Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

KHAZANAH · 26 Mar 2024 19:38 WIB ·

Remaja Masjid Hasanul Basri Gandapura Gelar Daurah Ramadan Gratis


 Syawal Fitra mengajari anak-anak dalam program daurah Ramadan di Masjid Hasanul Basri, Gampong Cot Teubee, Gandapura, Selasa (26/3).
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Syawal Fitra mengajari anak-anak dalam program daurah Ramadan di Masjid Hasanul Basri, Gampong Cot Teubee, Gandapura, Selasa (26/3). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

RAKYATACEH | BIREUEN – Remaja Masjid Hasanul Basri, Gampong Cot Teubee, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, menggelar daurah Ramadan secara gratis kepada anak-anak di kecamatan setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung setiap hari selama bulan suci Ramadan, dan dijadwalkan akan berlangsung selama 20 hari.

Hal tersebut disampaikan ketua panitia pelaksana daurah Ramadan, Syawal Fitra SPd kepada Rakyat Aceh, Selasa (26/3).

Pria lulusan program studi (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) di Institut Agama Islam (IAI) Almuslim Aceh itu mengaku, pihaknya atas nama remaja masjid mencoba menggalakkan anak-anak untuk bersama Alquran selama Ramadan.

“Kegiatan ini tidak dipungut biaya dari peserta dan juga tidak disyaratkan harus mampu membaca Alquran, karena mengacu kepada amanah guru kami bahwa jangan bedakan anak-anak saat diajari, jangan pilih kasih antara yang bisa dengan yang belum bisa, ayomi semua mereka asalkan mau belajar Alquran,” ujar Syawal yang juga alumni dari Dayah Darussa’adah Cabang Cot Bada itu.

Menurutnya, peserta yang mendaftar sejumlah 90 anak, terdiri dari berbagai desa yang ada di Gandapura, bahkan ada juga yang dari Aceh Utara.

“Anak-anak yang ikut daurah terdiri dari Gampong Cot Teube sejumlah 43 peserta, Damakawan 13, Pulo Gisa 8, Tanjong Bungong 6, Tanjong Raya 4, Mon Jeureujak 4, Paya Kareueng 3, Paloh Mee 3, Geurugok 2, serta Lapang Timu, Cot Rambat, Blang Keude dan Desa Gunci Acèh Utara masing-masing 1 peserta,” rinci Syawal.

Ia berharap, semoga kegiatan tersebut berjalan lancar hingga hari penutupan nantinya.

Sementara itu, kegiatan yang digagas oleh anak muda lulusan IAI Almuslim Aceh itu, mendapat apresiasi langsung dari Wakil Rektor III dan dosen kampus tersebut saat melaksanakan safari Ramadan ke Masjid Hasanul Basri.

Salah satu apresiasi datang dari ustadz Hendri Julian MEd, yang merupakan dosen dan civitas akademika IAI Almuslim. Ia mengaku bangga ketika ada alumni-alumni IAI Almuslim yang mau melakukan hal-hal baik di kalangan masyarakat.

“Kita mengapresiasi apa yang sudah diinisiasi oleh adinda Syawal, semoga bisa dicontoh oleh lulusan lainnya. Inilah hakikat kelulusan, menjadi berguna bagi orang lain,” sebut ustadz Hendri Julian. (akh)

Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:56 WIB

Sekda Simeulue: 90 Persen Pegawai Sudah Aktif

16 April 2024 - 17:23 WIB

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:08 WIB

Serangan ke Israel Berlanjut, Kali Ini Giliran Hizbullah

16 April 2024 - 15:19 WIB

Pembangunan Tol Trans Sumatera Tol Sigli – Langsa Masuk Pengusahaan Tahap III

16 April 2024 - 14:37 WIB

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Perang Dunia III

14 April 2024 - 14:40 WIB

Trending di INTERNASIONAL