Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 24 Feb 2023 14:57 WIB ·

Forum Anak Kota Langsa Dilantik


 Pj Walikota Ir Said Mahdum Majid melantik Forum Anak Kota Langsa. Rakyat Aceh/Ray Iskandar. Perbesar

Pj Walikota Ir Said Mahdum Majid melantik Forum Anak Kota Langsa. Rakyat Aceh/Ray Iskandar.

RAKYATACEH | LANGSA – Pj Walikota Ir Said Mahdum Majid membuka pelantikan Forum Anak Kota Langsa (FAKTA l) tahun 2023 dan sosialisasi peran Forum Anak sebagai Pelopor Pelaporan (2P), Kamis (24/2), di Aula Sekretariat Daerah Kota Langsa.

Dalam sambutannya, Pj Walikota Ir Said Mahdum Majid mengatakan atas nama Pemerintah Kota Langsa dan seluruh jajaran serta masyarakat Kota Langsa, mengapresiasi atas terselenggaranya pelantikan Forum Anak Kota Langsa (FAKTA) tahun 2023 yang akan dilanjutkan dengan sosialisasi peran Forum Anak Sebagai Pelopor Pelapor (2P) ini.

“Forum anak adalah sebagai wadah partisipasi anak dalam pembangunan yang difasilitasi oleh pemerintah. Amanah Konvensi Hak Anak (KHA) pasal 12 adalah bahwa negara wajib menjamin pandangan anak, didengar dan dipertimbangkan,” ujar Said Mahdum.

Amanah tersebut dipertegas dalam Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002, tentang perlindungan anak sebagaimana diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014. Bahwa setiap anak berhak untuk hidup tumbuh dan kembang, berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Konvensi hak anak telah diimlementasikan dalam bentuk kebijakan pengembangan dan peningkatan pemenuhan hak partisipasi anak melalui wadah partisipasi anak dengan kelembagaan forum anak.

Dikatakan, anak-anak ini dapat mengekspresikan pandangannya serta dapat berperan aktif dalam proses pembangunan dengan mempertimbangkan nilai-nilai kearifan lokal, etika dan sopan santun.

Lebih lanjut dijelaskan, Forum anak sebagai pelopor berarti menjadi agen perubahan terlihat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif. Bermanfaat dan bisa menginspirasi setiap orang sehingga banyak yang ikut terlibat melakukan perubahan yang lebih baik lagi.

Forum anak sebagai pelapor berarti terlibat aktif menyampaikan pendapat / pandangan ketika mengalami atau melihat serta merasakan tidak terpenuhinya hak perlindungan anak disekitarnya dengan cara melaporkan ke dinas terkait yang mengalami pemasalahan perlindungan anak seperti UPTD PPA dan PPA Polres Langsa .

“Semoga melalui sosialisasi peran forum anak sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) Forum Anak Kota Langsa (FAKTA) Tahun 2023, ini diharapkan anak-anak mempunyai dedikasi serta daya pikir yang luas sehingga mampu bersaing di zaman global sekarang ini,” pungkasnya. (ris/rus).

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Direktur dr Fauziah Bireuen Dinilai Tak Komunikatif, Rumah Sakit Terancam

1 May 2024 - 19:21 WIB

Direktur dr Fauziah Bireuen Dinilai Tak Komunikatif, Rumah Sakit Terancam

1 May 2024 - 15:43 WIB

Penjabat Gubernur Aceh Bustami, Kumpulkan Kekuatan Halau Inflasi dari Takengon

29 April 2024 - 13:37 WIB

PT PIM Tanam 750 Pohon Peringati HUT PT Pupuk Indonesia

29 April 2024 - 10:31 WIB

Dapat Informasi dari TikTok, Mukhlis Takabeya Bantu Korban Kecelakaan

28 April 2024 - 10:38 WIB

PNL dan PT PIM Siap Implementasi Kerjasama Berbagai Program

26 April 2024 - 14:50 WIB

Trending di NANGGROE TIMUR