Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 29 Apr 2024 17:23 WIB ·

Ketua Apdesi Aceh Jaya, Keuchik Studi Keluar Daerah Mencari Ilmu


 Ketua Apdesi Aceh Jaya, Keuchik Studi Keluar Daerah Mencari Ilmu Perbesar

RAKYAT ACEH | CALANG – Sejumlah kepala Desa serta Sekretaris Desa akan melaksanakan Study keluar Daerah dengan pagu anggaran senilai Rp34 juta melalui Edu Training and Healing Indonesia.

Perihal tersebut dikatakan, Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) Aceh Jaya, Saputra mengungkapkan, Kegiatan study itu belum dipastikan kapan dan apakah semua desa di aceh jaya akan ikut serta namun dari bukti setoran kegiatan itu akan dihadiri oleh dua orang per desa yaitu kepala desa (keuchik) dan sekretaris desa (sekgam).

kegiatan seperti ini bukanlah kali pertama dilakukan oleh keuchik di aceh jaya sudah hampir setiap tahun, namun pernah dibatalkan oleh kepala daerah setempat, meski demikian kegiatan tersebut sudah pernah dilaksanakan beberapa kali oleh keuchik ke berbagai Daerah luar Aceh. Katanya Minggu 28 April 2024

Kita melihat dari beberapa kali kegiatan yang sudah pernah dilakukan tersebut tidak ada feedback apapun yang menguntungkan desa, malah kegiatan tersebut terkesan sia-sia yang hanya menghambur-hamburkan uang negara.

Oleh karena itu kita meminta kepala daerah dalam hal ini Pj. Bupati aceh jaya untuk membatalkan kegiatan tersebut, dan pj bupati selaku kepala daerah harus bersikap tegas atas rencana-rencana seperti itu yang dipastikan tidak ada manfaat apapun untuk desa.

Dan kita meminta Pj. bupati memanggil dinas terkait yang membidangi pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa, serta Inspektorat untuk memastikan sistem pengelolaan keuangan desa harus dikelola dan difungsikan sesuai dengan kebutuhan desa bukan kepentingan kepala desa.

Kita belum bisa memastikan siapa yang mengkoordinir kegiatan ini, jika kegiatan seperti ini yang hanya menguntungkan kelompok tertentu setiap tahun direncanakan di aceh jaya ada keterlibatan oknum dari forum keuchik (apdepsi) aceh jaya maka kita minta aparat penegak hukum menindak tegas oknum tersebut.

Jangan berbisnis dengan dana Desa yang hanya menguntungkan diri pribadi atau kelompok tertentu, namun kesejahteraan masyarakat di korbankan.

Kami minta kepada forum keuchik lebih fokus pada BUMDESMa pasalnya dana desa yang dikumpulkan melalui wadah forum keuchik untuk kegiatan Bumdes Bersama aceh jaya yang sudah berjalan beberapa tahun terkesan jalan ditempat padahal nilainya tidak sedikit, Tegas Putra

Secara terpisah Ketua Apdesi (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Aceh Jaya Teuku Ali Munir Kepada Rakyat Aceh, dirinya membenarkan terkait keuchik dan sekdes ingin melaksanakan berkunjung keluar Daerah.

“semua itu inisiatif kepala desa yang punya hak dan kewenangan nya untuk mengatur anggaran di desa sesuai dengan kebutuhan dan juga keuchik ada hak selaku pemerintah desa untuk mengatur menyusun sesuai dengan ketentuan yang berlaku program tersebut direncanakan semua itu keinginan keuchik/kepala Desa sejak awal sudah dimasukan dalam rancangan program dalam APBG/APBDes.”katanya

Dirinya menambahkan, berkaitan dengan program tersebut tidak ada sangkut paut dengan oknum manapun ini murni hak dan kewenangan desa sesuai dengan peraturan undang undang tentang desa sebagai semua sudah ada regulasinya termasuk peningkatan kapasitas pemerintah desa/Gampong Menurut saya masalah study keluar daerah sangai. penting untuk menambah pengalaman dan wawasan kechik/kepada desa dalam menjalankan tugas di desa masing sesuai dengan kebutuhan.

“Saya selaku ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Jaya sangat berdukung apapun langkah langkah yang diambil oleh kepala desa selama tidak bertentangan dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku, dan saya secara pribadi tidak dapat menghalangi semua program yang ingin dijalankan di tingkat Desa,”

Perlu diketahui semua Desa memiliki hak secara otonom untuk merancang seluruh program, saya berharap kepada semua pihak perlu kita suport para Keuchik agar keuchik/Kades dalam mencari ilmu agar dapat menambah wawasan demi Indonesia maju Aceh makmur kita bangun kota dari desa. Tutup Munir. (hen/hra)

Artikel ini telah dibaca 143 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Balon Bupati Amiruddin Bertemu Sekretaris DPD Gerindra Aceh

28 May 2024 - 19:18 WIB

Puluhan Kendaraan Terjaring Razia Rutin

28 May 2024 - 14:44 WIB

Tuntas Pantai Bubon, Kurdi Lanjut Pekerjaan Jalan Tugu Teuku Umar 

27 May 2024 - 08:42 WIB

Dukungan Masyarakat Terus Mengalir untuk Balon Bupati Aceh Barat Amiruddin 

25 May 2024 - 20:21 WIB

Satlantas Polres Aceh Jaya Tindak Tegas Pelanggaran Lalulintas

24 May 2024 - 18:41 WIB

Amiruddin Didaftarkan Menjadi Kader Gerindra

23 May 2024 - 16:30 WIB

Trending di NANGGROE BARAT