Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 31 May 2024 17:48 WIB ·

Civitas Akademika FKM Unmuha dan MTCC Kampanye Bahaya Rokok pada Peringatan HTTS


 Civitas Akademika FKM Unmuha dan MTCC Kampanye Bahaya Rokok pada Peringatan HTTS. Foto: for rakyat aceh Perbesar

Civitas Akademika FKM Unmuha dan MTCC Kampanye Bahaya Rokok pada Peringatan HTTS. Foto: for rakyat aceh

BANDA ACEH l RAKYAT ACEH – Dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) yang jatuh pada tanggal 31 Mei, Muhamadiyah Tobacco Control Center (MTCC UNMUHA), bersama sejumlah Dosen, Mahasiswa dan Civitas Akademika Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) memperingati HTTS dengan berbagai kegiatan.

Kampanye tentang  bahaya vape dan rokok itu berlangsung di lingkungan kampus setempat, Jumat (31/5/2024).

Kampanye tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (World No Tobacco Day) merupakan inisiatif dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang diperingati setiap tanggal 31 Mei.

Sejumlah mahasiswa dan dosen dilibatkan dalam kegiatan itu untuk memberikan penjelasan bahaya asap rokok. Mereka juga membagikan selebaran dan peringatan bahaya merokok sebagai bentuk kampanye hidup sehat tanpa rokok

Dekan FKM, Dr. Basri Aramico Ib, S.K.M., M.P.H mengatakan, bahwa hari tanpa tembakau sedunia ini diperingatkan sebagai bentuk mewujudkan kampus Unmuha menjadi kawasan tanpa rokok lebih baik lagi. Meskipun memang Unmuha sendiri sudah mengiinisiasi menjadi kawasan tanpa rokok sejak tahun 2012.

“Jadi peringati hari tembakau ini bagian  mewujudkan kampus Unmuha kawasan tanpa rokok secara maksimal. Sehingga dari kalangan mahasiswa, dosen, civitas akademik dan seluruh komponen yang ada di Unmuha benar-benar bisa mewujudkan kampus menjadi kawasan tanpa rokok,” ujarnya.

“Dari kampanye ini agar kita bisa menyampaikan bahwa hidup tanpa vape (rokok elektrik) hidup tanpa rokok lebih sehat,” tambahnya.

Para penggiat anti tembakau dr MTCC unmuha, menjelaskan jika kampanye ini untuk mengingatkan anak muda, khususnya mahasiswa untuk tak merokok baik rokok elektrik dan konvensional. Serta mengajak para perokok untuk berhenti merokok.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penggunaan tembakau, rokok, vape  khususnya di kalangan anak dan remaja.

Ia menambahkan, dalam memperingati hari tanpa tembakau sedunia memiliki potensi besar untuk menciptakan dampak yang signifikan dalam mendorong perubahan perilaku dan mengurangi prevalensi merokok di kalangan kampus.

Menurutnya, melalui kegiatan kolaborasi ini tidak hanya memberikan manfaat dalam konteks perayaan hari tanpa tembakau sedunia, tetapi juga memberikan mahasiswa pengalaman berharga yang dapat membantu orang lain dalam pencegahan anti merokok.

“Bersama mahasiswa kita berkontribusi secara nyata dalam upaya menciptakan kampus yang lebih sehat dan bebas dari bahaya merokok,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegitan tersebut Wakil Rektor 1, Prof. Asnawi Abdullah, Ph.D, Dekan FKM Dr. Basri Aramico Ib, Wakil Dekan (WD)  lll, WD 1, WD 2 dan sejumlah dosen FKM lainnya. (hra)

 

Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Global Meutuah Foundation Tuntas Salurkan 150 Ekor Sapi Kurban dari Turkiye

20 June 2024 - 17:34 WIB

Semangat Idul Adha, PLN UID Aceh Salurkan 51 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing Qurban

19 June 2024 - 21:55 WIB

Ruman Aceh Salurkan 219 Paket Daging Qurban

19 June 2024 - 17:45 WIB

Mualem dan KPA/PA Koetaradja Sepakat Paket Menangkan Fachrul Razi Untuk Walikota Banda Aceh dan Mualem Untuk Gubernur Aceh

19 June 2024 - 16:16 WIB

Rumah Amal Masjid Jamik USK gelar Green Qurban 1445 H

19 June 2024 - 08:14 WIB

Gampong Lueng Bata Banda Aceh Sembelih 41 Ekor Hewan Kurban

18 June 2024 - 23:01 WIB

Trending di METROPOLIS