Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 6 Jun 2024 08:59 WIB ·

KUA Jaya Laksanakan Program Edukasi Perkawinan demi Cegah Stunting


 KUA Jaya Laksanakan Program Edukasi Perkawinan demi Cegah Stunting Perbesar

ACEH JAYA – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jaya di Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan kegiatan Bimbingan Perkawinan bagi calon pengantin pada Rabu, 5 Juni 2024.

Acara yang diadakan di Aula KUA Jaya, Lamno ini merupakan hasil kolaborasi dengan Puskesmas Lamno dan Balai Penyuluh Keluarga Berencana (BPKB) Kecamatan Jaya.

Langkah ini adalah bagian dari intervensi yang bertujuan mencegah stunting melalui kegiatan terpadu dan terkoordinasi.

Dalam sambutannya, Plt. Kasi Bimas Islam Kankamenag Aceh Jaya, H. Ismed Mahdi dalam sambutannya saat membuka kegiatan, menegaskan pentingnya bimbingan perkawinan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada calon pengantin.

“Tujuannya adalah membentuk keluarga sakinah, mawaddah, warahmah, serta menyiapkan generasi penerus yang berkualitas,” jelasnya.

Program ini meliputi berbagai aksi yang mencakup pendataan, pendampingan, penimbangan, pengukuran, edukasi, validasi, dan intervensi berkelanjutan untuk ibu hamil, balita, dan calon pengantin. Semua langkah ini dilakukan dengan kerjasama lintas sektor dan program, yang mulai dari tingkat provinsi hingga desa. Tujuannya adalah untuk menjangkau seluruh sasaran dan memberikan intervensi yang sesuai standar sehingga hasil yang dicapai bisa akurat dan cakupan layanan meningkat.

Kepala KUA Jaya, Taisir, S.Th, menyampaikan bahwa bimbingan perkawinan ini terbukti sebagai sarana edukasi yang efektif untuk menurunkan angka stunting di masa depan. Program ini merupakan salah satu inisiatif dari Kementerian Agama dan telah mendapatkan respon positif dari berbagai pihak.

“Harapan kami, melalui bimbingan perkawinan ini, calon pengantin dapat memperoleh bekal yang memadai untuk membentuk keluarga yang unggul dan sehat, serta mencapai tujuan menuju keluarga sejahtera,” tuturnya.

Dengan langkah-langkah nyata ini, KUA Jaya bersama mitra terkait berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam upaya pencegahan stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kecamatan Jaya dan sekitarnya. (rif)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pj Bupati Aceh Besar Bekali Mahasiswa KKN USK

22 June 2024 - 17:53 WIB

Pemko Banda Aceh akan Intensifkan Penertiban Gepeng

22 June 2024 - 14:22 WIB

Memperingati HANI 26 Juni 2024, Kepala.BNNP Aceh Ajak Pasang Papan Bunga di Tempat Umum

22 June 2024 - 10:34 WIB

MIN 36 Aceh Besar Juara 2 Nasional Kantin Sehat

21 June 2024 - 17:32 WIB

Kadisdik Aceh Kunjungi ARC USK Bahas Kerjasama Pembinaan Siswa SMK dan SMA

21 June 2024 - 16:49 WIB

Kasdim 0101 Kota Banda Aceh Ikuti Technical Meeting Lomba Kampung Pancasila

21 June 2024 - 15:27 WIB

Trending di METROPOLIS