Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 7 Jun 2024 08:22 WIB ·

Pemda Simeulue Verifikasi Data Puluhan Ribu Warga Miskin Ekstrim


 Pemda Simeulue Verifikasi Data Puluhan Ribu Warga Miskin Ekstrim Perbesar

RAKYAT ACEH | SINABANG – Puluhan ribu individu atau jiwa warga, yang masuk dalam daftar data miskin ekstrim dan tersebar di 138 desa dalam wilayah 10 Kecamatan yang ada, kini sedang dalam proses target versifikasi oleh pihak Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Simeulue.

Proses pelaksanaan verifikasi puluhan ribu data warga miskin ekstrim yang sedang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Simeulue itu, setelah mendapatkan mandat dan intruksi resmi dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI.

Terkait sedang berlangsung pelaksanaan verifikasi data puluhan ribu warga yang berstatus miskin ekstrim tersebut, dibenarkan Kepala Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Simeulue, Abdul Karim yang dikonfirmasi Harian Rakyat Aceh, Kamis 6 Juni 2024.

“Benar, saat ini sedang berlangsung proses verifikasi data warga miskin ekstrim. Verifikasi ini berdasarkan intruksi resmi dari Pemerintah Pusat kepada seluruh Pemda yang ada, termasuk daerah kita, kemudian Pemda Simeulue menetapkan Bappeda untuk melakukan proses verifikasi,” kata Abdul Karim.

Lebih lanjut sebut Abdul Karim, menambahkan dengan mengacu pada data gabungan tahun 2021, tahun 2022 dan tahun 2023 yang dirilis oleh pihak Badan Pusat Statistik (BPS) dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) serta Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Adapun rilis dari ketiga instansi pusat itu, yang mencatat total jumlah data warga miskin ekstrim di pulau Simeulue, sebanyak 9.641 Keluarga atau 43.545 individu atau jiwa yang tersebar di 138 desa di 10 Kecamatan, sehingga dari data warga miskin tersebut, yang saat ini sedang di verifikasi oleh Bappeda setempat.

Dari hasil verifikasi tersebut, nantinya akan memperjelas kepastian status warga miskin ekstrim,  sehingga dapat dijadikan acuan dan tepat sasaran untuk prioritas bantuan yang bersumber Pemerintah maupun lembaga non pemerintahan lainnya serta bantuan dari lembaga donor asing.

“Data yang kita verifikasi ini yang bersumber dari data resmi dari tiga instansi yakni data BPS, data Ditjendukcapil dan data BKKBN. Nantinya hasil verifikasi ini untuk kepastian identitas warga miskin ekstrim, sehingga dapat dimamfaatkan tepat sasaran oleh setiap instansi maunya jon instansi”, imbuh Kepala Bappeda Simeulue.

Dari hasil verifikasi data warga miskin ekstrim tersebut, pihak Bappeda Simeulue banyak menemukan data yang tidak diperbaharui oleh warga itu sendiri, ada data yang sudah lama cerai namun masih tercatat dalam Kartu Keluarga (KK), serta ada juga warga yang melakukan pembaharuan  status pekerjaan, status pindah alamat dan termasuk status anggota keluarganya telah wafat.

Abdul Karim juga menitipkan pesan kepada pihak Pemerintahan Tingkat Desa supaya menghimbau warga untuk jujur dalam memberikan data, sehingga nantinya menghasilkan identitas dan status yang murni, serta harus lebih aktif untuk pembaharui data resminya, karena tidak selamanya seseorang itu menyandang label status warga miskin ekstrim.

Sementara pihak Kementerian Sosial RI masih mengandalkan data produk 2017 silam, untuk total jumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 5.127 Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) serta total penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 9.000 lebih Keluarga Penerima Mamfaat (KPM) yang masing-masing tersebar di 138 desa dalam 10 Kecamatan di Kabupaten Simeulue.  (ahi/hra)

Artikel ini telah dibaca 799 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Sah, KIP Tetapkan 20 Nama Yang Akan Duduk di Kursi Wakil Rakyat Simeulue

14 June 2024 - 18:30 WIB

Satlantas Polres Abdya Tangani 48 Kasus Laka Lantas

14 June 2024 - 08:18 WIB

Mopen tabrak truk muatan kayu di Pidie, warga Aceh Barat meninggal dunia

13 June 2024 - 15:00 WIB

Dewan Simeulue, Usulkan Tiga Nama Pengganti Pj Bupati Ahmadlyah

12 June 2024 - 11:00 WIB

“Beo Simeulue” Terancam Hilang dari Muka Bumi

10 June 2024 - 19:02 WIB

AMPI Nagan Raya Siap Mendukung Penuh TRK sebagai Calon Bupati Nagan Raya pada Pilkada 2024

10 June 2024 - 14:32 WIB

Trending di NANGGROE BARAT