Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 2 Nov 2023 18:52 WIB ·

Pj Bupati Aceh Besar bersama Mualem Resmikan Pabrik Pupuk Magnesium di Kuta Malaka


 Pj.Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW KPA Wilayah Aceh Rayeuk sekaligus meresmikan Pabrik Pupuk Magnesium. Gampong Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Kamis (2/11/2023). FOTO/PROKOPIM SETDAKAB ACEH BESAR Perbesar

Pj.Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP MM menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW KPA Wilayah Aceh Rayeuk sekaligus meresmikan Pabrik Pupuk Magnesium. Gampong Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Kamis (2/11/2023). FOTO/PROKOPIM SETDAKAB ACEH BESAR

RAKYAT ACEH | KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Muhammad Iswanto SSTP MM, Kamis (02/11/2023) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Aceh Besar. Dalam kesempatan itu, Iswanto bersama dengan mantan Wakil Gubernur Aceh sekaligus Ketua KPA Aceh Muzakkir Manaf menggunting pita pertanda diresmikannya pabrik pupuk magnesium di Gampong Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar, Kamis (2/11/2023).

Pada kesempatan itu Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyampaikan apresiasi kepada KPA Aceh Rayeuk yang telah memprakarsai rangkaian kegiatan peringatan Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H/2023 Masehi, sekaligus peusijuk dan peresmian Pabrik Pupuk Magnesium yang dilaksanakan hari ini.

“Semoga melalui momentum ini dapat memperkuat silaturahmi serta melalui momentum ini pula mari kita jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai tauladan dalam kepemimpinan. Kita juga berharap peringatan ini tidaklah merupakan peringatan serimonial belaka, akan tetapi mempunyai makna dan dapat memberikan perubahan dalam segala aspek kehidupan kita dengan mengambil suri tauladan atas prilaku Rasulullah SAW,” ujarnya.

Selain itu juga, Iswanto berharap dengan kehadiran pabrik pupuk magnesium ini nantinya mampu berkontribusi dalam membangkitkan ekonomi serta mensejahterakan Masyarakat di wilayah sekitar dan Aceh Besar khususnya serta umumnya Masyarakat Aceh.

“Semoga dengan kehadiran pabrik pupuk magnesium ini bisa mengurangi angka pengangguran di Aceh Besar, dan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat di Aceh Besar secara khusus,” harapnya.

Iswanto juga mengimbau kepada para pengusaha Aceh agar memberikan sumbangsih baik berupa penanaman modal atau berupa saran, sehingga pengolahan dan produksi nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Hal senada juga disampaikan mantan Wakil Gubernur Aceh dan juga Ketua KPA Aceh Muzakkir Manaf yang berharap dengan momentum Maulid Nabi Muhammad SAW ini dapat mewujudkan tali silaturahmi sesama KPA dan mutranya.
Selain itu, dengan hadirnya pabrik pupuk magnesium ini bisa menampung puluhan pekerja dan memuculkan kesejahteraan secara kolektif. “Dengan hadirnya pabrik magnesium ini dapat membawa perubahan ekonomi bagi masyarakat kita, karena kita tidak perlu lagi mengangkut pupuk untuk di produksi di luar Aceh, melainkan kita bisa menjual hasil produksi dari daerah kita sendiri yang sudah dibungkus dan dipaketkan secara rapi dan dilabel dengan merk daerah,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Mualem ini juga berharap agar kehadiran pabrik magnesium ini juga bisa mengurangi angka pengangguran khususnya di Aceh Besar, mengingat selama ini angka pengangguran di Aceh semakin tinggi dan tentunya ekonomi masyarakat pun juga lemah. “Dengan hadirnya pabrik pupuk magnesium ini bisa membangkitkan ekonomi daerah,” ujarnya.

Sementara itu Ketua panitia dan juga Ketua KPA Aceh Besar Muchlis Basyah mengatakan lokasi pabrik pupuk magnesium ini merupakan tanah hibah dari Azwir Basyah dan pabrik ini dibangun melalui dana aspirasi anggota DPRA dari Partai Aceh di wilayah Daerah Pemilihan Satu (Dapil 1) dengan menyerap anggaran sebesar Rp. 19,5 miliar.

“Status hukum pabrik ini sudah legal sesuai aturan hukum yang berlaku, hanya tinggal pengurusan Amdal dan pengurusan izin trasportasi. Mesin ini akan menghasilkan 30 ton pupuk perjam, semoga kedepan kita Aceh Besar dengan hadirnya pabrik pupuk magnesium ini minimal dapat memproduksi pupuk magnesium sendiri sebesar 3.000 ton setiap harinya,” ujarnya.

Mantan Bupati Aceh Besar yang akrab disapa Adun Muchlis itu berharap semoga saja para Investor Aceh dapat membantu dirinya bersama jajaran KPA Aceh Besar untuk mengolah dan memproduksi hasil dari pabrik pupuk magnesium ini untuk diekspor keluar Aceh bahkan ke luar negeri.

“Semoga juga nanti para pekerjanya dari putra daerah yang mampu mengolah dan dibantu oleh pengusaha dalam memproduksinya, sehingga dengan demikian akan mengurangi pengangguran di Aceh Besar dan juga akan membangkitkan ekonomi Aceh Besar secara menyeluruh serta kita tidak perlu lagi mengimpor pupuk dari luar daerah,” pungkasnya.

Usai pemotongan pita pertanda diresmikan pabrik pupuk magnesium, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan ceramah maulid oleh Tgk Abdul Azis mulai dari lahir Nabi Muhammad SAW, diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi Rasulullah SAW, hingga Nabi Muhammad SAW wafat.

Kegiatan tersebut juga dihadiriri Anggota DPRI, Kepala Dinas SDM Aceh, pengurus Lembaga Wali Naggroe, Anggota DPRA, Forkopimda Aceh Besar, sejumlah kepala OPD, Kabag Prokopim Aceh Besar, Ketua MAA Aceh Besar, anggota DPRK Aceh Besar, Camat Kuta Malaka dan Forkopimcam, Keuchik dan perangkat gampong serta masyarakat Lam Ara Tunong. (ra)

Artikel ini telah dibaca 107 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ini Alasan Joe Biden Mundur dari Kandidat Capres Amerika 

22 July 2024 - 15:51 WIB

Pj Bupati Aceh Utara Mahyuzar: Pemasangan Bendera ‘Memudar’

22 July 2024 - 15:10 WIB

Kata Kakanwil Meurah Budiman Usai UPP Satgas Saber Pungli Aceh Lakukan Audiensi Dengan Pj. Gubernur Aceh

22 July 2024 - 15:07 WIB

Brigjen Armia Fahmi Pimpin Upacara Pembukaan Diktukba Polri di SPN Polda Aceh

22 July 2024 - 13:40 WIB

Korban Laka Lantas di Aceh Didominasi oleh Pelajar dan Mahasiswa

22 July 2024 - 09:49 WIB

Selain Penindakan melalui ETLE, Ops Patuh Seulawah juga Fokus pada Sosialisasi, Terutama kepada Pelajar

21 July 2024 - 22:31 WIB

Trending di UTAMA