Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NANGGROE BARAT · 10 Jun 2024 08:43 WIB ·

Kaper BKKBN Aceh Hadiri Penutupan TMMD ke-120 di Aceh Barat


 Kaper BKKBN Aceh Hadiri Penutupan TMMD ke-120 di Aceh Barat Perbesar

246 Akseptor Terlayani

RAKYAT ACEH | MEULABOH – Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh, Safrina Salim, didampingi Ketua Tim Kerja Bidang Keluarg Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR), Faridah dan rombongan, ikut serta menghadiri penutupqn kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 tahun 2024 wilayah Kodam Iskandar Muda, yang digelar di lapangan Gampong Kuala Manyeu, Kecamatan Panton Rheu, Kabupaten Aceh Barat, pada Jum’at (7/6/2024).

Perwakilan BKKBN Aceh ikut serta memberi pelayanan KB gratis dan sosialisasi terkait pencegahan stunting kepada masyarakat pada kegiatan tersebut.

Turut menghadirkan dokter dari Kesdam Iskandar Muda, dr. Syafril Umar Lubis.Nama : dr. Syafril Umar Lubis (Penata Yanmed-1 Dep Depgilut, Rumkit Tk. II IM).

Pada kegiatan tersebut, BKKBN Aceh, bersama OPD KB Aceh Barat, dan IBI setempat berhasil menjaring akseptor sebanyak, 246 orang.

Dengan rincian Implant, 13, IUD, 17, Suntik, 95, Pil 67, dan Kondom 74 akseptor. Selain itu Keper turut menyerahkan bantuan sosial kepada keluarga berisiko stunting dan ketegori miskin.

Serta mendampingi Pangdam dan istri melihat pelayanan KB di tenda dan Mobil Pelayanan KB untuk melayanin akseptor IUD.

“Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti sosialisasi pencegahan stunting dan pelayanan KB gratis pada penutupan TMMD ke-120, Tahun 2024 di Aceh Barat ini. Semoga kemitraan BKKBN Aceh dengan TNI dalam hal ini Kodam Iskandar Muda, akan terus semakin erat,” kata Safrina.

Kaper menyebutkan jumlah akseptor yang terlayani awalnya ditargetkan 200 akseptor, namun antusias ya masyarakat yang hadir bertambah menjadi 246 akseptor.

“Ini menunjukan bahwa masyarakat sangat membutuhkan pelayanan KB,” tutur Safrina.

Sementara itu, dalam sambutannya, Mayjen TNI Niko Fahrizal mengatakan, bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sebagai salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TN/ Polri, Pemerintah Daerah, BKKBN, dan lembaga pemerintah lainnya.

Selanjutnya Pangdam IM menyampaikan, bahwa Upacara penutupan ini menandai berakhirnya Program TMMD Ke-120 yang dilaksanakan serentak di tiga Kabupaten di wilayah Kodam Iskandar Muda, yaitu di wilayah Kodim 0105/Abar, Kodim 0113/Galus dan Kodim 0116/Nara.

“Pada pelaksanaan TMMD ke-120 TA. 2024, juga turut dilaksanakan program unggulan Kasad diantaranya program-program meliputi kegiatan Manunggal Air, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), ketahanan pangan, penurunan stunting, dan penanaman pohon. Semua program unggulan ini mencerminkan komitmen TNI AD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat Ketahanan Nasional,” kata Pangdam.

Sejalan dengan tema TMMD kali ini, “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”, Pangdam IM mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dengan semangat gotong-royong untuk membangun daerah masing-masing.

“Kemajuan teknologi serta tantangan bidang Ekonomi dan Sosial Budaya menuntut partisipasi setiap anak Bangsa untuk membina diri dan memajukan daerahnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Umum Persit Kartika Candra Kirana Daerah Iskandar Muda Ny. Eva Niko Fahrizal, Aster Kasdam IM, Asops Kasdam IM, Asrendam IM, Danrem 012/TU beserta Istri, Dandim 0105/Abar, Pj Bupati Aceh Barat dan Forkopimda, Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, tokoh agama, Para Tokoh Masyarakat, Para Tokoh Adat, Para tokoh pemuda dan para Prajurit TNI Serta segenap Personel satgas TMMD ke-120 TA.2024. (ril/hra)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Mopen tabrak truk muatan kayu di Pidie, warga Aceh Barat meninggal dunia

13 June 2024 - 15:00 WIB

Dewan Simeulue, Usulkan Tiga Nama Pengganti Pj Bupati Ahmadlyah

12 June 2024 - 11:00 WIB

“Beo Simeulue” Terancam Hilang dari Muka Bumi

10 June 2024 - 19:02 WIB

AMPI Nagan Raya Siap Mendukung Penuh TRK sebagai Calon Bupati Nagan Raya pada Pilkada 2024

10 June 2024 - 14:32 WIB

Asisten 3 Setdakab Abdya Tutup Usia

9 June 2024 - 10:31 WIB

Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tak Bernyawa di Kompleks Bangunan Pendopo Bupati Simeulue

8 June 2024 - 09:18 WIB

Trending di NANGGROE BARAT