Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 11 Jun 2024 19:26 WIB ·

BBPOM Dukung UMKM Melalaui Bimtek CPPOB


 BBPOM Dukung UMKM Melalaui Bimtek CPPOB Perbesar

BANDA ACEH I RAKYAT ACEH – Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Banda Aceh (BPOM Aceh), Yudi Noviandi, membuka secara langsung kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pendampingan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) di ruang pertemuan Hotel Diana, Selasa (11/06/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta perwakilan dari pelaku usaha UMKM se-Aceh dan merupakan salah satu bentuk keberpihakan BPOM Aceh terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang menjadi salah satu tonggak penting dalam pembangunan Indonesia.

“Sektor UMKM memiliki peran penting dan strategis dalam perekonomian nasional. Jumlah sektor ini sangat besar sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah serta memiliki potensi besar dalam menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

Dikatakan, Pemerintah menilai sangat penting untuk mengawal pemulihan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah. Bantuan modal saja tidak cukup, pelaku usaha memerlukan pendampingan secara konkret, sehingga diadakan fasilitator pangan dalam pendampingan pelaku usaha.

Yudi menyampaikan bahwa saat ini pelaku usaha tidak perlu menggunakan calo untuk mendaftarkan produk ke BPOM Aceh, karena BPOM Aceh akan melakukan pendampingan baik secara langsung maupun melalui aplikasi dan media daring.

“Bimbingan teknis ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan keterampilan bagi pelaku usaha dalam memperoleh izin penerapan CPPOB, sampai dengan mendapatkan izin edar produk, yang juga merupakan langkah dari proses pendampingan UMKM,” tambah Yudi.

Ia berharap, bimtek ini dapat meningkatkan pendampingan pelaku usaha UMKM secara intensif di sarana produksi hingga memperoleh sertifikat CPPOB, sehingga dapat mewujudkan UMKM pangan yang aman, bermutu, dan berdaya saing. (ari/rus)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Tema Khutbah Idul Adha 1445 H Para Pengurus ISAD di Sejumlah Masjid di Aceh, Tgk Mustafa Husen di Aceh Barat, Tgk Alwy Akbar di Langsa

15 June 2024 - 12:43 WIB

SEMMI Aceh Udang Khusus Muhammad Nazar Untuk Sampaikan Orasi Ilmiah

14 June 2024 - 22:24 WIB

Ibrahim Anak Berkewarganegaraan Ganda Pilih Jadi WNI, Ini Kata Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM

14 June 2024 - 22:21 WIB

Musannif dan Fachrul Razi Siap Pimpin Aceh Besar dan Banda Aceh

14 June 2024 - 19:10 WIB

Babinsa Koramil Darul Kamal Bantu Pompanisasi untuk Sawah Penduduk

14 June 2024 - 18:23 WIB

Tasyakur Al-Qur’an Dayah Nurul Fikri Aceh Dihiasi Pengibaran Bendera Palestina dan Indonesia

14 June 2024 - 16:03 WIB

Trending di METROPOLIS