Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 18 Jan 2024 16:09 WIB ·

Amerika dan Israel adalah Penyebab Konflik di Laut Merah


 Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian menekankan bahwa Amerika dan Israel adalah penyebab di balik kurangnya keamanan yang terjadi di kawasan Laut Merah. (Saba.net) Perbesar

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian menekankan bahwa Amerika dan Israel adalah penyebab di balik kurangnya keamanan yang terjadi di kawasan Laut Merah. (Saba.net)

HARIANRAKYATACEH.COM – Konflik di Laut Merah antara Amerika-Inggris dan Yaman masih berlanjut. Isu keterlibatan dan perintah dari Iran juga semakin merebak di dunia Internasional. Isu tersebut lantas dibantah langsung oleh Kementerian Luar Negeri Iran.

Dilansir dari Saba.ye, Kamis (18/1), Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian menegaskan bahwa Yaman tidak menerima perintah apapun dari Iran. Menteri Luar Negeri Iran itu juga menekankan bahwa Amerika dan Israel adalah penyebab di balik kurangnya keamanan yang terjadi di kawasan Laut Merah.

Pada Rabu (17/1), Kantor Berita Farsnews Iran mengutip pernyataan Abdollahian bahwa rakyat Yaman dan rakyat negara-negara lain yang membela rakyat Palestina bertindak berdasarkan inisiatif dan kepentingan mereka dan tidak menerima perintah dari Iran.

“Keamanan maritim sangat penting bagi kami karena kami mengekspor minyak, dan jika terjadi kekacauan keamanan di sekitar kami, hal itu tidak akan menguntungkan kami,” imbuh Abdollahian.

“Kami (Iran) percaya bahwa tindakan apapun yang mengacaukan dan mengganggu kawasan Laut Merah berakar pada Israel dan genosida yang dilakukannya di Gaza,” lanjut Abdollahian dalam pernyataan tersebut.

Abdollahian juga memberi peringatan kepada Amerika dan Presiden Joe Biden agar tidak menghubungkan nasib mereka dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Abdollahian berkata, dukungan penuh Washington terhadap Tel Aviv adalah alasan utama ketidakamanan di kawasan Laut Merah tersebut.

Abdollahian menekankan bahwa keamanan Laut Merah sangat penting bagi Iran dan menekankan kepada Amerika untuk menghentikan perang di Gaza. Abdollahian juga menanggapi kasus yang melibatkan Iran baru-baru ini. Mengenai pemboman rudal terhadap markas mata-mata Mossad dan teroris ISIS di Irak dan Syria, Abdollahian mengatakan bawah tindakan tersebut dilakukan dalam rangka perang melawan terorisme dan pertahanan yang sah.

Menlu Iran tiba di Swiss pada Selasa (16/1) malam untuk berpartisipasi dalam program KTT Davos dan mengadakan pertemuan bilateral dengan rekan-rekannya dan pejabat senior dari berbagai negara. Pertemuan itu untuk membahas dan bertukar pandangan mengenai isu-isu bilateral, regional, dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos diadakan mulai 15 Januari hingga 19 Januari dengan slogan ‘Membangun Kembali Kepercayaan’. Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh presiden-presiden dan perwakilan lebih dari 100 negara.

 

Editor: Edy Pramana

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Israel Ancam Serang Rafah hingga Bulan Ramadhan

20 February 2024 - 14:52 WIB

Tak Henti-Hentinya, Pasukan Israel Kembali Melancarkan Serangan Ke Rumah Sakit Nasser

18 February 2024 - 15:02 WIB

Dua Ledakan Bom Tewaskan Sedikitnya 28 Orang Jelang Pemilu di Pakistan

9 February 2024 - 10:19 WIB

Lembaga Bantuan Kemanusiaan PBB untuk Palestina, UNRWA, Kehabisan Dana

4 February 2024 - 16:52 WIB

Gencatan Senjata Israel-Hamas di Palestina Dikabarkan Segera Terjadi Selama 35 Hari

2 February 2024 - 15:00 WIB

Israel Kembali Serang Warga Sipil Palestina, Puluhan Ditangkap dan Sebagian Pengungsi Syahid

29 January 2024 - 15:31 WIB

Trending di INTERNASIONAL