Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 12 Jun 2024 12:33 WIB ·

Gandingkan BNNK,Kodim 0102/Pidie Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) TA. 2024


 Gandingkan BNNK,Kodim 0102/Pidie Gelar Sosialisasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) TA. 2024 Perbesar

RAKYAT ACEH | Pidie – Kodim 0102/Pidie menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Ta. 2024 bagi seluruh personel dan PNS jajarannya. Acara ini berlangsung di Aula Salimuddin Makodim 0102/Pidie, Desa Lampeude Baroh, Kecamatan Pidie, Kabupaten Pidie.

Kegiatan ini dibuka oleh Pasi Inteldim 0102/Pidie, Kapten Inf Yunus Emha, S.Pd., S.H., yang mewakili Dandim 0102/Pidie, dan dilanjutkan oleh pemateri dari BNNK Pidie, Efra Khalid Anas, S.Psi. Turut hadir dan mengikuti acara tersebut dinaratanya para Perwira Staf Kodim 0102/Pidie, personel Staf dan Unit Inteldim 0102/Pidie, Provost Kodim 0102/Pidie,personel dan PNS jajaran Kodim 0102/Pidie serta tim BNNK Pidie.

Dalam sambutannya, Pasi Inteldim 0102/Pisie Kapten Inf Yunus Emha S.Pd., S.H.,
menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai langkah tepat untuk memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba dan cara pencegahannya.

“Kegiatan ini adalah salah satu cara yang tepat guna menjelaskan pemahaman bahaya narkoba dan cara mencegahnya agar kita tidak terjebak dan terjerumus di dalamnya, dengan mengetahui jenis obat dan tanaman yang tergolong narkotika,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kapten Yunus menyatakan bahwa kegiatan P4GN ini merupakan upaya Kodim 0102/Pidie untuk melindungi prajurit, PNS, dan keluarga mereka dari bahaya narkoba. Ini juga merupakan bentuk komitmen TNI AD dalam memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Indonesia, khususnya di lingkungan TNI.

“Bagi prajurit TNI AD, sudah jelas sanksi hukum jika terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba yaitu pemecatan. Jangan sekali-kali mencoba menggunakan narkoba,” tegasnya.

Sementara itu, Efra Khalid Anas S.Psi sebagai pemateri dan penyuluh dari BNNK Pidie dalam paparannya menjelaskan pentingnya memahami bahaya narkoba, yang dapat merusak moral diri, keluarga, kesatuan dan karier prajurit apalagi sampai berujung pada pemecatan.

“Narkoba salah satu faktor yang menghambat perkembangan negara, mulai dari berdampak kepada SDM,biaya rehabilitasi yang besar hingga lambatnya kemajuan ekonomi daerah yang tinggi penyalahgunaan narkoba,” jelas Efra.

Provinsi Aceh, lanjutnya, merupakan salah satu provinsi dengan tingkat kerawanan narkoba yang tinggi. Namun, berkat sinergi BNN, Polri, dan TNI, grafik peredaran narkoba di Aceh mulai menurun.

Di akhir kegiatan, Staf Intel Kodim 0102/Pidie yang dipimpin oleh Kapten Inf Yunus Emha, bersama tim BNNK Pidie, melakukan inspeksi mendadak berupa tes urine kepada peserta sosialisasi. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada personel yang mengonsumsi narkoba.

Penyuluhan dan sosialisasi P4GN ini bertujuan untuk mencegah dan melindungi prajurit serta PNS Kodim 0102/Pidie agar tidak terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. Diharapkan kegiatan ini dapat menekan angka pelanggaran berat terkait narkoba yang mungkin melibatkan personel dan keluarga mereka, demi kepentingan diri sendiri, keluarga, dan satuan Kodim 0102/Pidie.

Artikel ini telah dibaca 46 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Dukung PON dan Ekonomi Syariah, KB Bank Syariah Hadir di Lhokseumawe

14 July 2024 - 19:24 WIB

Pimpinan DPRA Minta Menteri PUPR Segera Bangun Jalan Dua Jalur Meulaboh-Jeuram

14 July 2024 - 13:44 WIB

Kemenkumham Aceh Audiensi dengan Forkopimda Simeulue, Bahas Aset Tanah dan Bangunan Lapas Sinabang

13 July 2024 - 12:13 WIB

Peringati Tahun Baru Islam, Ini Pesan Danrem Lilawangsa untuk Prajurit TNI

11 July 2024 - 19:55 WIB

Kodim 0102/Pidie Terima Kunjungan Kerja Tim Pengawasan Teknis Teritorial Irpusterad

10 July 2024 - 12:23 WIB

H.Fathani Khitan Puluhan Anak Yatim dan Anak Dhuafa di Lhokseumawe

9 July 2024 - 19:41 WIB

Trending di DAERAH