Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 29 May 2024 15:28 WIB ·

Razia Visa Jamaah Haji oleh Polisi Arab Saudi Makin Ketat


 TIBA DI MAKKAH: Rombongan jamaah Haji kloter 7 Embarkasi Batam tiba di makkah setelah perjalanan dari madinah. (Media Center Haji) Perbesar

TIBA DI MAKKAH: Rombongan jamaah Haji kloter 7 Embarkasi Batam tiba di makkah setelah perjalanan dari madinah. (Media Center Haji)

MADINAH – Pemerintah Arab Saudi benar-benar memperketat jalur masuk menuju Makkah jelang closing date persiapan puncak haji pada 15 Juni mendatang. Operasi dilakukan untuk mencegah masuknya para jemaah yang tidak mengantongi visa haji.

Di Masjid Bir Ali yang menjadi sentral pelaksanaan miqat/niat awal para jemaah haji yang hendak ke Makkah, polisi Arab Saudi memeriksa seluruh bus rombongan yang siap berangkat.

Yang dicek adalah visa masing-masing. Selain itu, razia juga dilakukan polisi di perbatasan Madinah-Makkah di wilayah Jumum.

Tak hanya itu, di sejumlah media sosial, beredar kabar polisi Arab Saudi melakukan razia ke sejumlah pemondokan di sekitaran Makkah. Juga mencuat informasi soal adanya delapan bus jamaah tanpa visa haji yang diamankan di Kawasan Jirona, yang juga jadi tempat miqat.

Kepala Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah, Ali Machzumi, membenarkan soal pemeriksaan para jamaah haji di lokasi miqat di Masjid Bir Ali. ”Dan memang itu sudah menjadi kebijakan yang ditetapkan Arab Saudi,” katanya.

Sementara itu, terkait soal kabar razia besar-besaran pemerintah Arab Saudi, Ali belum berani mengonfirmasi. Sebab, sejauh ini belum ada laporan resmi.

Namun, dia membenarkan bahwa saat ini polisi setempat memang sedang gencar untuk memblokade para jemaah tanpa visa haji untuk masuk Makkah.

”Sekali lagi, kami mengimbau agar Warga Indonesia untuk tidak sekali-kali berhaji tanpa memakai visa haji. Mengingat risikonya yang sangat banyak,” katanya. (jpg)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Haji Uma dan PPAM serta BP2MI Kembali Fasilitasi Pemulangan Jenazah Warga Aceh dari Malaysia

18 June 2024 - 17:06 WIB

IKA Unimal Segera Gelar Mubes 

16 June 2024 - 14:17 WIB

Muhammad Nazar Sosok yang Ideal Memimpin Aceh 

15 June 2024 - 20:45 WIB

Kapendam IM Sampaikan Perkembangan Penanganan Kasus Meninggalnya Warga Aceh Timur

15 June 2024 - 19:45 WIB

Banda Aceh Masuk 3 Besar TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik

14 June 2024 - 22:20 WIB

Dirreskrimum Polda Aceh: Perlu Kerja Sama Semua Pihak dalam Memberantas Judi Online

14 June 2024 - 22:14 WIB

Trending di UTAMA