Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 6 Jun 2024 18:27 WIB ·

Wakili Pj Ketua Dekranasda, Asisten I Sekda Aceh Besar Buka Pelatihan Rotan Anggota Persit KCK Kodam IM


 Asisten 1 Sekdakab Aceh Besar Farhan AP bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam IM Ny. Eva Niko Fahrizal membuat anyaman rotan berbentuk bulat di Gedung Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (05/06/2024). FOTO/MC ACEH BESAR Perbesar

Asisten 1 Sekdakab Aceh Besar Farhan AP bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodam IM Ny. Eva Niko Fahrizal membuat anyaman rotan berbentuk bulat di Gedung Dekranasda, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Rabu (05/06/2024). FOTO/MC ACEH BESAR

RAKYAT ACEH | KOTA JANTHO – Asisten I Sekda Kabupaten Aceh Besar, Farhan AP, mewakili Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar, Cut Rezky Handayani SIP MM, membuka secara resmi pelatihan menganyam kerajinan rotan bagi anggota Persit Kartika Candra Kirana (KCK) PD Kodam Iskandar Muda. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Dekranasda Gampong Gani, Ingin Jaya, Aceh Besar, pada Rabu (05/06/2024).

Dalam sambutannya, Farhan AP menyampaikan pantun pembuka, “Pergi ke Ie Seuum untuk berendam, pulang jangan sampai ke sasar, selamat datang kepada ibu Pangdam IM di Dekranasda Aceh Besar.” Ia juga memperkenalkan gedung Dekranasda Aceh Besar yang memiliki fasilitas untuk rapat dan telah berhasil menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Di sini juga ada sentra IKM yang bertujuan sebagai tempat produksi produk dan daya tarik wisata kerajinan dan wisata pendidikan seperti dilakukan pada hari ini,” ujarnya.

Farhan juga menyoroti produk kerajinan unggulan Aceh Besar, termasuk bordir pakaian, bordir tas dan peci, songket Aceh (solanda), sulaman kasab, anyaman rotan, anyaman bili, dan produk lainnya. Dia juga mengungkapkan sejumlah prestasi yang diraih oleh Dekranasda Aceh Besar pada tahun sebelumnya.

Selain itu, program pembinaan dan pelatihan terus dilakukan, dengan fokus pada pengembangan kerajinan kasab, keahlian dalam songket dan rotan, serta diciptakannya usaha baru seperti batik dan gerabah. Dekranasda juga melaksanakan pembinaan IKM melalui program “KUPER” kunjungan perajin setiap Jumat sebagai upaya pembinaan dan regenerasi data di Aceh Besar.

Farhan berharap agar IKM terus tumbuh dan menjadi yang terbaik. “Saya berharap kerjasama seperti ini dapat terus berlanjut,” katanya.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD IM, Ny Eva Niko Fahrizal, menyatakan bahwa pelatihan menganyam kerajinan rotan merupakan wujud komitmen peserta untuk belajar dan berkembang. Dia menekankan bahwa keterampilan menganyam rotan memiliki potensi ekonomi yang besar, serta berperan dalam melestarikan kebudayaan tradisional Indonesia, khususnya di Aceh.

Ny Eva menyampaikan terima kasih kepada Dekranasda Aceh Besar dan semua pihak yang terlibat dalam pelatihan. Dia berharap agar pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi semua peserta.

Istri Pangdam IM, Mayjen Niko Fakhrizal, mendorong peserta untuk mengikuti pelatihan dengan semangat dan kesungguhan. “Ingatlah bahwa, tidak ada usaha yang sia-sia, karena setiap keterampilan yang kita pelajari akan sangat bermanfaat di masa depan, asal ditekuni dengan serius,” tandas Ny Eva Niko Fahrizal.

Acara juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Aceh Besar, Rahmawati SPd MSi, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar, Trizna Darma ST, instruktur pelatih rotan, dan pengurus Dekranasda Aceh Besar. (ra)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

IKA Unimal Segera Gelar Mubes 

16 June 2024 - 14:17 WIB

Muhammad Nazar Sosok yang Ideal Memimpin Aceh 

15 June 2024 - 20:45 WIB

Kapendam IM Sampaikan Perkembangan Penanganan Kasus Meninggalnya Warga Aceh Timur

15 June 2024 - 19:45 WIB

Banda Aceh Masuk 3 Besar TPID Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik

14 June 2024 - 22:20 WIB

Dirreskrimum Polda Aceh: Perlu Kerja Sama Semua Pihak dalam Memberantas Judi Online

14 June 2024 - 22:14 WIB

Pemkab Aceh Besar Sudah 100 Persen Salurkan Dana Desa Tahap Pertama 2024

14 June 2024 - 21:58 WIB

Trending di UTAMA