Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

LASKAR RENCONG · 22 Apr 2024 23:07 WIB ·

AFA Gelar Rakerda, Ketua Pelatda PON KONI Aceh ‘Bakar’ Semangat Pemain Futsal


 AFA Gelar Rakerda, Ketua Pelatda PON KONI Aceh ‘Bakar’ Semangat Pemain Futsal Perbesar

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – Asosiasi Futsal Aceh (AFA) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2024, di Pitstop IMBI, Lhong Raya, Banda Aceh, Senin (22/4/2024) siang.

Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut membahas sejumlah penting, di antaranya pembentukan Tim Manajemen PON 2024 serta rencana pelaksanaan Liga Futsal Nusantara (LFN) tahun 2024.

Hadir dalam Rakerda tersebut, Ketua Pelatda PON KONI Aceh, Bakhtiar Hasan yang juga merupakan Wakil Ketua Umum KONI Aceh Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres).

Hadir juga Ketua Umum Asosiasi Futsal Aceh, Dr Ir Muhammad Zulfri, ST, MM, MT, IPM, Kadispora Banda Aceh yang juga Exco AFA, Reza Kamilin, S.STP, dan Sekretaris Umum (Sekum) AFA, Saifullah, ST yang juga bertindak sebagai moderator dalam kegiatan itu.

Peserta Rakerda itu sendiri terdiri jajaran pengurus Asosiasi Futsal Aceh, baik yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar, juga ada yang berasal dari kabupaten/kota di Aceh.

Tak ketinggalan para pemain yang tergabung dalam Tim Futsal PON Aceh 2024, juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pelatda PON XXI/2024 KONI Aceh, Bakhtiar Hasan sempat ‘membakar’ semangat juang para pemain yang tergabung dalam Tim Futsal PON Aceh.

Di hadapan para pemain dan pengurus AFA, Bakhtiar Hasan memaparkan secara gamblang pelaksanaan Pelatda PON 2024 oleh KONI Aceh.

“Ada dua kategori Pelatda PON, pertama sentralisasi di mana semua biaya Pelatda ditanggung KONI Aceh. Kedua desentralisasi, di mana pada kategori ini KONI Aceh membantu uang saku para atlet,” urai Ketua Pelatda PON Aceh 2024.

Ia menerangkan, penentuan cabang olahraga masuk Pelatda sentralisasi maupun desentralisasi berdasarkan prestasi cabor di ajang tingkat nasional, seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) maupun Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

“Cabang-cabang yang meraih medali emas di PON dan Kejurnas resmi, masuk kategori pertama alias sentralisasi. Di mana Pelatda untuk kategori ini sudah diluncurkan sejak 15 Januari 2024 lalu,” urainya.

“Sedangkan untuk cabor yang belum berprestasi di tingkat PON dan Kejurnas, masuk program Pelatda desentralisasi. Kebanyakan kategori ini cabor beregu seperti futsal dan sepakbola,” papar Bakhtiar Hasan.

Meski masuk kategori desentralisasi, Bakhtiar Hasan menekankan agar para pemain tak berkecil hati, tapi justru harus makin terbakar motivasinya untuk berprestasi di PON 2024.

“Tunjukkan bahwa kalian juga bisa menyumbang medali untuk Aceh di PON nanti. Tanamkan dalam hati bahwa Futsal Aceh juga mampu berbicara banyak di level nasional,” tukas Bakhtiar Hasan membakar semangat pemain.

“Jika ini bisa kalian lakukan, maka ke depan futsal akan menjadi cabor prioritas di KONI Aceh,” tandasnya.

Sedangkan Ketua Umum AFA, Dr M Zulfri menyatakan, meski cuma masuk kategori keempat atau Pelatda desentralisasi, namun pemusatan latihan Tim Futsal PON tetap dilakukan secara maksimal.

“Hal ini kita buktikan dengan merekrut pemain-pemain terbaik dari seantero Aceh. Bahkan, kita juga mengontrak pelatih level nasional untuk menggenjot fisik dan skill Tim Futsal PON Aceh,” tukas M Zulfri.

“Padahal, pelatih nasional itu tidak masuk tanggungan KONI Aceh lantaran cabor futsal tidak masuk Pelatda sentralisasi. Tapi demi bisa berprestasi di PON 2024 nanti, kita tetap rekrut pelatih kaliber nasional walau harus secara mandiri,” terangnya.

Di sisi lain, lanjut Warek III Unsam ini, untuk optimalisasi pelaksanaan pemusatan latihan, AFA juga sudah membentuk Tim Manajemen Pelatda PON 2024 yang berisikan orang-orang kompeten di bidangnya.

“Tim manajemen ini oleh Presiden Klub Satoe Atjeh, Edi Darman selaku manajer, dibantu Kadispora Banda Aceh yang juga Exco AFA, Reza Kamilin, S.STP sebagai wakil manajer,” beber Ketua Umum AFA.

“Di tangan kedua orang ini dan dibantu sejumlah orang lainnya yang sudah teruji kapasitasnya, saya optimis Tim Futsal Aceh bisa berbicara banyak di PON 2024 nanti,” pungkas Dr M Zulfri. (rif)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pemain asal Aceh, Ramadhan Gabung Semen Padang FC

28 May 2024 - 17:34 WIB

Persiraja Mulai Ancang-ancang Persiapan Kompetisi Musim Depan

21 May 2024 - 12:09 WIB

Tim Sepakbola PON Aceh Gelar Ujicoba di Aceh Utara

17 May 2024 - 20:49 WIB

Pelatih Timnas Futsal Timor Leste, Tangani Tim Futsal Asal Aceh

9 May 2024 - 15:40 WIB

Dukung Timnas, Pj Bupati Syakir Ajak Pimpinan OPD dan Masyarakat Nobar

29 April 2024 - 16:52 WIB

Hadapi Liga 3 Nasional, PSBL Langsa Dilepas Menuju Pekalongan

27 April 2024 - 18:46 WIB

Trending di LASKAR RENCONG