Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 14 Apr 2024 15:54 WIB ·

Berikan Bantuan, Pasukan AS dan Inggris Tembak Jatuh Drone Iran


 Berikan Bantuan, Pasukan AS dan Inggris Menembak Jatuh Drone Iran di Yordania, Suriah, dan Irak. (Sumber foto: Ronen Zvulun/Reuters) Perbesar

Berikan Bantuan, Pasukan AS dan Inggris Menembak Jatuh Drone Iran di Yordania, Suriah, dan Irak. (Sumber foto: Ronen Zvulun/Reuters)

HARIANRAKYATACEH.COM – Ketika serangan massal drone dan rudal jelajah Iran mendekati perbatasannya, Israel mengerahkan jet tempurnya untuk mencegat proyektil yang masuk dan upaya tersebut didukung oleh mitranya.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (14/4), koalisi yang dibentuk secara tergesa-gesa termasuk AS dan Inggris telah membantu Israel menembak jatuh pesawat tak berawak Iran di Yordania, Irak, dan Suriah.

Joe Biden mengatakan AS telah membangun pasukannya menjelang serangan yang disiarkan secara luas melalui telegram, dan bala bantuan tersebut telah membuahkan hasil.

“Atas arahan saya, untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir,” kata Biden dalam keterangan tertulisnya.

“Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari prajurit kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk,“ tambahnya.

Jet tempur Angkatan Udara Kerajaan dan pesawat pengisian bahan bakar juga terlibat, lepas landas dari pangkalan di Siprus.

 

Peran mereka, menurut Kementerian Pertahanan, adalah untuk menggantikan Angkatan Udara AS dalam serangan melawan ISIS yang biasanya dilakukan di Irak dan Suriah timur laut, namun juga untuk mencegat drone Iran jika mereka memasuki wilayah Inggris.

“Sebagai respons terhadap meningkatnya ancaman Iran dan meningkatnya risiko eskalasi di Timur Tengah, pemerintah Inggris telah bekerja sama dengan mitra di seluruh kawasan untuk mendorong deeskalasi dan mencegah serangan lebih lanjut,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan.

“Kami telah memindahkan beberapa jet tambahan Angkatan Udara Kerajaan dan tanker pengisian bahan bakar udara ke wilayah tersebut,” tambahnya.

Baca Juga: Angkatan Udara Yordania Menembak Jatuh Drone Iran yang Masuk ke Wilayah Israel

Hal ini akan mendukung Operasi Shader, yang merupakan operasi kontra-Daesh yang dilakukan Inggris di Irak dan Suriah.

Editor: Nicolaus Ade

Sumber: The Guardian

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Palestina minta Dewan Keamanan PBB lindungi Gaza

30 May 2024 - 14:45 WIB

Biadab! Sudah Tewaskan Puluhan Nyawa, Israel Bantah Serang Tenda-Tenda Pengungsi di Rafah

29 May 2024 - 15:14 WIB

Serangan Israel ke Rafah kacaukan upaya gencatan senjata di Gaza

28 May 2024 - 15:12 WIB

Spanyol: Tindakan diplomatik terbaru Israel ‘memalukan dan keji’

27 May 2024 - 14:43 WIB

Siaga! Jerman Menyatakan Siap Tangkap Benjamin Netanyahu

24 May 2024 - 16:55 WIB

Kecelakaan Helikopter Tewaskan Presiden Iran Ebrahim Raisi, Mungkinkah Sabotase Israel?

20 May 2024 - 19:17 WIB

Trending di INTERNASIONAL