen Environmental, Social, and Governance (ESG) GoTo Tiga Nol (Three Zeros), yaitu nol hambatan (Zero Barriers).”

Tokopedia juga konsisten berkolaborasi dengan para mitra strategis untuk membantu penjual, termasuk pemuda pelaku UMKM lokal, agar bisa terus meningkatkan daya saing bisnis dengan memperoleh akses terhadap edukasi bisnis online. Mulai dari menghadirkan halaman Pusat Edukasi Seller, Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital, hingga komunitas penjual Keluarga Tokopedia (K-Top).

Tokopedia melalui Rizky pun membagikan dua kisah inspiratif pemuda pelaku UMKM Indonesia, yaitu Gracia Chandra (Gracious Project) dan Benny Santoso (Tempeman) yang memulai dan menciptakan peluang lewat teknologi, khususnya Tokopedia.

‘Tempeman’ Gandeng Petani Kedelai Lokal dan Berinovasi Buat Tempe Kekinian

 Benny Santoso, pemuda asal Surakarta (usia 27 tahun), melihat peluang bisnis online olahan tempe sejak tahun 2016. Berawal dari tugas akhir kuliah membuat tempe rasa keju, Benny fokus membangun dan memperkenalkan Tempeman lewat kreasi unik camilan olahan tempe.

“Awalnya, Tempeman membuat camilan kering dari tempe yang laris di pasaran. Agar Tempeman bisa terus relevan dengan perkembangan zaman, kami mencoba mengangkat tempe sebagai kuliner sehat, bergizi dan tetap memenuhi selera kekinian. Tempeman membuat olahan tempe inovatif, seperti cokelat, cookies hingga protein ball beragam rasa,” ujar Benny.

Tempeman bekerja sama dengan berapa produsen rumahan asal Bali, termasuk HAS Chocolate dan Gelato Secret. Selain itu, Tempeman juga bekerja sama dengan petani lokal asal Grobogan (Jawa Tengah), Pulaki (Bali Utara) hingga Tabanan (Bali). Kami membeli langsung kedelai mentah dari para petani dengan harga yang lebih tinggi dari harga tengkulak,” tambah Benny.

Benny pun mulai berjualan online di Tokopedia pada tahun 2020 agar dapat terus melanjutkan bisnisnya karena pada saat pandemi, seluruh penjualannya anjlok hingga 40%. “Sejak berjualan online di Tokopedia, omzet bulanan UMKM Bali Tempeman bisa mencapai puluhan juta dengan produk paling laris adalah varian cokelat tempe dan cookies tempe rasa keju,” jelas Benny.

“Berkat Tempeman dan para pelaku usaha makanan dan minuman, Tokopedia mencatat berbagai tren menarik. Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti Makanan dan Minuman adalah salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia selama semester I 2023, baik secara nasional maupun khusus di Bali. Selain itu, khususnya di Bali, produk makanan dan minuman, seperti tahu susu, wortel dan tempe adalah yang paling laris di Tokopedia sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 7 kali lipat,” tambah Rizky.

Untuk meningkatkan transaksi di Tokopedia, Tempeman menggunakan berbagai fitur, seperti flash sale, promo buy 1 get 1, TopAds dan Wawasan Pasar. “Fitur Wawasan Pasar sangat bermanfaat bagi penjual karena kita bisa tahu produk terpopuler yang sedang banyak dicari pembeli di wilayah tertentu. Hal ini membantu kami untuk melakukan riset dan inovasi produk agar lebih relevan dengan kebutuhan pasar,” jelas Benny.

 “Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki kekayaan budaya, terutama kuliner di Indonesia, kita patut mengapresiasi kekayaan budaya yang kita miliki. Misalnya, dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda dan seterusnya, mari kita mendukung produk UMKM Indonesia sehingga harapannya dapat meningkatkan perekonomian Indonesia dan UMKM lokal makin berdaya,” ungkap Benny.

Jual Skincare Natural, ‘Gracious Project’ Berdayakan Petani Lokal di Malang hingga Lombok Utara

Kehadiran Gracious Project berawal dari hobi sang pemilik, yaitu Gracia Chandra (usia 31 tahun), yaitu meracik essential oils dan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan natural yang aman bagi keluarga. Akhirnya, Gracia mendirikan usaha skincare alami Gracious Project pada tahun 2020.

“Saat pandemi, banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga. Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula untuk bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia.

Produk ciptaan Gracia yang semula digunakan untuk keluarga akhirnya berkembang dan makin banyak peminat. Tak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami, Gracious Project juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.

“Produk kami menggunakan bahan alami dan kami peroleh dari petani lokal. Gracious Project bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa atau virgin coconut oil (VCO) di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang. Ada juga perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang,” jelas Gracia.

Sejak bergabung di Tokopedia, Gracious Project memakai berbagai fitur, seperti TopAds, bebas ongkir, flash sale, produk bundling, dan rutin mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan. Berkat Tokopedia, produk Gracious Project bisa dijangkau oleh masyarakat, termasuk komunitas pencinta produk skincare alami, di seluruh Indonesia,” tutup Gracia.

Berkat kehadiran Gracious Project dan para pelaku usaha lokal, penjualan berbagai produk perawatan tubuh terus melesat di Tokopedia. Berdasarkan data nasional, kategori produk Perawatan Tubuh di Tokopedia, body lotion, hair conditioner dan hair mask menjadi beberapa produk terlaris di semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat.

Sebagai generasi muda yang inovatif dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal, Gracia memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan semangat kolaborasi. “Bagi saya, apa pun yang kita lakukan harus memberi dampak bagi lingkungan sekitar dan memiliki prinsip yang kuat dalam berbisnis. Bahkan dengan berkolaborasi kita dapat maju bersama untuk meningkatkan berbagai potensi hingga menciptakan sesuatu yang inovatif dan dapat dibanggakan masyarakat Indonesia,” tutup Gracia. (ra)

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Tangis Haru Sudirman, PLN UID Aceh dan Kejaksaan Tinggi Aceh Terangi Hidup Kami

19 July 2024 - 10:49 WIB

AHASS Gelar Pameran Honda dan Servis Murah di SMKN 4 Banda Aceh 

19 July 2024 - 09:17 WIB

Pilih Paket Smartfren Unlimited Nonstop, Nikmati Kuota Lebih Besar

18 July 2024 - 15:11 WIB

BSI Telah Masuk 5 Besar BUMN Kapitalisasi Pasar Terbesar

18 July 2024 - 14:36 WIB

MyTelkomsel Hadir Sebagai Super App yang memberikan Kemudahan Transaksi

18 July 2024 - 13:58 WIB

Honda EM1 e: dan Deretan Motor Berteknologi Tinggi Sapa Pengunjung GIIAS 2024

18 July 2024 - 09:34 WIB

Trending di EKBIS