Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 28 Apr 2024 17:21 WIB ·

Pemkab Aceh Besar Kembali Gelar Aksi 1 Jam Pungut Sampah di Pantai Lampuuk


 Sejumlah warga bersama DLH Aceh Besar dan Polresta Aceh Besar memungut dan bakar sampah dalam aksi 1 jam pungut samapah di Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, (28/04/2024). FOTO/MC ACEH BESAR Perbesar

Sejumlah warga bersama DLH Aceh Besar dan Polresta Aceh Besar memungut dan bakar sampah dalam aksi 1 jam pungut samapah di Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, (28/04/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

RAKYAT ACEH | KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar kembali mengambil langkah nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan, dengan menggelar Aksi 1 Jam Pungut Sampah di sepanjang pesisir Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (28/4/2024) pagi.

Kegiatan dan aksi berkelanjutan ini diinisiasi oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM hampir dua tahun terakhir, sebagai bagian dari upaya pemulihan ekosistem pantai dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta fasilitas publik. Selain itu juga menjadi penarik bagi lokasi rekreasi dan wisata dikunjungi warga, sehingga meningkatkan geliat ekonomi pelaku wisata.

Pada kesempatan itu, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Besar Muwardi SH menyampaikan, pentingnya kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan pantai, sebagai warisan alam yang perlu dilestarikan. “Kegiatan ini tidak hanya sekadar membersihkan sampah, tetapi juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan,” ujarnya.

Muwardi juga menekankan pentingnya peran serta aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kita semua harus bersinergi dalam menjaga kebersihan lingkungan, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, Muwardi yang akrab disapa Keuchik Adi mengungkapkan, usai pelaksanaan aksi 1 jam pungut sampah tersebut DLH Aceh Besar akan melakukan penempatan tong sampah kontainer di dua lokasi di Kecamatan Lhoknga, yakni di Gampong Mon Ikeun dan kawasan Pulo Kapok.

Menurutnya, langkah tersebut merupakan upaya konkret untuk mengatasi permasalahan sampah di wilayah tersebut. Dengan adanya tong sampah kontainer, diharapkan masyarakat dapat lebih mudah dan tertib dalam membuang sampah serta dapat meminimalisir timbulnya tumpukan sampah liar.

“Usai kegiatan ini kita akan menempatkan dua tong sampah kontainer di dua lokasi, yakni di Gampong Mon Ikeun dan kawasan Pulo Kapok. Penempatan ini juga untuk mempermudah masyarakat dan tertib dalam membuang sampah,” tandas Keuchik Adi.

Selain dihadiri oleh Kepala DLH Aceh Besar Muwardi SH, juga ikut ambil bagian Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Aceh Besar Fazlun SH MT, Kadis Kesehatan Anita SKM MKes, Plt Kadisnakertrans Irwansyah SH, Wakapolres Aceh Besar dan jajarannya, personil Pos TNI AL Lhoknga, para pejabat dan ASN di lingkungan Pemkab Aceh Besar, Forkopimcam Lhoknga, serta para pedagang di Pantai Lampuuk.(ra)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Sumur Minyak Ilegal di Alue Canang Terbakar

30 May 2024 - 23:06 WIB

Setelah PNA, Kini Giliran Demokrat Rekom Salman Alfarisi sebagai Bakal Calon Bupati Abdya 

30 May 2024 - 21:44 WIB

Pj Bupati Aceh Besar Hadiri Peresmian Gedung Landmark BSI Aceh

30 May 2024 - 19:29 WIB

Biaya Rumah Sakit Korban Penusukan asal Pidie Tidak Ditanggung BPJS, Haji Uma Soroti Kehadiran LPSK di Aceh

30 May 2024 - 18:24 WIB

Resmikan Green Building BSI Aceh, Wapres Minta Jadi Poros Penggerak Pertumbuhan Ekonomi

30 May 2024 - 14:51 WIB

Palestina minta Dewan Keamanan PBB lindungi Gaza

30 May 2024 - 14:45 WIB

Trending di INTERNASIONAL