Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 15 May 2024 11:44 WIB ·

BPS ACEH Kembangkan Komunitas Untuk Akselerasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik


 BPS ACEH Kembangkan Komunitas Untuk Akselerasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Perbesar

RAKYAT ACEH | BPS ACEH, Selasa, 14 Mei 2024 – Dalam rangka mengakselerasi kualitas penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya pengguna data, BPS Aceh mengundang para pakar dalam Diskusi Kelompok Terpumpun/DKT Pengawasan Penyelenggaraan Publik BPS Provinsi Aceh. DKT dilaksanakan di Sharing Room lantai 1 BPS Aceh.

Para pakar dalam DKT mewakili akademisi dari perguruan tinggi, himpunan profesi Ikatan Statistisi Indonesia (ISI) Aceh, dan lembaga/dinas terkait seperti Ombudsman, Bappeda, Komisi Informasi Aceh, dan Kadin Aceh.

Hadir bersama Prof Dr Rustam Effendi, SE. M.ECon, Prof Dr Syamsul Rijal, M.Ag, Saiful Mahdi Phd, Teuku Jailani SE, Dr Ishtafan, M. Iqbal Bappeda Aceh, M Arman KKI Aceh dan perwakilan Ombudsman Aceh serta para pelaksana teknis terkait BPS Aceh.

Kepala BPS Aceh, Ahmadriswan Nasution, membuka DKT dengan menyampaikan paradigma pelayanan publik saat ini yang beralih menjadi “mendatangi masyarakat” dari semula “didatangi masyarakat”. Lebih lanjut, Ahmadriswan mengurai bentuk mendatangi masyarakat ini tak selalu dalam bentuk kunjungan fisik, tetapi melalui cara yang kreatif dan menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

Untuk mengakselerasi penyelenggaraan pelayanan publik ini, Ahmadriswan menekankan urgensi pengawasan melalui pemeriksaan (audit) eksternal. “Audit eksternal lebih legitimate (diakui, ed) dibandingkan audit internal,” jelasnya.

Selama sesi DKT, para pakar memberi masukan konstruktif mengenai upaya terukur dan sistematis pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik. Termasuk pembentukan dan struktur tim, prosedur, dan objek penyelenggaraan publik yang masuk dalam ranah pengarahan, pengawasan, dan pemeriksaan oleh pihak eksternal. Tak luput juga perlunya pelibatan pihak-pihak terkait lainnya yang mewakili kelompok pengguna data berbeda.

Kegiatan DKT ini merupakan upaya BPS Aceh dalam mengakselerasi transformasi pelayanan publik. Hal ini semakin mengukuhkan komitmen BPS Aceh untuk berkontribusi nyata menjadi bagian dari solusi bagi kemajuan di Aceh.

#BPSAceh #PelayananPublik
#KADINAcehbangkit
#inklusif #kolaboratif #progresif

Artikel ini telah dibaca 52 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Aceh Butuh Pemimpin Pro Syari’at Islam

29 May 2024 - 14:23 WIB

Sampaikan Visi Misi di Demokrat Aceh, TRK Ingin Bangun Infrastruktur PAD

29 May 2024 - 14:06 WIB

ISBI Aceh Siap Selenggarakan Peksimida, Ada 16 Tangkai Lomba

29 May 2024 - 13:59 WIB

ISAD dan Tu Sop Jeunieb Peusijuek Guru Besar UIN Ar-Raniry

28 May 2024 - 22:19 WIB

Amiruddin Tandatangani NPHD Dengan Polresta dan Dandim 0101/KB

28 May 2024 - 19:40 WIB

Gantikan Hendra Budian, TRK lantik Aramiko Aritonang Jadi Anggota DPR Aceh

27 May 2024 - 20:23 WIB

Trending di METROPOLIS