Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 28 Jun 2024 18:22 WIB ·

Data BPJS dan Kemenhub Diisukan Bocor dan Dijual di Dark Web, Tambah Panjang Masalah Keamanan Siber di Indonesia


 Ilustrasi: Tangkapan layar terkait isu kebocoran data Kemenhub. (X/@FalconFeedsio) Perbesar

Ilustrasi: Tangkapan layar terkait isu kebocoran data Kemenhub. (X/@FalconFeedsio)

HARIANRAKYATACEH.COM – Kembali isu data bocor milik instansi dan Kementerian di Indonesia mencuat di forum hacker dan ramai dibagikan di media sosial seperti X (sebelumnya Twitter). Kali ini giliran data BPJS dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diisukan bocor.

Seperti biasa, media sosial X selalu jadi tempat yang “seksi” bagi para hacker membagikan hasil tangkapan mereka. Data BPJS dan Kemenhub dibagikan di situ dan dijual di forum dark web.

Pertama ada data BPJS Ketenagakerjaan, disebut-sebut telah menjadi korban pencurian dan pembobolan data di forum peretasan BreachForums. Ihwal kebocoran data tersebut diungkapkan oleh pengguna X dengan aku. @FalconFeedsio.

Dalam unggahannya, akun tersebut menuliskan, seorang anggota BreachForums mengunggah data signifikan terkait BPJS Ketenagakerjaan. “Data yang disusupi meliputi nama lengkap, tanggal lahir, alamat email, nomor telepon, kelompok umur, alamat, kode pos, provinsi, dll,” tulis akun tersebut yang diterjemahkan dari bahasa Inggris.

Kemudian ada data diduga milik Kemenhub. Informasi tersebut juga dibagikan oleh akun pengguna X yang sama. Data milik Kemenhub yang bocor salah satunya berupa email NIP Departemen Perhubungan (Dephub) dengan password default dan file 30 ribu karyawan Dephub.

Kebocoran juga terjadi pada file Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya (KSU TG PERAK). Selain itu, data yang bocor mencakup data NIP, alamat email, dan password.

Sebelumnya, dibagikan juga mengenai informasi kebocoran data milik Badan Intelijen Strategis atau Bais TNI dan Indonesia Automatic Finger Identification System (Inafis) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dilaporkan bocor.

Parahnya, data terakhir terkuak bahwa telah diperjualbelikan di situs gelap atau dark web. Informasi dugaan kebocoran data diungkap akun X @FalconFeedsio. Menurut akun tersebut pelaku peretasan adalah hacker dengan nama Samaran Moonz Haxor.

“Indonesian Intelligence Agency Data Breach. Leaked by: MoonzHaxor on BreachForums,” tulis akun X atau Twitter @FalconFeedsio.

Dalam cuitannya, hacker MoonzHaxor telah mengunggah file yang diduga milik BAIS TNI. Adapun kebocoran data yang mencakup sampel file dengan beragam data yang tersedia untuk dijual. Namun peretas MoonzHaxor tidak menyebutkan nominal berapa tebusan untuk membayar data intelijen tersebut.

Rentetan isu kebocoran tersebut menambah panjang kasus serangan siber di Indonesia. Yang paling bikin geger baru-baru ini adalah serangan ransomware yang meluluh lantakkan Pusat Data Nasional atau PDN yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Editor: Estu Suryowati

Artikel ini telah dibaca 105 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kapolda Aceh Inspektur Upacara Kenaikan Pangkat Personel Polda Aceh

30 June 2024 - 18:44 WIB

Pertandingan Bulutangkis HUT Bhayangkara Berkahir, Polres Sabet Juara

29 June 2024 - 21:39 WIB

Kapolres Sabang Dapat Hadiah Lagu dari Danlanud pada Hari Bhayangkara

29 June 2024 - 09:20 WIB

Kadisdik Aceh Dorong BLUD SMK Berjalan Optimal

29 June 2024 - 09:10 WIB

Nasrullah Larada Resmi Lantik Pengurus Wilayah KB PII Aceh

29 June 2024 - 06:26 WIB

YARA Minta Balai Kementerian PUPR Normalisasi Sungai di Aceh Utara

28 June 2024 - 16:32 WIB

Trending di UTAMA