Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 6 Feb 2024 15:16 WIB ·

Hadapi Pembangunan Pesat, PII dan UTU Latih Tenaga Terampil Jasa Kontruksi


 Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Aceh Barat, Dr. Ir. Kurdi, ST, MT, IPM, Asean Eng. Perbesar

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Aceh Barat, Dr. Ir. Kurdi, ST, MT, IPM, Asean Eng.

RAKYATACEH I MEULABOH – Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Aceh Barat, Kurdi menuturkan daerahnya membutuhkan 2.021 pekerja terampil guna menghasilkan bangunan berkualitas dengan kontruksi optimal.

“Aceh Barat masih butuh 2.021 orang pekerja terampil lagi. Berdasarkan data PUPR, daerah kita hanya punya 470 pekerja, dan angka itu masih kurang sekitaran 1.55 lagi,” kata Kurdi, usai pelatihan jasa konstruksi dan Muscab PII ke-2 di aula utama UTU Meulaboh, Senin (5/2/2024).

Ia menjelaskan, perbandingan dari 2.021 orang tenaga terampil yang kurang itu, maka besaran dana yang dimiliki dan dikelola oleh PUPR sebesar Rp 158 miliar, dibutuhkan pula minimal banyak 2.021 orang tenaga terampil di bidang jasa konstruksi .

Sebab itu, pihaknya dari PII Cabang Aceh Barat dan pemerintah kabupaten setempat berkolaborasi dengan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, menyelenggarakan pelatihan jasa konstruksi ke-2 guna mencari tenaga terampil yang baru.

“Kita selaku wadah atau pun persatuan bagi para insinyur di Aceh Barat memiliki tugas dan tanggung jawab menyediakan tenaga terampil. Oleh karena itu, PII gelar pelatihan jasa konstruksi yang diikuti oleh 35 orang peserta dibimbing langsung oleh insinyur ahli di bidang masing-masing,” jelasnya.

Pelatihan jasa konstruksi tersebut, kata Kurdi, memiliki fokus penyampaian materi pada level jabatan 5 dan 7 atau jabatan pelaksana dan pengawas di setiap lapangan tempat pembangunan, khususnya jalan.

“Pekerjaan lebih banyak di jalan maka lebih kepada pelaksana dan juga pengawasan jalan. Kita berharap kepada setiap stakeholder dapat membantu peningkatan tenaga terampil, sehingga menghasilkan kontruksi berkualitas di Aceh Barat,” harapnya.(den)

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

KIP Simeulue Rekomendasikan Tujuh TPS PSU

20 February 2024 - 18:14 WIB

Ketua Panwaslih Nagan Raya: Panwascam Tidak ada Mekanisme Pembatalan Rekomendasi PSU

20 February 2024 - 14:06 WIB

Belasan TPS di Simeulue di Rekomendasikan PSU

19 February 2024 - 19:37 WIB

Beredar Surat Panwascam Darul Makmur Batalkan Rekomendasi untuk PSU di TPS 03

19 February 2024 - 19:32 WIB

TPA Nurul Fata Gampong Guhang Peringati Isra Mi’raj

19 February 2024 - 06:24 WIB

Teuku Irfan TB Dipastikan Melennggang ke DPRK Aceh Jaya

16 February 2024 - 21:36 WIB

Trending di NANGGROE BARAT