Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 27 Jun 2024 14:52 WIB ·

PT PIM Serah 1.000 Bibit Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia


 PT PIM Serah 1.000 Bibit Pohon Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Perbesar

RAKYAT ACEH|BIREUEN: PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan 1.000 bibit pohon Matoa, Bambu dan Mangrove. Tak hanya itu, ada pula penyerahan 3.000 bibit ikan gabus. Kegiatan ini berlangsung dikawasan Ekoduwisata Paya Nie, Gampong Blang Mee, Kecamatan Kuta Blang, Bireuen, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 .
Acara ini dihadiri oleh Direktur Operasi dan Produksi PT PIM, JajaranSVP/VP PIM, Asisten II PJ Bupati Bireuen, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bireuen, Bappeda Bireuen, Geuchik 9 Desa di Lingkar Paya Nie, Dosen dan Mahasiswa Magister Pengelolaan Lingkungan Universitas Syiah Kuala, Mahasiswa IlmuLingkungan Al Muslim, Aceh Wetland Foundation (AWF), Sekolah Alam Bireuen (Shabir), Duta Wisata Bireuen, Green Leadership Indonesia (GLI) Bireuen.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini mengangkat tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Tema tersebut selaras dengan kontribusi yang sudah diberikan PT PIM selama ini, yakni pengentasan masalah iklim dengan upaya inovasi Paya Nie Lestari, Damai, dan Berdaya. Program tersebut diimplementasikan di Gampong Blang Mee, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen, dan dijalankan bersama mitra perusahaan di desa, yakni Aceh Wetland Foundation (AWF).

Langkah menyerahkan 1.000 bibit pohon dan 3.000 bibit ikan gabus yang akan disebarkan kembali ke Rawa Paya Nie, merupakan bentuk komitmen PT PIM dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan serta memberikan manfaat bagi Masyarakat.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun ini menjadi momentum bagi PTPIM untuk terus berkomitmen dan mengambil langkah nyata dalam menjaga kelestarianlingkungan. Dengan penanaman pohon, kita berupaya untuk meningkatkan tutupan hutan danmengurangi emisi karbon, restocking Ikan Gabus dilakukan untuk menjaga kelestarian ekosistem air, dan penyerahan tempat sampah terpilah untuk menumbuhkembangkan budaya dan perilaku hidup bersih. Oleh karena itu, mari sama-sama berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan” ujar Direktur Operasi dan Produksi PT PIM, Jaka Kirwanto.

Penandatanganan bersama juga dilakukan terhadap peraturan terkait Pendirian dan Pengesahan Anggaran Dasar Bumdes Bersama 9 Desa Lingkar Paya Nie. Acara penandatanganan yang turut disaksikan Manajemen PT PIM tersebut dilakukan untukmendukung upaya memajukan usaha di bidang ekonomi dan pelayanan umum di desa-desa dalam kawasan rawa Paya Nie.
Asisten II PJ Bupati Bireuen, Dailami. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi kepada PT PIM yang secara kontinu memberi kontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bireuen dan Masyarakat 9 Gampong di Lingkar Paya Nie sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada PT Pupuk Iskandar Muda yang secara terus menerus memberikan kontribusi dalam membina dan memberdayakan masyarakat, sehingga keanekaragaman hayati yang dimiliki dapat mengembangkan kawasan Paya Niemenjadi kawasan Ekoduwisata yang memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.”, ujar Asisten II PJ Bupati Bireuen, Dailami. (ung)

Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pertandingan Bulutangkis HUT Bhayangkara Berkahir, Polres Sabet Juara

29 June 2024 - 21:39 WIB

Kolonel Deni Ingatkan Prajurit Jauhi Judi Online di Sertijab Dandim Sabang

28 June 2024 - 19:33 WIB

Pj Bupati Aceh Utara Inisiasi Aksi BIS di Masjid-Masjid Sepanjang Jalan Nasional

28 June 2024 - 12:30 WIB

Pj Bupati Aceh Utara Dampingi Pj Gubernur Dan PB FASI Tinjau Kesiapan Venue PON di Bandara Malikussaleh

27 June 2024 - 19:26 WIB

Pemko Subulussalam Raih Penghargaan Kematangan UKPBJ Level 3

27 June 2024 - 18:24 WIB

Perayaan Hari Bhayangkara ke-78 : Polres Lhokseumawe Gelar Penanaman Pohon

27 June 2024 - 14:54 WIB

Trending di DAERAH