Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 29 May 2024 20:22 WIB ·

Raih Juara Satu NSDC Tingkat Provinsi, Siswa Banda Aceh Tampil di Nasional


 Sekdisdik, Fachrial S.Pt., M.Si foto bersama dengan para juara lomba Nasitional Schools Debating Championship (NSDC) jenjang SMA yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Rabu (29/5/2024). FOTO IST 
Perbesar

Sekdisdik, Fachrial S.Pt., M.Si foto bersama dengan para juara lomba Nasitional Schools Debating Championship (NSDC) jenjang SMA yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Rabu (29/5/2024). FOTO IST

BANDA ACEH – Tiga orang siswa dari Kota Banda Aceh berhak tampil ke tingkat nasional. Pasalnya, mereka keluar sebagai juara satu tingkat provinsi pada lomba Nasitional Schools Debating Championship (NSDC) jenjang SMA yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh.

Kegiatan lomba yang diikuti 23 kabupaten/kota itu berlangsung selama dua hari, dari tanggal 28 sampai 29 Mei 2024 di Aula Disdik Aceh.

Kadisdik Aceh, Marthunis, S.T., D.E.A diwakili Sekdisdik, Fachrial S.Pt., M.Si pada saat penutupan, Rabu (29/5) menyampaikan, saat ini komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai bahasa, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa asing dan kemampuan berkomunikasi harus didukung dengan kemampuan analitis serta berpikir kritis.

“Kompetisi debat bahasa asing yakni National Schools Debating Championship (NSDC) jenjang SMA tingkat Provinsi Aceh tahun 2024 merupakan salah satu wadah yang disediakan untuk mendukung bakat minat peserta didik dalam bidang debat Bahasa Inggris,” ujar Fachrial.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua peserta, guru pendamping, kepala sekolah, Kacabdisdik Wilayah dan dewan juri yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Terkhusus katanya, kepada Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).SMA Provinsi Aceh yang diketuai oleh, Muhibbul Khibri MPd yang telah menginisiasi suksesnya kegiatan ini.

“Selamat kepada para juara dan jangan jumawa dan yang belum meraih juara kalian adalah duta terbaik dari daerah masing-masing, khusus bagi tim juara satu akan mewakili Aceh ke tingkat nasional pada 19 hingga 24 Juni 2024 mendatang di Jakarta,” ucap Fachrial.

Dewan juri pada lomba NSDC terdiri dari tiga orang akademisi Universitas Syiah Kuala masing-masing, Dr. Kismullah M.App Ling, Dr. Muhammad Aulia MTESOL MA dan Nudzran, S.Psi., M.Psi.

Adapun juara satu NSDC tahun ini diraih dari tim Kota Banda Aceh atas nama, Raisa At Thahira (SMAN 3 Banda Aceh, Mulia Aqsha (SMAN 10 Fajar Harapan) dan Muhammad Zawil Wafa Al Hafizh (SMAS Fatih Bilingual School).

Sedangkan juara dua dari tim Kota Subulussalam asal sekolah SMA Dayah Perbatasan Minhajussalam atas nama Khairunnsa Br. Nasution, Enmiya Zahra Gadiza Kombih dan Riska Fadillah.

Bagi tim SMA Negeri Modal Bangsa Kabupaten Aceh Besqr harus puas menempati juara tiga terdiri dari Faiza Zayya Mirza, Haya Un’azra dan Khansa Fidealya.

Sementara itu best speaking juara satu diraih oleh Raisa At Thahira dari SMA Negeri 3, juara dua Mulya Aqsa asal sekolah SMA Negeri 10 Fajar Harapan, juara tiga Muhammad Zawil Wafa Al Hafizh, ketiganya merupakan perwakilan dari Kota Banda Aceh. (ra)

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Banda Aceh Masuk 3 Besar TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik

14 June 2024 - 22:20 WIB

Dirreskrimum Polda Aceh: Perlu Kerja Sama Semua Pihak dalam Memberantas Judi Online

14 June 2024 - 22:14 WIB

Pemkab Aceh Besar Sudah 100 Persen Salurkan Dana Desa Tahap Pertama 2024

14 June 2024 - 21:58 WIB

Jelang Puncak Haji, Jamaah Indonesia Mulai Masuk Arafah

14 June 2024 - 16:33 WIB

Meninggal di Jakarta, BPPA dan Haji Uma Fasilitasi Pemulangan Jenazah Warga Aceh Utara

14 June 2024 - 15:28 WIB

Suami aniaya istri hingga meninggal , gigi retak, mata pecah, berikut kronologisnya

14 June 2024 - 15:14 WIB

Trending di UTAMA