Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 17 May 2024 19:09 WIB ·

Anggota Panwaslih di Aceh Diminta Segera Lakukan Penyesuaian Diri Sesuai Tahapan Pilkada

  Sejumlah anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) kabupaten/kota  mengikuti pembacaan sumpah saat pelantikan di Banda Aceh Perbesar

Sejumlah anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) kabupaten/kota mengikuti pembacaan sumpah saat pelantikan di Banda Aceh

BANDA ACEH l RAKYATA ACEH – Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja melantik dan mengambil sumpah anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwslih) se Aceh di Banda Aceh, secara virtual, Jumat (17/5).

Adapun sembilan Kabupaten/kota tersebut yakni, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Aceh Tengah, Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Pidie Jaya, Bireuen dan Kota Banda Aceh.

Panwaslih se Aceh yang dilantik tersebut bertugas mengawasi pelaksanaan pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh serta pemilihan 18 bupati dan wakil bupati, serta lima wali kota dan wakil wali kota pada 27 November 2024.

Ketua Panwaslih Aceh, Muhammad Ali meminta anggota Panwaslih Kabupaten/kota untuk segera menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada, mengingat saat ini sedang berjalan tahapan Pilkada. Ia juga mengingatkan, setelah dlantik dan di SK-kan oleh Bawaslu, maka semua komisioner Panwaslih kabupaten/kota akan mengikuti mekanisme dan aturan yang dikeluarkan oleh Bawaslu.

“Setelah dilantik para anggota komisioner Panwaslih akan mengikuti pembekalan atau bimbingan teknis. Setelah ini kami akan tunggu undangan untuk melakukan bimbingan teknis tersebut,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini ada 14 kabupaten/kota lainnya yang sedang berproses rekrutmen, dan fit and proper tes di Pansel, selanjutnya akan menyusul pelantikan.

“Karena sekarang ini ada jadwal penerima untuk calon perseorangan, maka kami rasa sudah mendesak untuk bagi pengawasan disetiap kabupaten/kota. Maka kami harapkan DPRK untuk melakukan pembentukan Komisioner di kabupaten/kota masing-masing. Kami menargetkan bulan Mei akan selesai semua,” ujarnya.

Muhammad Ali menerangkan, adapun proses pembentukan Panwaslih merujuk pada Undang-Undang Aceh nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh. Panwaslih kabupaten kota di Aceh beranggotakan lima orang. Panwaslih hanya bertugas mengawasi pelaksanaan pilkada di Provinsi Aceh. Namun sebatas perekrutan oleh UU dilakukan DPRK melalui pansel. (hra)

 

Artikel ini telah dibaca 84 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Bupati Aceh Besar Bekali Mahasiswa KKN USK

22 June 2024 - 17:53 WIB

Pemko Banda Aceh akan Intensifkan Penertiban Gepeng

22 June 2024 - 14:22 WIB

Memperingati HANI 26 Juni 2024, Kepala.BNNP Aceh Ajak Pasang Papan Bunga di Tempat Umum

22 June 2024 - 10:34 WIB

MIN 36 Aceh Besar Juara 2 Nasional Kantin Sehat

21 June 2024 - 17:32 WIB

Kadisdik Aceh Kunjungi ARC USK Bahas Kerjasama Pembinaan Siswa SMK dan SMA

21 June 2024 - 16:49 WIB

Kasdim 0101 Kota Banda Aceh Ikuti Technical Meeting Lomba Kampung Pancasila

21 June 2024 - 15:27 WIB

Trending di METROPOLIS