Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 22 Mar 2024 17:37 WIB ·

Dandim 0101/Kota Banda Aceh Mendampingi Tim Kementan RI dalam Survei CPCL SID OPLAH Rawa di Aceh Besar


 Dandim 0101/Kota Banda Aceh Mendampingi Tim Kementan RI dalam Survei CPCL SID OPLAH Rawa di Aceh Besar Perbesar

RAKYAT ACEH | Banda Aceh, Jum’at, 22 Maret 2024 – Dandim 0101/Kota Banda Aceh Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han) turut serta mendampingi Tim dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang melakukan survei CPCL SID OPLAH Rawa di dua lokasi di wilayah Kabupaten Aceh Besar.

Tim yang dipimpin oleh Dr. Ir. Sam Herodian, M.S., IPU., APEC Eng., Staf Khusus Mentan Bid. Kebijakan Pertanian, didampingi Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si., Sesba PPSDMP Kementan RI, dan Rostikawati, PPSDMP Kementan RI, memulai survei dengan meninjau lokasi CPCL SID OPLAH seluas 100 Ha yang tersebar di 6 Desa wilayah Kecamatan Lhoknga. Selanjutnya, Tim melanjutkan peninjauan ke wilayah Kecamatan Kuta Cot Glie.

Tujuan dari survei ini adalah untuk memberikan acuan kepada pemerintah dalam melakukan pelaksanaan optimasi lahan rawa. Hal ini mencakup analisis survey investigasi optimasi lahan rawa, penyusunan desain optimasi lahan rawa, dan menyusun rencana anggaran biaya untuk pelaksanaannya.

Optimalisasi lahan rawa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lahan dalam menghasilkan tanaman pangan, termasuk peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dan produktivitas lahan. Selain itu, fokus juga diberikan pada rehabilitasi atau penyempurnaan infrastruktur seperti pintu-pintu air irigasi dan boks bagi lahan tersier maupun sub tersier, penguatan pematang/tanggul, drainase, serta berbagai infrastruktur pendukung lainnya.

Dandim 0101/Kota Banda Aceh Letkol Czi Widya Wijanarko, S.Sos., M.Tr (Han) menyatakan, “Partisipasi dalam survei ini merupakan bentuk komitmen kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengoptimalkan potensi lahan rawa untuk produksi pangan. Semoga hasil survei ini dapat menjadi dasar yang solid dalam merencanakan langkah-langkah strategis ke depannya,” ujarnya.

Survei ini merupakan langkah konkret dalam mendukung program pemerintah dalam mencapai swasembada pangan nasional serta peningkatan kesejahteraan petani di Aceh Besar.

Turut hadir dalam survei tersebut diantaranya yaitu Pabung Kota Jantho Kodim 0101/Kota Banda Aceh Mayor Inf Antoni Zen, Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov. Aceh Junaidi, SP, Kadis Pertanian Aceh Besar dan Kabid PSP Aceh Besar.

Artikel ini telah dibaca 102 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Terima Audiensi Pj. Bupati Singkil

16 April 2024 - 14:39 WIB

TRK Siap Bertarung di Pilkada Nagan Raya 2024

13 April 2024 - 13:47 WIB

BFLF Bagikan Manisnya Lebaran, Ratusan Pengungsi Rohingya di Banda Aceh Tersenyum Lebar

12 April 2024 - 18:32 WIB

Ribuan Narapidana di Aceh Terima Remisi Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 22:08 WIB

Pj Bupati Aceh Besar dan Forkopimda Lepas Pawai Takbir Keliling

10 April 2024 - 09:52 WIB

Dandim 0101/Kota Banda Aceh Hadiri Pelepasan Pawai Takbir Keliling Malam Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 09:49 WIB

Trending di METROPOLIS