Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 29 Mar 2024 18:05 WIB ·

Jadi Khatib Jum’at, Tgk. H. Musannif Sanusi Ajak Masyarakat Aceh Besar Dekatkan Diri dengan Alquran


 Ketua Yayasan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Kruengkale Aceh Besar, Tgk. H. Musannif bin Sanusi (MBS) saat menjadi Khatib Shalat Jum’at di Masjid Baburridha Lam Ilie Teungoh Kecamatan Indrapuri Aceh Besar, Jum’at (29/3/2024). FOTO IST Perbesar

Ketua Yayasan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Kruengkale Aceh Besar, Tgk. H. Musannif bin Sanusi (MBS) saat menjadi Khatib Shalat Jum’at di Masjid Baburridha Lam Ilie Teungoh Kecamatan Indrapuri Aceh Besar, Jum’at (29/3/2024). FOTO IST

RAKYAT ACEH | JANTHO – Ketua Yayasan Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Kruengkale Aceh Besar, Tgk. H. Musannif bin Sanusi (MBS) mengajak masyarakat Aceh Besar untuk mendekatkan diri dengan Alquran. Hal itu disampaikannya saat menjadi Khatib Shalat Jum’at di Masjid Baburridha Lam Ilie Teungoh, Kecamatan Indrapuri Aceh Besar, Jum’at, 29 Maret 2024.

Dalam khutbahnya, Tgk. Musannif yang juga Pembina Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) menyebutkan bahwa Alquran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam sehingga kita harus terus berinteraksi dengannya. Apalagi di bulan ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Kitab Suci Alqur’an. Tgk. Musannif menekankan bahwa dengan membaca Alquran itulah menunjukkan bahwa Allah sedang ingin berkomunikasi dengan kita.

“Mari kita manfaatkan sisa-sisa hari di penghujung ramadhan ini dengan memperbanyak membaca Alquran. Jangan pernah kita berpikir pada saat kita tidak membaca Alquran itu terjadi karena kita sedang malas. Tapi ketahuilah, bahwa ketika kita malas membaca Alquran maka itu justru menunjukkan bahwa Allah sedang mau berkomunikasi dengan kita, “ ujar Tgk H. Musannif.

Jadi, tambah Tgk. Musannif, kalau kita ingin dekat dengan Allah Swt, maka dekatilah Alquran. Senantiasalah membaca Alquran dan mentadabburi maknanya karena setiap ayat yang kita baca akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Swt sekaligus meninggikan kedudukan kita disisiNya.

Selain itu, Tgk H. Musannif dalam khutbahnya juga mengulas tentang keutamaan sedekah, apalagi di bulan Ramadhan. Ia mengajak masyarakat Aceh Besar khususnya dan umat Islam umumnya untuk memperbanyak sedekah di bulan ramadhan karena dengan itu akan meninggikan derajat kita di sisi Allah Swt dan diampuniNya dosa-dosa kita sebagai hamba-Nya.

Tgk. H. Musannif yang merupakan cucu ulama besar Aceh Abu Hasan Kruengkale ini juga menyampaikan tentang kalimat “Iyyakana’ budu wa iyyaka nasta’in” yang sering kita baca dalam surah Al Fatihah dan dimana hukumnya wajib dibaca dalam shalat.

Ketika membaca “Iyyakana’ budu wa iyyaka nasta’in” , itu artinya kita Mengakui ke-Esaan Allah. bahwa hanya kepada Allah Swt lah kita beribadah dan hanya kepada Allah Swt saja lah kita meminta pertolongan. Oleh sebab itu, sambung Tgk. H. Musannaif, jika pun kita tidak memahami semua makna dari surah Al Fatihah yang kita baca dalam shalat, maka kita perlu berusaha untuk selalu khusyu’ dalam shalat kita. (ra)

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh Terima Audiensi Pj. Bupati Singkil

16 April 2024 - 14:39 WIB

TRK Siap Bertarung di Pilkada Nagan Raya 2024

13 April 2024 - 13:47 WIB

BFLF Bagikan Manisnya Lebaran, Ratusan Pengungsi Rohingya di Banda Aceh Tersenyum Lebar

12 April 2024 - 18:32 WIB

Ribuan Narapidana di Aceh Terima Remisi Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 22:08 WIB

Pj Bupati Aceh Besar dan Forkopimda Lepas Pawai Takbir Keliling

10 April 2024 - 09:52 WIB

Dandim 0101/Kota Banda Aceh Hadiri Pelepasan Pawai Takbir Keliling Malam Idul Fitri 1445 H

10 April 2024 - 09:49 WIB

Trending di METROPOLIS