Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 6 May 2024 15:14 WIB ·

Hamas Minta Jusuf Kalla Memediasi Upaya Perdamaian Israel-Palestina


 Anggota delegasi Jusuf Kalla (JK), Hamid Awaludin, mengatakan bahwa Hamas meminta wakil presiden ke-10 dan 12 Indonesia tersebut untuk memediasi upaya mengakhiri konflik di Palestina. (ANTARA/HO-Delegasi Jusuf Kalla) Perbesar

Anggota delegasi Jusuf Kalla (JK), Hamid Awaludin, mengatakan bahwa Hamas meminta wakil presiden ke-10 dan 12 Indonesia tersebut untuk memediasi upaya mengakhiri konflik di Palestina. (ANTARA/HO-Delegasi Jusuf Kalla)

Harianrakyataceh.com – Hamas meminta wakil presiden ke-10 dan 12 Indonesia Jusuf Kalla, untuk memediasi upaya mengakhiri konflik di Palestina. Ihwal adanya hal ini dikatakan Anggota delegasi Jusuf Kalla (JK), Hamid Awaludin, melalui keterangan persnya di Kuala Lumpur, Senin (6/5).

Dikutip dari Antara, Hamid mengatakan pihak-pihak yang bertikai meminta Jusuf Kalla untuk bisa memediasi kedua belah pihak. Hal ini penting dilakukan agar mengakhiri kekerasan yang telah berlangsung selama tujuh bulan terakhir tersebut.

Dalam upaya mendamaikan Palestina-Israel tersebut, JK bertemu dengan delegasi Hamas Palestina yang dipimpin Pejabat Biro Politik sekaligus Wakil Kepala Urusan Internasional Hamas Dr. Bassem Naim.

Salah satu fokus dalam pembicaraan itu adalah terkait upaya menghentikan aksi kekerasan yang mengorbankan masyarakat sipil secara masif.

Hamid mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Naim membeberkan aksi pembantaian yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina di Gaza dengan melakukan genosida.

“Dunia pun sudah mengutuk tindakan kejam Israel tersebut, kecuali Amerika Serikat. Namun, seperti yang kita tahu Presiden AS Joe Biden dan PM Israel Benjamin Netanyahu kewalahan sendiri menghadapi rakyatnya yang memprotes tindakan pemerintah Israel,” kata dia.

Pertemuan yang relatif tertutup itu berlangsung di sebuah daerah di luar Kuala Lumpur pada Minggu (5/5) malam. Diskusi dengan Hamas tersebut berlangsung selama sekitar tiga jam.

Pertemuan itu disebutkan bermula ketika salah satu pimpinan Hamas menghubungi Hamid Awaludin, yang juga mantan Menkumham RI, untuk dapat mengatur pertemuan dan diskusi mereka dengan JK pada Minggu (5/5) di tempat yang telah ditentukan.

 

Hamid mengatakan bahwa upaya untuk mengakhiri konflik secara permanen antara Israel dan Palestina sebenarnya sebelumnya telah dilakukan oleh JK bersama tim pada Juli dan pertengahan Oktober 2023.

Namun, pembicaraan sempat terhenti akibat serangan yang dilakukan Hamas pada 7 Oktober 2023.

 

Editor: Kuswandi

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Disdik Gelar Rapat Koordinasi dengan MPD: Kolaborasi Menuju Pendidikan Aceh yang Lebih Baik

29 May 2024 - 10:43 WIB

Kadisdik Tinjau Pelaksanaan PPDB di SMAN 4 Banda Aceh

29 May 2024 - 10:39 WIB

Pemerintah Aceh Komit Dorong Pemilihan Gubernur yang Demokratis

28 May 2024 - 23:13 WIB

Kemensos Gelar Isbat Nikah 176 Pasangan Lanjut Usia

28 May 2024 - 23:00 WIB

Empat Anak Warga Miskin asal Simuelue Alami Gangguan Jantung, Kini Dirujuk ke Jakarta dan Dibantu Haji Uma

28 May 2024 - 22:24 WIB

Warga Temukan Mayat Mengapung di Krueng Meureudu, Korban Warga Manyang Cut

28 May 2024 - 19:37 WIB

Trending di UTAMA