Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE TIMUR · 24 Mar 2024 16:57 WIB ·

Umuslim Kembali Kirim Mahasiswa ke Jepang


 Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd, mrlakukan pelepasan dua mahasiswa ke NGU Jepang di kampus setempat, Minggu (24/3).
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd, mrlakukan pelepasan dua mahasiswa ke NGU Jepang di kampus setempat, Minggu (24/3). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

RAKYATACEH | BIREUEN – Dua mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Kabupaten Bireuen, kembali diberangkatkan ke Jepang.

Keberangkatan kedua mahasiswa tersebut dalam rangka mengikuti student exchange atau pertukaran mahasiswa ke Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang periode 2024-2025.

Adapun mahasiswa yang berangkat yaitu, Nabila dari prodi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas ilmu Sosial Politik (FISIP), dan Raihan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Hal tersebut disampaikan Rektor Umuslim, Dr Marwan MPd, saat melakukan pelepasan keberangkatan dua mahasiswa tersebut di kampus setempat, Minggu (24/3).

Selain rektor, pelepasan itu turut dihadiri wakil rektor, seluruh pimpinan fakultas dan prodi lingkup Umuslim, serta sejumlah dosen kampus setempat.

Dr Marwan dalam sambutannya menyampaikan, keberangkatan ke Jepang merupakan momen bersejarah bagi kedua mahasiswi yang akan segera memulai pengalaman belajar di luar negeri.

“Keberangkatan mereka dalam rangka implementasi kerja sama yang ditandatangani Umuslim dengan NGU Jepang beberapa tahun lalu,” jelas Rektor Marwan.

Rektor juga berpesan, kepada kedua mahasiswi agar dapat menjadi duta bagi Umuslim saat berada di Jepang.

“Kedua mahasiswi ini adalah representasi dari kemampuan dan kualitas pendidikan yang ada di Universitas Almuslim,” sebut Marwan.

Selain itu, katanya, keberangkatan mahasiswa tersebut, juga sebagai perwujudan dari kebijakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek Dikti.

“Ini dapat menguatkan dan menambah kompetensi program studi atau perguruan tinggi serta untuk mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi global,” ungkapnya.

Ia juga berharap, kedua mahasiswa tersebut dapat memanfaatkan pengalaman belajar di luar negeri sebaik mungkin, untuk mengembangkan diri dan membawa nama baik almamater universitas.

Sebelumnya, Kepala Kantor Urusan Internasional Umuslim, Fauzi SIP MA menyebutkan, pertukaran mahasiswa Umuslim ke Jepang, saat ini sudah 9 gelombang sejak tahun 2016.

“Insyaallah, September 2024 nanti, kita juga akan mengirimkan satu mahasiswa lagi ke Nagoya Gakuin Jepang untuk gelombang ke-10,” jelasnya.

Fauzi juga menyebutkan, kedua mahasiswa yang dilepas itu, akan kuliah di NGU Jepang selama satu tahun (2 semester), biaya kuliah dan apartemen penginapan gratis karena adanya kerja sama antara Umuslim dan NGU Jepang.

Di akhir acara pelepasan, Rektor menjamu Nabila, Raihan dan keluarga untuk berbuka puasa bersama, yang turut dihadiri jajaran pimpinan dan tamu undangan sebagai bentuk kebersamaan dan keakraban antar civitas academika Umuslim. (akh)

Artikel ini telah dibaca 134 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ancam Wartawan Kasus Lapak Meugang, Sopir Camat Kota Juang Dilaporkan ke Polisi

14 April 2024 - 17:10 WIB

Jelang Idul Fitri, Edi Obama Belikan Baju Lebaran untuk Anak Yatim

8 April 2024 - 07:47 WIB

Forkopimda Lhokseumawe Patroli Gabungan, Sasar Lokasi Rawan 

6 April 2024 - 08:55 WIB

Pemda Simeulue Larang Kendaraan Dinas Diboyong Keluar Pulau Untuk Lebaran

5 April 2024 - 22:08 WIB

Dua Pemotor Tewas Ditabrak Bus

5 April 2024 - 18:40 WIB

Jelang Idul Fitri, Masyarakat Lingka Kuta Beri Santunan Puluhan Juta untuk Anak Yatim

5 April 2024 - 17:43 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR