Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 30 May 2024 17:37 WIB ·

Dr. Muslem Sampaikan Tentang Kesetaraan Hak Disablitas Dalam Rapat Inventarisasi Kab/Kota


 Dr. Muslem Sampaikan Tentang Kesetaraan Hak Disablitas Dalam Rapat Inventarisasi Kab/Kota Perbesar

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Muslem menjelaskan tentang pentingnya pemenuhan kesetaraan hak bagi para penyandang disabilitas, Kamis, (30/5) di Hotel Rasamala, Banda Aceh.

“Mereka harus diberi peluang, penghargaan, dan kesempatan untuk memiliki derajat yang sama dengan yang lain,” sebut Kadis Sosial Muslem ketika menjadi narasumber kegiatan Rapat Inventarisasi Qanun Kabupaten/Kota Tentang Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Menurutnya, Pemerintah Aceh saat ini melalui Dinas Sosial telah memiliki beberapa program rehabilitasi sosial yang mendukung kesetaraan hak kelompok disabilitas.

Program itu berangkat dari semangat pemenuhan hak disabilitas berupa hak hidup, kesehatan, hak berekpresi, bebas dari tindakan diskriminasi dan menerima pelayanan publik yang sama. “Hal ini sebagaimana PP No. 52 Tahun 2019 yang merupakan amanat UU 8 Tahun 2016,” ujarnya.

Beberapa program Pemerintah tersebut kata Muslem, seperti Penyediaan Permakanan dan Sandang, Penyediaan Perbekalan Panti, Pemberian Bimbingan Aktivitas Hidup Sehari-Hari seperti memberikan keterampilan berupa Bubbershop dan Tata Rias sesuai minat bakat.

“Selanjutnya, Akses Kelayanan Pendidikan dan Kesehatan Dasar bagi disabilitas, yang terbaru pelatihan menjahit pakaian dengan mesin hasil kerjasama dengan Balai Pendidikan Vokasi dan Produktifitas (BPVP),” terang Muslem.

Asisten 1 Setda Aceh melalui Kepala Biro Hukum, Muhammad Junaidi berterima kasih atas komitmen dan atensi para peserta yang hadir dalam rapat inventarisasi.

Junaidi menilai muatan yang didapat dalam forum akan memperkaya tim guna menyusun regulasi qanun pemenuhan hak disabilitas aceh kedepan, sehingga nantinya dapat diterapkan juga meluas di Kabupaten Kota

“Kita upayakan yang terbaik, qanun disabilitas bisa menjadi regulasi yang apspiratif dan akomodatif untuk menampung segala kebutuhan saudara kita dari kalangan disabilitas,” pungkasnya.

Rapat dihadiri Dinsos dan beberapa yayasan disabilitas yang ada di Kabupaten Kota, kegiatan diisi narasumber dari Dinas Kesehatan Aceh dan Sesdirjen Disabilitas Salahudin melalui daring meeting. (rif)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Bupati Aceh Besar Bekali Mahasiswa KKN USK

22 June 2024 - 17:53 WIB

Pemko Banda Aceh akan Intensifkan Penertiban Gepeng

22 June 2024 - 14:22 WIB

Memperingati HANI 26 Juni 2024, Kepala.BNNP Aceh Ajak Pasang Papan Bunga di Tempat Umum

22 June 2024 - 10:34 WIB

MIN 36 Aceh Besar Juara 2 Nasional Kantin Sehat

21 June 2024 - 17:32 WIB

Kadisdik Aceh Kunjungi ARC USK Bahas Kerjasama Pembinaan Siswa SMK dan SMA

21 June 2024 - 16:49 WIB

Kasdim 0101 Kota Banda Aceh Ikuti Technical Meeting Lomba Kampung Pancasila

21 June 2024 - 15:27 WIB

Trending di METROPOLIS