Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

UTAMA · 14 Jun 2024 16:33 WIB ·

Jelang Puncak Haji, Jamaah Indonesia Mulai Masuk Arafah


 MASUK TENDA: Para jemaah haji Indonesia mulai tiba di tenda tempat mereka tinggal di Arafah. Mereka akan menjalankan ibadah wukuf pada Sabtu (15/6) waktu Arab Saudi. (Aris Imam/Jawa Pos) Perbesar

MASUK TENDA: Para jemaah haji Indonesia mulai tiba di tenda tempat mereka tinggal di Arafah. Mereka akan menjalankan ibadah wukuf pada Sabtu (15/6) waktu Arab Saudi. (Aris Imam/Jawa Pos)

HARIANRAKYATACEH.COM – Sehari jelang pelaksanaan ibadah puncak haji pada Sabtu (15/6), para jamaah haji asal Indonesia mulai diberangkatkan dari hotel mereka menuju ke Arafah.

Para jamaah asal tanah air diberangkatkan secara bergiliran sejak Jumat (14/5) pukul 06.00. Sesuai rencana, jadwal pemberangkatan dibagi dalam tiga kali trip. Yakni pada 11.00 dan 16.30 waktu setempat.

Hingga Jumat (14/6) pukul 11.00, tercatat sebanyak 11 rombongan jemaah sudah tiba di Arafah. Mereka disebar ke 37 dari total 73 maktab (markas) yang disediakan oleh PPIH Arab Saudi.

Begitu tiba, wajah-wajah para jemaah terlihat begitu gembira. Tak sedikit yang berdiam sejenak, bersyukur kepada Allah, karena akhirnya berkesempatan untuk berada di tempat yang begitu mustajab itu.

”Alhamdulillah. Sangat bersyukur. Semoga semua mendapat barokah,” kata Nurani, salah satu jemaah yang tiba di sektor 11 Arafah.

Sementara itu, Kepala Satgas Arafah PPIH Arab Saudi, Ali Machzumi, menjelaskan bahwa tenda-tenda jemaah Indonesia yang tersebar di semua maktab memiliki kapasitas 300 orang.

”Ukuran tenda sudah disesuaikan dengan kapasitas ideal bagi para jemaah selama berada di Arafah,” katanya.

 

Dia menjelaskan, sebelum jemaah Arafah, para petugas Satgas Arafah sudah melakukan pengecekan terhadap kondisi tenda serta semua fasilitas yang diperlukan para jemaah. Mulai dari kelengkapan aliran listrik, kebersihan toilet hingga konsumsi.

Selain itu, petugas juga memastikan bahwa jumlah Kasur yang tersedia di tiap tenda sesuai dengan jumlah jemaah yang akan masuk. ”Alhamdulillah, semua sudah siap,” katanya.

Editor: Dhimas Ginanjar

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Disdik Aceh Terapkan Kawasan Tanpa Rokok, Ciptakan Lingkungan Kerja Sehat

17 July 2024 - 21:42 WIB

Pj Bupati Aceh Besar Terima Bantuan Penanganan Kekeringan dari Kemensos RI, Langsung Serahkan ke Masyarakat

17 July 2024 - 20:03 WIB

Disdik Aceh Gelar Rakor dengan Yayasan Kartika Jaya Bahas Solusi Kekurangan Guru Pasca UU ASN

17 July 2024 - 19:59 WIB

Tabung Gas Meledak di Meulaboh, 5 Pekerja Luka Bakar Parah

17 July 2024 - 15:32 WIB

WHO : Bencana Kemanusiaan di Sudan Semakin Memburuk, Harus Segera Diatasi

17 July 2024 - 15:11 WIB

Seluruh Fraksi DPRA Setujui Ranqan Pertanggungjawaban APBA 2023 Diqanunkan

17 July 2024 - 03:59 WIB

Trending di UTAMA