Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 19 Jun 2024 08:14 WIB ·

Rumah Amal Masjid Jamik USK gelar Green Qurban 1445 H


 Rektor USK Prof. Dr Ir. Marwan saat menyerahkan paket daging qurban Perbesar

Rektor USK Prof. Dr Ir. Marwan saat menyerahkan paket daging qurban

RAKYAT ACEH | BANDA ACEH – Rumah Amal Masjid Jamik Universitas Syiah Kuala nokembali melaksanakan kegiatan Green Qurban di Universitas Syiah Kuala (USK).

Masyarakat berbaris tertib saat menerima paket daging qurban

Kegiatan rutin ini berlangsung pada hari Selasa (18/06/2024) sejak pukul 06.30 WIB dan dihadiri langsung oleh Rektor USK Prof. Dr Ir. Marwan, Direktur Rumah Amal Masjid Jamik USK Tedy Kurniawan Bakri, M.Farm., Apt, Ketua Panitia Green Qurban 1445 H drh. Triva Murtina Lubis, M.P., Pengurus Rumah Amal Masjid Jamik USK, para dosen USK, mahasiswa serta masyarakat di lingkungan Universitas Syiah Kuala.

drh. Triva Murtina Lubis, M.P. dosen Fakultas Kedokteran Hewan USK selaku ketua panitia Green Qurban 1445 H menjelaskan bahwa, penerima manfaat daging qurban ini berasal dari internal USK dan warga dari 14 desa yang ada di sekitar lingkungan USK. Pemotongan hewan Qurban di USK terdiri dari 11 ekor sapi dan 10 ekor kambing.

“Total hewan qurban pada tahun ini berjumlah 21 ekor yang terdiri dari 11 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Hewan Qurban tersebut kita kumpulkan dari 57 Shohibul Qurban dan 4 Mitra Rumah Amal, dengan total paket daging hewan qurban 708 paket yang telah didistribusikan ke para penerima manfaat,” ujar drh. Triva.

Kegiatan Green Qurban ini merupakan inisiatif inovatif yang diambil oleh Rumah Amal Masjid Jamik USK untuk mendukung pelaksanaan qurban dengan cara yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Manager Rumah Amal Masjid Jamik USK saudara A.A. Win Ariga Bungsu, S.KH., M.Si mengatakan.

“Green Qurban ini merupakan usaha kita untuk menjaga lingkungan sehingga meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dengan meminimalisir penggunaan plastik dalam setiap aspek kehidupan, selain itu Green Qurban kali ini juga mengangkat tema kesehatan daging hewan yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal) dengan melibatkan JULEHA (juru sembelih halal) sebagai penjagal hewan qurban”. Ujarnya.

Tedy Kurniawan Bakri, M. Farm., Apt. selaku Direktur Rumah Amal USK, berterima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat dalam menyukseskan pelaksanaan Green Qurban baik dari pihak civitas akademik kampus USK serta masyarakat yang terlibat.

“Terima kasih kami ucapkan khususnya kepada para shahibul qurban yang telah menitipkan amanahnya melalui Rumah Amal USK dan juga kepada para mitra kerjasama yaitu dari Rumah Amal Salman ITB, Bank Syariah Indonesia, Bank BTN Syariah, Human Initiative dan banyak lagi yang telah banyak mendukung kegiatan ini hingga terlaksana dengan baik.” Demikian ujarnya. (Ra)

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kasus Korupsi di Aceh semakin marak, puluhan pemuda dari Gerakan Pemuda Islam (GPI) Aceh Demonstrasi di Kejati Aceh

17 July 2024 - 18:14 WIB

Donor Darah di PMI Kota Banda Aceh, Pj Ketua PKK Aceh Ajak Masyarakat Rutin Donor Darah

17 July 2024 - 17:45 WIB

RS Pendidikan USK Pusat Layanan Vaksinasi Banda Aceh dan Aceh Besar

17 July 2024 - 17:43 WIB

Promosi Judi Online, Seorang Selebgram Asal Aceh Jaya Ditetapkan sebagai Tersangka

17 July 2024 - 16:39 WIB

Hari Ketiga Ops Patuh Seulawah, Lantas Polda Aceh Bagikan Brosur Tertib Berlalulintas

17 July 2024 - 16:36 WIB

Antisipasi Konser Langgar Syariat, Fachrul Razi Kembangkan Pusat Rapai Aceh di Banda Aceh

17 July 2024 - 16:33 WIB

Trending di METROPOLIS