Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 3 Apr 2024 19:11 WIB ·

Asisten I Sekdakab Aceh Besar Hadiri Lauching KBN di Gampong Cot Yang Kuta Baro


 Asisten I Sekdakab Aceh Besar, Farhan AP, Kapolresta Banda Aceh, Kombespol Fahmi Irwan Ramli tandatangani MoU Gampong Cot Yang Bebas Narkoba di Halaman Meunasah Gampong Cot Yang, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, Rabu (03/04/2024). FOTO/MC ACEH BESAR Perbesar

Asisten I Sekdakab Aceh Besar, Farhan AP, Kapolresta Banda Aceh, Kombespol Fahmi Irwan Ramli tandatangani MoU Gampong Cot Yang Bebas Narkoba di Halaman Meunasah Gampong Cot Yang, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, Rabu (03/04/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

RAKYAT ACEH |KOTA JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM diwakili Asisten Tata Pemerintahan Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Aceh Besar Farhan AP menghadiri Lauching Kampung Bebas Narkoba (KBN) yang diresmikan oleh Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli SH SIK MSi, di Gampong Cot Yang Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, Rabu (3/4/2024).

Dalam sambutannya, Farhan menyampaikan selamat kepada Gampong Cot Yang satu-satunya gampong di Kecamatan Kuta Baro yang terpilih sebagai KBN. Launching KBN ini, bertujuan guna memberi pemahaman bagi masyarakat gampong, akan ancaman bahaya dan penggunaan narkotika.
“Selain memberikan edukasi, terkait bahaya Narkotika, pemilihan gampong juga bertujuan menumbuhkan rasa kesadaran di masyarakat, sehingga memiliki kemampuan, kemandirian dan sinergitas dengan instansi terkait, dalam pelaksanakan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN),” ujarnya.

Selain itu menurut Farhan, kehadiran Kampung Bebas Narkoba akan memberikan perlindungan yang terbaik bagi masyarakat terutama generasi muda.
“Jadi, dengan hadirnya KBN bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, agar terbentuknya lingkungan yang bebas dari narkoba,” katanya.

Farhan berharap kepada masyarakat, khususnya generasi muda, agar jangan coba- coba untuk menyentuh, apalagi bersanding dengan barang haram tersebut.

Sebab, Narkotika tidak memberi manfaat sama sekali, serta dapat merubah prilaku, merugikan kesehatan, menyebabkan kematian dan berdampak pada sanksi hukum.
“Oleh Karenanya, kami mengajak seluruh masyarakat dan generasi muda, mari bersama- sama melawan Narkotika, serta hidup sehat tanpa Narkoba,” tutur Farhan.

Sementara itu Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Gampong Cot Yang Kecamatan Kuta Baro yang terpilih menjadi salah satu Gampong untuk menjalankan program Kampung bebas Narkoba dari Polri.
“Dengan kita lakukan launching ini, semoga tidak ada lagi pelaku atau pemakai narkoba di gampong ini, dan semoga juga gampong ini bisa menjadi contoh untuk gampong lain,” harapnya.

Menurut Fahmi, pemakai narkoba ini bisa saja terjerumus menjadi korban atau memang langsung jadi pelaku, oleh karena itu dia berharap agar semua pihak bisa bersinergi secara bersama untuk memberantas narkoba.
“Oleh sebab itu mari kita bersama-sama menjaga warga dan anak-anak kita dari narkoba, sehingga gampong kita ini bisa menjadi pioner untuk daerah lain,” tambahnya.

Selain itu Fahmi mengatakan, Launching ini sedianya untuk mempersempit ruang gerak para pemain dan pengedar yang berada disekitar gampong kita, sehingga dengan launching ini tidak ada lagi ruang gerak bagi mereka baik pelaku, pemakai atau pun pengedar dan akan membuat mereka sadar dengan sendirinya.

Karena menurutnya penyalahgunaan dan transaksi narkoba di wilayah hukum Polresta Banda Aceh masih terjadi hingga saat ini. “Maka dari itu, sinergitas Polri bersama masyarakat mewujudkan kampung bebas dari narkoba untuk menyelamatkan generasi bangsa,” ujarnya.

Ia menyebutkan, upaya pencegahan dan penanggulangan pihak Polresta Banda Aceh juga telah membentuk satgas-satgas yang mempunyai peran serta fungsi yang dilakasanakan oleh masyarakat itu sendiri. “Adapun, Satgas-satgas tersebut meliputi dari satgas premtif, satgas preventif dan satgas refresif,” sebutnya.

Ia juga meminta orang tua, khususnya ibu-ibu agar selalu aktif mengecek anaknya sebagai bentuk pengawasan. “Hal ini dilakukan, semata agar anaknya tidak terjerumus ke dalam gelapnya dunia narkotika yang sangat meresahkan selama ini,” tutur Fahmi Irwan Ramli.

Ia menjelaskan, KBN ini juga wujud komitmen bersama seluruh stakeholder dalam memberantas narkoba yang sudah dikategorikan sebagai extra ordinary crime yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Karena, sudah banyak pelaku yang ditangkap, bahkan ada yang divonis mati, tetapi tidak menyurutkan niat para pelaku untuk berhenti dan meninggalkan dunia narkoba.
“Diperlukan strategi baru dalam memberantas narkoba. Salah satunya dengan membentuk dan meluncurkan Kampung Bebas Narkoba. Selain itu, getolnya kampanye bahaya narkoba juga diharapkan dapat membantu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak terlibat,” paparnya.

Disamping itu, masih ditempat yang sama, Keuchik Gampong Cot Yang Muhammad Jamil mengatakan persoalan narkoba ini tidak hanya memengaruhi masyarakat biasa, namun menurutnya juga telah memengaruhi semua elemen bahkan pejabat pun bisa terlibat.

Oleh karena itu dia menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkomitmen untuk menjadikan Gampong Cot Yang sebagai KBN.
“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkomitmen menjadikan Gampong Cot Yang sebagai KBN, semoga dengan dukungan semua pihak ini bisa menjadikan gampong kami benar-benar terbebas dari narkoba,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu, Dandim 0101/KBA, Ka BNNP Aceh diwakili Kabid Pencegahan, Kasi Intel Kejari Aceh Besar, Camat dan Forkopimcam Kuta Baro, Imum Mukim Lamrabo, Forum Kechik Kuta Baro serta undangan lainnya.(ra)

 

Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Hari pertama kerja usai libur Lebaran, 34 ASN Pemkot Banda Aceh alpa

17 April 2024 - 16:02 WIB

Haji Uma Belum Putuskan Maju di Pilkada Mendatang

17 April 2024 - 15:40 WIB

Dubai Banjir Bandang Parah! Ilmuan Sebut Penyebabnya karena Ini

17 April 2024 - 14:52 WIB

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:56 WIB

Sekda Simeulue: 90 Persen Pegawai Sudah Aktif

16 April 2024 - 17:23 WIB

Operasi Ketupat Seulawah 2024 Berhasil Turunkan Angka Kecelakaan

16 April 2024 - 17:08 WIB

Trending di UTAMA