Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 27 Mar 2024 21:28 WIB ·

Kadispora Simeulue: Fasilitas Hanya Jomblo Tapi Semangat Atlet untuk Latihan Sangat Militan 


 Syuhelmi, Kadispora Kabupaten Simeulue (baju putih) saat peusejuk atlet pencak silat, yang latihan rutin usai shalat Tarawih. Selasa, 26 Maret 2024. (Ahmadi) Perbesar

Syuhelmi, Kadispora Kabupaten Simeulue (baju putih) saat peusejuk atlet pencak silat, yang latihan rutin usai shalat Tarawih. Selasa, 26 Maret 2024. (Ahmadi)

RAKYAT ACEH | SINABANG – “Seluruh cabor kita yang ada di Simeulue, masih jomblo fasilitas maupun peralatan, dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Aceh,” kata Syuhelmi,  Kadispora Simeulue, saat peusejuk atlet silat, Selasa, 26 Maret 2024.

Meskipun sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang masih sangat minim sebut Syuhelmi, namun yang membanggakan itu yakni semangat atlet untuk latihan rutin tidak kendor dan sangat militan, sehingga nantinya mampu meraih prestasi.

Dengan kondisi yang serba kekurangan itu, justru dapat disiasati dengan beragam cara oleh masing-masing Cabang Olahraga (Cabor), sehingga para atletnya tetap latihan rutin dan kemudian akan di turunkan di berbagai event kejuaraan.

Dia menyebutkan setiap atlet yang percayakan oleh masing-masing cabor di event kejuaraan, dan dianggap telah mampu untuk bertanding dan mempertahankan harga diri selaku perwakilan cabor dan nama daerahnya.

Masih menurut Kadispora Simeulue, dengan rutinnya latihan atlet di masing-masing cabor, khususnya pada jenis cabor bela diri nantinya tidak disalahgunakan keahliannya, selain dapat digunakan untuk membela diri serta dapat membantu orang lain yang sedang mendapat ancaman kekerasan fisik dari orang tak dikenal.

“Khusus untuk atlet cabor beladiri termasuk cabor silat, dengan keahlian beladirinya yang mampu melindungi dirinya, juga dimamfaatkan untuk membantu orang lain yang sedang terancam. Saat ini sangat penting keahlian beladiri, sebab banyak potensi kejahatan yang tidak terduga, seperti begal”, pesan Syuhelmi.

Kadispora Simeulue juga kembali mengenang kejayaan Olahraga pada masa lalu, bahwa nama daerahnya perna harum dan tenar baik itu dalam negeri dan luar negeri serta di Asian Games, oleh Cabang Olahraga (Cabor) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Simeulue.

“Kejayaan Cabor Podsi Simeulue harus kita kembalikan, sebab pada masa lalu Podsi ini telah berjasa mengharumkan nama daerah kita dan nama negara kita di event luar negeri. Sehingga saat ini nama podsi simeulue masih dianggap menjadi momok bagi tim dayung dalam negeri dan luar negeri”, tutup Syuhelmi.

Padahal pada masa itu kenang Syuhelmi, dengan peralatan yang sangat minim namun dengan semangat militan para atlet Podsi Simeulue, yang rutin latihan langsung di alam terbuka yakni, di laut Teluk Sinabang, sehingga dengan sering menjajal laut Teluk Sinabang,  beragam prestasi di raih oleh tim Podsi Simeulue .

Diketahui sebelumnya pada masa lalu Podsi Simeulue, selain bertarung di kejuaraan dalam negeri juga telah bertarung di negara tetangga, yakni di Malaysia, Brunei,  Filipina dan Singapura.  Sedangkan salah seorang atlet Podsi Simeulue, perna dipercayakan menjadi pelatih Dayung Asian Games.

Bahkan pihak Pemerintah Aceh, perna menetapkan kalender resmi untuk event Dragon Boat yang sempat digelar sebanyak dua kali di pulau Simeulue, dan terakhir pada masa priode Pemerintahan Gubernur Irwandi Yusuf  dan Wagub Muhammad Nazar, setelah itu event Dragon Boat tidak perna digelar. (ahi/hra)

Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Gandeng Puskesmas Lhok Bengkuang, Rutan Tapaktuan Gelar Penyuluhan Kesehatan

17 April 2024 - 17:58 WIB

Bacalon Bupati Nagan Raya Mulai Bermunculan

16 April 2024 - 15:55 WIB

Pabrik Pengolahan Rotan di Simeulue Terbakar, Kerugian Diperkirakan Capai Rp56 Juta

16 April 2024 - 15:14 WIB

Jelang Lawan Qatar, Tim U-23 Indonesia Semakin Solid

15 April 2024 - 14:54 WIB

Satlantas Polres Simeulue Amankan Puluhan Ranmor Knalpot Brong

14 April 2024 - 20:04 WIB

Kapolres Aceh Jaya Secara Langsung Mengatur Lalu Lintas

13 April 2024 - 14:44 WIB

Trending di NANGGROE BARAT