Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE TIMUR · 19 May 2024 17:18 WIB ·

Anak Eks Kombatan GAM Datangi Kejari Bireuen


 Kajari Bireuen, Munawal Hadi memberikan penerangan hukum kepada pengurus JASA Bireuen di kantor kejaksaan setempat, Kamis (16/5).
AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH Perbesar

Kajari Bireuen, Munawal Hadi memberikan penerangan hukum kepada pengurus JASA Bireuen di kantor kejaksaan setempat, Kamis (16/5). AKHYAR RIZKI RAKYAT ACEH

RAKYATACEH | BIREUEN – Anak eks kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang tergabung dalam Jaringan Aneuk Syuhada Aceh (JASA) Wilayah Bate Iliek Bireuen, mendatangi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bireuen, Kamis (16/5).

Kunjungan puluhan anak eks tentara bangsa Aceh masa konflik itu ke kejaksaan, guna mengikuti kegiatan penerangan hukum yang diberikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Munawal Hadi SH MH.

Turut hadir pada kegiatan itu, Kajari Bireuen, Kasi Intel Intelijen Abdi Fikri, Ketua DPW JASA Mauliadi, serta sejumlah 23 orang anggota JASA Bireuen.

Abdi Fikri, Kasi Intelijen Kejari Bireuen yang menjadi moderator dalam acara tersebut menyampaikan, penerangan hukum adalah kegiatan yang dilakukan oleh Kejaksaan di seluruh Indonesia.

“ebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2004 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2021 tentang Kejaksaan, yang diantaranya menyebutkan mengenai tugas dan fungsi Kejaksaan,” sebut Abdi.

Selanjutnya, Kajari Bireuen mengucapkan selamat datang kepada seluruh anggota JASA Bireuen dan berterimakasih karena telah bersedia datang ke kantor kejaksaan.

Kajari Bireuen menyampaikan, kejaksaan selalu terbuka untuk menyambut seluruh masyarakat yang ingin menyampaikan keluh kesahnya terhadap permasalahan hukum yang ada di desa maupun di Kabupaten Bireuen.

“Perlu kami sampaikan kepada anggota JASA Bireuen bahwa kami berharap bisa berkolaborasi dengan JASA, JASA diharapkan mampu menjadi duta hukum bagi masyarakat dan memberikan kontribusi agar masyarakat memahami hukum dan aturan yang berlaku di Republik Indonesia, sehingga terhindar dari perbuatan yang melawan hukum,” sebut Munawal Hadi.

Kajari menambahkan, JASA sebagai anak mantan kombatan GAM sebaiknya berupaya membuat jaringan yang luas sehingga mempermudah dalam segala urusan, baik dalam urusan hukum, perekonomian masyarakat maupun urusan peningkatan SDM.

“Kami dari kejaksaan bersedia membantu anggota JASA manakala diperlukan dalam membantu permasalahan hukum masyarakat,” pungkas orang nomor satu di kantor Kejaksaan Bireuen itu.

Sementara itu, Ketua DPW JASA Bireuen sependapat dengan apa yang disampaikan oleh kajari bahwa untuk kemajuan JASA harus dengan pemikiran bukan dengan kekerasan apalagi perbuatan yang bertentangan dengan aturan.

“Sudah saatnya JASA membangun koneksi dengan semua pemangku kepentingan sehingga anak eks kombatan GAM akan lebih mudah berkembang,” sebut Tgk Mauliadi.

Di akhir pertemuan, Kajari Bireuen turut membagikan nomor telepon selulernya kepada anggota JASA yang hadir dengan tujuan untuk mempermudah akses berkonsultasi dengannya. (akh)

Artikel ini telah dibaca 5,998 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Diibaratkan Sebagai PSSB Baru, Pj Bupati Bireuen Siap Dukung Tim Juang Fc

14 June 2024 - 20:39 WIB

Mukhlis Takabeya Salurkan Zakat untuk 1.250 Fakir Miskin

14 June 2024 - 17:32 WIB

Waled Nuruzzahri Silaturahmi ke LPI Ummul Mahabbah

14 June 2024 - 11:45 WIB

Dr. Muslem MA Bahas Toleransi Beragama di Aceh dalam Forum Diskusi CSCR UIN Jakarta

13 June 2024 - 22:13 WIB

Pemkab Pidie Jaya Salurkan Bantuan Sosial Fakir Miskin dan Yatim Piatu

13 June 2024 - 17:01 WIB

RA Tgk Lampucok Ulee Gle Lepas 50 Siswa

12 June 2024 - 15:46 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR