Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE TIMUR · 25 Mar 2024 18:17 WIB ·

Pendaftaran Calon Pansel Panwaslih Bireuen Dibuka


 Sekwan Bireuen, Said Abdurrahman. Perbesar

Sekwan Bireuen, Said Abdurrahman.

RAKYATACEH | BIREUEN – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen melalui Komisi I membuka pendaftaran bagi calon panitia seleksi (Pansel) guna dipilihnya Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupatdn Bireuen untuk Pilkada 2024 mendatang.

Sesuai dengan isi pengumuman pansel yang dikeluarkan DPRK Bireuen, penerimaan berkas pendaftaran dimulai dari 25 hingga 26 Maret 2024 pukul 09.00 – 15.00 WIB (hari kerja).

Bagi pemohon, diumumkan bahwa berkas yang telah dimasukkan ke dalam satu amplop diantar langsung ke ruangan Komisi I DPRK Bireuen.

Hal tersebut diaampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRK Bireuen, Said Abdurrahman SSos kepada Rakyat Aceh, Senin (25/3).

Ia merincikan, pendaftaran pansel calon Panwaslih Bireuen dibuka merujuk kepada UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh dan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2018 tentang perubahan atas Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2016 tentang penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah di Aceh.

“Pendaftaran calon pansel yang bersifat Ad Hoc itu terbuka untuk umum dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan. Adapun syarat bagi calon pansel anatara lain, Warga Negara Indonesia (WNI), berusia paling rendah 30 tahun, pendidikan paling rendah Strata Satu (S1), serta mempunyai integritas pribadi yang kuat, jujur dan adil,” sebut Said.

Kemudian, ia juga menyebutkan, calon pansel yang mendaftar harus berdomisili di wilayah Kabupaten Bireuen yang dibuktikan dengan KTP dan surat keterangan dari pemerintah gampong setempat.

Selanjutnya, surat lamaran ditujukan kepada Ketua Komisi I DPRK Bireuen dengan melampirkan foto copy KTP, surat keterangan berdomisili dari gampong masing-masing peserta, pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak tiga lembar berwarna, daftar riwayat hidup, foto copy ijazah yang telah dilegalisir pejabat berwenang, dan surat pernyataan di atas materai 10.000 terkait bersedia tidak menjadi anggota Panwaslih Kabupaten Bireuen Tahun 2024.

“Calon pansel juga harus menyiapkan surat pernyataan di atas materai 10.000 bahwa tidak pernah menjadi anggota partai politik nasional atau partai politik lokal yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau paling kurang lima tahun sebelumnya tidak lagi menjadi anggota partai politik, serta surat pernyataan di atas materai 10.000 tidak sedang menjadi tersangka, terdakwa atau terhukum,” kata Sekwan Bireuen.

Said Abdurrahman juga menyampaikan, peserta yang mendaftar dan memenuhi syarat akan dilakukan fit and proper test oleh Komisi I DPRK Bireuen untuk ditetapkan menjadi anggota Pansel Panwaslih Bireuen. (akh)

Artikel ini telah dibaca 221 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ancam Wartawan Kasus Lapak Meugang, Sopir Camat Kota Juang Dilaporkan ke Polisi

14 April 2024 - 17:10 WIB

Jelang Idul Fitri, Edi Obama Belikan Baju Lebaran untuk Anak Yatim

8 April 2024 - 07:47 WIB

Forkopimda Lhokseumawe Patroli Gabungan, Sasar Lokasi Rawan 

6 April 2024 - 08:55 WIB

Pemda Simeulue Larang Kendaraan Dinas Diboyong Keluar Pulau Untuk Lebaran

5 April 2024 - 22:08 WIB

Dua Pemotor Tewas Ditabrak Bus

5 April 2024 - 18:40 WIB

Jelang Idul Fitri, Masyarakat Lingka Kuta Beri Santunan Puluhan Juta untuk Anak Yatim

5 April 2024 - 17:43 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR