Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

METROPOLIS · 1 Jul 2024 12:07 WIB ·

85 Peserta Ikut Pelatihan Sawit dan Pasca Panen


 85 Peserta Ikut Pelatihan Sawit dan Pasca Panen Perbesar

RAKYAT ACEH | Banda Aceh – Sebanyak 85 peserta dari Aceh Barat dan Nagan Raya mengikuti pelatihan teknis budi daya kelapa sawit serta panen dan pasca panen di Banda Aceh, Senin 1 Juli 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelatihan pengembangan SDM PKS Tahun 2024 di Provinsi Aceh berlangsung selama lima hari.

Program kolaborasi BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit, Direktorat Jenderal Perkebunan dan IPB Training).

Tujuan pelatihan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang persiapan benih/bahan tanam, lahan, dan tanam, serta penanaman.

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemeliharaan tanaman; dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Turut hadir perwakilan IPB Dr Ir Hariyadi, MS, Kepala BPPSDMP yang diwakilkan oleh Dr. M. Apuk Ismane Ketua Team Bidang Kelembagaan dan Ketenagaan Pelatihan dan Direktur Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian yang diwakilkan Ibu Eva Lizarmi,SP* sebagai Ketua Sekretariat Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit.

Kemudian sambutan beserta simbolisasi pembukaan pelatihan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, diwakilkan oleh Ir. Azanuddin, SP,MP* sebagai Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Narasumber disampaikan Tim IPB Training: Dr Ir Hariyadi, MS, Ir Sofyan Zaman, MP, Ir Sri Hermawan, Dr Ir Budi Nugroho, Dr Cecep Ijang Wahyudin, Bismo Waragi, MSi.

Sekretaris Dinas Perkebunan Aceh Azanuddin Kurnia mengatakan pelatihan ini dimaksudkan memberikan pengetahuan kepada petani sawit di Aceh agar dapat memahami pengembangan pengelolaan sawit dengan baik.

Kita berharap ke depan daerah lain juga menyusul, dimana nyaris seluruh Aceh punya tanaman sawit, demikian Azanuddin. (imj).

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pengurus Pengprov GOBI Audiensi dengan Ketua Kormi Aceh

3 July 2024 - 20:18 WIB

Hari Kedua MIC 2024, Kemenkumham Aceh Undang Perguruan Tinggi dan Lembaga Litbang untuk Perkuat Peran Sentra KI

3 July 2024 - 14:59 WIB

Agusni AH: Memerlukan Tenaga Ekstra Sukseskan Pilkada

3 July 2024 - 14:01 WIB

Raker dengan Menteri ATR/BPN, Fachrul Razi Undang AHY Ke DPD RI

3 July 2024 - 10:21 WIB

KIP Aceh: Maju Pilkada, Calon Terpilih Harus Mundur

3 July 2024 - 10:19 WIB

Seluruh Fraksi DPRK Aceh Besar Sepakati Qanun Pertanggungjawaban APBK 2023

2 July 2024 - 21:40 WIB

Trending di METROPOLIS