Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 12 Jun 2024 14:49 WIB ·

Cetak Rekor! Timnas Indonesia Jadi Satu-satunya Wakil ASEAN Melaju ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026


 Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (PSSI) Perbesar

Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (PSSI)

HARIANRAKYATACEH.COM – Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim-tim Asia Tenggara seperti Filipina, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Singapura harus terhenti perjuanganya di putaran kedua.

Thailand menjadi tim yang paling tragis ketika harus menelan pil pahit gagal melaju ke putaran ketiga meski menang dalam laga terakhirnya saat menghadapi Singapura dengan skor 3-1 di Stadion Rajamangala, Selasa (11/6). Tim gajah perang yang memiliki 8 poin serta defisit gol yang sama dengan Tiongkok setidaknya harus mendapatkan 3 gol penuh untuk bisa menggeser posisi Tiongkok di urutan kedua klasemen grup C.

Namun, Thailand akhirnya gagal mengudeta posisi itu karena Singapora mampu menceploskan 1 gol ke gawangnya, yang membuat posisi mereka harus kalah dalam perhitungan head to head pertemuan atas Tiongkok.

Sementara itu, Harimau Malaya yang juga mendapatkan kemenangan dalam laga terakhirnya menghadapi Taiwan dengan skor 3-1 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Selangor, Malaysia, juga tak mampu memastikan tempat lolos ke putaran berikutnya. Hal ini didasarkan karena Malaysia kalah dalam jumlah selisih gol dan jumlah poin dengan Kirgistan yang berada di posisi kedua grup D.

 

Sedangkan Skuad Merah Putih berhasil menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang melaju ke putaran ketiga setelah mampu mengandaskan Filipina dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan di grup F pada Selasa (11/6) malam WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Garuda terbang tinggi melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk pertama kalinya dalam format baru FIFA saat ini sekaligus otomatis lolos ke Piala Asia 2027 yang akan diselenggarakan di Arab Saudi.

Dalam sejarahnya, Indonesia pernah bermain di putaran final Piala Dunia pada tahun 1938 tetapi kala itu masih bernama Hindia Belanda. Dan, untuk format kualifikasi, capaian terbaik Indonesia hanya sampai ke putaran kedua yaitu terjadi di tahun 1986 dan belum pernah melaju ke babak ketiga.

Timnas Indonesia finis di posisi kedua grup F dengan raihan 10 poin dari hasil enam pertandingan yang dijalani, hasil ini tidak mampu dikejar lagi oleh Vietnam selaku pesaing terdekat yang berada di posisi ketiga dengan meraih hasil akhir 6 poin. Juru kunci grup dipegang oleh Filipina dengan hanya mengoleksi 1 poin dan pemuncak klasemen dipegang oleh Irak dengan raihan poin sempurna 18 dari enam laga yang dijalani.

 

Dikutip melalui laman AFC, dalam putaran ketiga ini ada 18 negara yang akan bersaing untuk memperebutkan enam tempat lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 yang akan dimainkan di tiga negara yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Sebanyak 18 tim akan dibagi menjadi tiga grup dengan masing-masing diisi oleh enam tim. Dua tim teratas pada setiap grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026. Namun, andaikan gagal menempati posisi juara dan runner-up grup, masih memiliki kesempatan lolos dengan menyelesaikan putaran ketiga di posisi ketiga atau keempat karena dua posisi tersebut akan memainkan putaran keempat dan kelima untuk berebut dua tiket otomatis tersisa dan satu tiket play off.

Drawing penentuan grup dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan digelar pada 27 Juni mendatang.

Editor: Edy Pramana

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pasien Anak asal Aceh Timur di Rujuk ke RSUDZA, Haji Uma Bantu Biaya Pendampingan

14 July 2024 - 15:51 WIB

Jelang Pilkada, Mualem Ajak PA dan KPA Seluruh Aceh Jaga Kekompakan

14 July 2024 - 15:21 WIB

Aceh Catat Rekor MURI Memasak Bubur Asyura dengan Belanga Terbesar

14 July 2024 - 14:46 WIB

Pj Gubernur Aceh Minta Orang Tua Antar Anak di Hari Pertama Sekolah SD/MI

14 July 2024 - 14:45 WIB

Jokowi Obral HGU IKN hingga 190 Tahun, PKS: Ini Namanya IKN for Sale!

14 July 2024 - 14:39 WIB

PERTI Aceh Dukung Salman Alfarisi Maju Bacabup

14 July 2024 - 08:53 WIB

Trending di NANGGROE BARAT